Membuat kipas angin mini sederhana

Membuat kerajinan kipas angin mini dari barang bekas sangatlah mudah dan tidak perlu keahlian khusus untuk melakukannya, kita hanya membutuhkan kemauan dan kegigihan saja.

Bahkan sebenarnya barang bekas yang ada di rumah kita itu sangat banyak manfaatnya jika kita mau sedikit berpikir kreatif dan punya kemauan untuk mengolahnya.

Inspirasi membuat kipas angin mini

Saat itu di musim panas yang sangat terik, aLez mencari suatu cara supaya bisa mendinginkan diri dalam ruangan kamar yang panas.

Dikarenakan untuk membeli kipas angin ataupun AC di toko sungguh sangat mahal harganya dan juga tidak terlalu sering dipakai setiap hari karena musim tidak selamanya panas maka muncullah ide kreatif untuk membuat kipas angin mini sederhana buatan sendiri dengan memanfaatkan barang-barang yang ada di sekitar lingkungan rumah yang tentunya sudah tidak terpakai lagi alias sudah berstatus sebagai barang bekas.

Dan sekarang aLez mau berbagi cara membuat kipas angin mini sederhana yang terbuat dari barang bekas yang sebelumnya sudah aLez praktikkan sendiri.

Cara membuat kipas angin mini sederhana dari barang bekas

Alat untuk membuat kipas angin mini sederhana

1. Motor dinamo mini (kita bisa mendapatkannya dari mobil-mobilan Tamiya, atau mainan anak-anak lainnya)

2. Kaset CD atau DVD atau bisa juga diganti dengan yang lain yang berbahan plastik (pada tutorial ini menggunakan bekas kartu perdana handphone karena ini hanya sebagai contoh saja)

3. Lem super

4. Botol plastik bekas minuman untuk dudukan (bisa diganti dengan yang lain)

5. Baut atau paku kecil (bila dibutuhkan)

6. Charger/casan handphone bekas

7. Gunting

8. Solder dan timah solder

Cara merangkai alat untuk membuat kipas angin mini

Tutorial ini hanya contoh, lakukan sesuai selera dan imajinasi kamu.

1. Kaset CD digunting membentuk baling-baling, baik itu baling-baling empat daun maupun hanya dua daun, kemudian bengkokan ujung setiap baling-baling dengan cara dipanaskan menggunakan api dari lilin atau korek gas.Proses ini harus dilakukan secara pelan-pelan karena kaset CD mudah patah.

2. Atau kamu bisa menggantinya dengan bahan lain yang terbuat dari plastik seperti pada contoh ini menggunakan plastik bekas kartu perdana karena selain mudah juga supaya seimbang dengan dudukan kipas angin.

Sebagai Catatan :

  • Bentuk baling-baling bisa menyerupai kipas seperti pada umumnya yang mempunyai 4 daun. Apabila ingin membuat kipas angin mini dengan baling-baling terbuat dari kaset CD bekas maka ukuran motor dinamo harus agak besar dan dudukan kipas pun harus cukup besar, kuat dan kokoh.

  • Sedangkan jika motor dinamo berukuran kecil maka akan lebih baik menggunakan baling-baling 2 daun saja dengan ukuran baling-baling sekitar panjang maksimal 10 cm dan lebar maksimal 2 cm karena semakin besar ukuran baling-baling maka semakin besar angin yang dihasilkan.

    Namun itu harus disesuaikan dengan dudukan yang menyangga kipas angin yang telah kita buat karena jika baling-baling tidak sesuai dengan berat dudukan maka kipas angin tidak akan diam, dia akan terus bergerak tak tentu arah.

3. Buatlah lubang kecil di bagian tengah baling-baling lalu tempelkan pada motor dinamo menggunakan lem super.

4. Charger handphone bekas yang masih bisa mengalirkan arus listrik atau charger yang rusak hanya pada bagian jack saja sedangkan kepala chargernya masih menyala dengan baik harus dipotong atau digunting kabelnya pada bagian jack, kemudian solderlah kabel charger tersebut ke motor dinamo.

Jika putaran kipas angin mini ini terbalik maka kita cukup membalikkan posisi kabel charger yang kita pasang pada dinamo.

5. Setelah itu buatlah dudukan dari bahan apapun sesuai keinginan kita. Namun akan lebih mudah jika menggunakan botol plastik karena kita hanya perlu menempelkan dinamo menggunakan lem super lalu kita tinggal membuat alas bawah untuk dudukan botol plastik menggunakan triplek atau bahan apapun.

Dikarenakan dalam percobaan ini aLez menemukan bekas tempat pensil yang tidak terpakai maka aLez menggunakan bahan tersebut untuk dudukan kipas angin mini sederhana ini.

Sedangkan untuk menempelkan dinamo adalah dengan menggunakan kawat yang dililitkan pada body dinamo, lalu ujung kawat dimasukkan ke dalam lubang pada kayu untuk kemudian ditempelkan ke dudukan dengan cara dibaut.

Kamu boleh menerapkan cara lain sesuai imajinasi masing-masing.

6. Selesai dan mulailah mencobanya.

Jika kipas angin tersebut selalu bergerak-gerak saat dinyalakan, berarti baling-baling terlalu besar atau bisa juga karena dudukan kipas angin terlalu ringan.

Solusinya yaitu cobalah untuk menambahkan pemberat pada dudukan kipas angin. Atau jika masih semangat, kamu boleh mengganti dudukan tersebut.

Atau boleh juga menggunakan cara lainnya yaitu dengan mengganti baling-baling kipas angin dengan yang lebih ringan seandainya untuk mengganti motor dinamo dirasa tidak mungkin.

Apabila sudah berhasil, silakan kembangkan lagi kreasi tersebut hingga menjadi karya terbaik yang pernah kamu buat.

Manfaat kipas angin mini sederhana dari barang bekas

Ada banyak keuntungan dan kelebihan dari membuat kipas angin mini sederhana dari bahan bekas ini, yaitu :

  • Menghemat biaya pengeluaran
  • Efisien karena berbentuk mini yang bisa digunakan, dibawa dan ditempatkan di mana saja
  • Kelistrikan yang ringan karena menggunakan charger handphone dengan voltage yang rendah
  • Dan mengasah kreatifitas kita tentunya

Apapun yang berada di sekitar kita pasti ada manfaatnya termasuk barang-barang bekas yang kita sudah tidak memakainya lagi

Dan jika di rumah kamu terdapat banyak barang bekas yang tidak terpakai maka mulailah mengembangkan kreatifitas kamu untuk belajar membuat sesuatu yang berguna.

© aLez

Tentang Penulis :

Hai, Saya adalah seorang blogger yang senang mempelajari berbagai macam hal, terutama seni, teknologi, dan ilmu pengetahuan umum. Saya membuat blog ini bertujuan untuk berbagi hal yang bermanfaat, termasuk hal yang telah saya pelajari.

Artikel Terkait

Post Terbaru

2 komentar:

  1. Kalau pkek kepala cas apa bisa langsung k listrik,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa, justru dengan menggunakan charger/casan hasilnya akan lebih baik dan lebih aman

      Hapus