Larangan bulan sunda

Dalam masyarakat Sunda dikenal banyak sekali aturan yang mengatur kehidupan pribadi maupun bermasyarakat, tentu saja hal ini ditujukan untuk kebaikan umat manusia sebagai bentuk keselarasan hidup antara satu dengan lainnya yang mana aturan-aturan tersebut mencakup hampir keseluruhan elemen daripada hidup manusia.

Larangan bulan dalam kehidupan sehari-hari

Salah satunya yaitu larangan bulan, yang mana berarti sebagai larangan dalam melakukan kegiatan besar di hari-hari pada bulan tertentu.

Larangan bulan ini bukan merupakan larangan mutlak karena memang pada dasarnya tidak ada aturan yang melarang hal seperti ini dalam agama manapun

Larangan bulan ini hanya dasar daripada pola hidup yang teratur yang setidaknya bisa membuat kita lebih berhati-hati dalam melakukan atau menjalankan sesuatu sehingga tak ada keharusan ataupun paksaan untuk setiap orang supaya menjalankan aturan ini.

Hanya jika kita percaya dan mau meluangkan waktu sedikit untuk berpikir maka akan terasa sangat berbeda sekali perbedaannya ketika kita menjalankan aturan tersebut dibandingkan dengan jika kita tidak menjalankan.

Penghitungan larangan bulan Sunda

Hitungan larangan bulan

Larangan bulan ini dihitung setiap 3 bulan dan masing-masing di dalamnya terdapat 'Kala' di mana Kala ini berarti sebagai sesuatu yang harus dihindari yang disesuaikan ke dalam bentuk arah mata angin, maka dari itu kita akan coba berikan deskripsi terhadap masing-masing larangan bulan agar lebih paham.

  1. Syawal, Hapit, Rayagung larangan pada hari Jumat, Kala berada di Utara.
    • Hijriah : Syawal, Dzulkaidah, Dzulhijjah

  2. Muharram, Safar, Mulud larangan pada hari Sabtu dan Minggu, Kala berada di Timur.
    • Hijriah : Muharram, Safar, Rabi'ul Awal

  3. Silih Mulud, Jumadil Awal, Jumadil Akhir larangan pada hari Senin dan Selasa, Kala berada di Selatan.
    • Hijriah : Rabi'ul Akhir, Jumadil Awal, Jumadil Akhir

  4. Rajab, Ruwah, Puasa larangan pada hari Rabu dan Kamis, Kala berada di Barat.
    • Hijriah : Rajab, Syaban, Ramadhan

Contoh penerapan larangan bulan

Sebagai contoh, jika kita hendak melaksanakan sebuah kegiatan penting terutama kegiatan besar yang melibatkan masyarakat banyak yang dilaksanakan pada bulan Syawal, Hapit dan Rayagung maka akan lebih baik seandainya kita menghindari hari Jumat atau tidak melaksanakan kegiatan pada hari Jumat. Namun jika kita harus bepergian pada bulan-bulan tersebut maka usahakan untuk tidak pergi ataupun tidak secara langsung pergi ke arah utara.

Akan tetapi, jika kita harus melaksanakan kegiatan tersebut pada bulan, hari dan arah yang dilarang karena kegiatan tersebut bersifat darurat atau ada hal mendesak lainnya yang tidak dapat ditoleransi maka biasanya kita harus bertanya terlebih dahulu kepada seseorang yang ahli dengan beberapa syarat yang harus dipenuhi.

Syarat-syarat yang diminta pun biasanya tidak terlalu mahal dan memberatkan karena ini bukan perdukunan. Hanya beberapa barang yang agak sulit ditemukan karena sudah ataupun memang jarang ada seperti contohnya ayam cemani asli yang berbulu hitam seluruhnya tanpa ada bulu berwarna lain.

Entah apa maksudnya dengan barang-barang unik tersebut yang pasti selama hal tersebut masih bersifat positif dan tidak melanggar aturan bermasyarakat maka hal itu wajar saja.

Manfaat larangan bulan

Larangan bulan ini biasa diterapkan pada kegiatan hajatan seperti pernikahan ataupun khitanan dan juga liburan serta pindah rumah dan ataupun akan membangun dan merenovasi rumah.

Tak cuma itu, ketika seseorang akan mencari pekerjaan baru atau akan melamar pekerjaan, larangan bulan tersebut juga terkadang dipakai.

Dengan adanya hitungan larangan bulan tentu ada juga fungsi yang menyertainya yaitu untuk meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan atau dengan kata lain yaitu untuk memperkecil kesempatan kita mendapatkan sial. Jadi, larangan bulan ini fungsi utamanya adalah menghindari sial dan melancarkan kegiatan, dan bukan untuk mendapatkan keberuntungan.

Sebenarnya terdapat banyak sekali contoh yang ingin disampaikan terutama mengenai orang-orang yang paham akan larangan bulan namun mereka melanggarnya. Akan tetapi banyak diantaranya yang terlalu tragis untuk diceritakan.

Info Unik :

Menurut cerita orang tua, pada zaman dahulu jika perayaan hari besar Lebaran jatuh pada hari Jumat maka beberapa masyarakat adat Sunda lebih memilih untuk mengundurnya menjadi hari Sabtu.

Dari uraian di atas disimpulkan bahwa setiap bulan-bulan tertentu kita hendaknya berhati-hati dalam melaksanakan kegiatan apapun. Bagi orang yang percaya seperti penulis blog aLeziana ini maka uraian di atas sangatlah terasa manfaatnya jika hanya untuk meningkatkan kewaspadaan. Dan ini sangat baik selama hal itu masih dalam bentuk yang positif.

Catatan lain

Penghitungan larangan bulan bisa jadi berbeda di setiap daerah. Itu dikarenakan masyarakat Sunda saat ini sudah terbagi-bagi menjadi banyak golongan. Ada yang menganut paham modern, ada juga yang masih klasik, bahkan adapula yang menganut keduanya. Hal itu bisa dibuktikan melalui bahasa, kosakata dan logat bicara yang berbeda-beda.

Pengetahuan tentang larangan bulan Sunda ini aLez dapat dari para sesepuh dan juga orang tua sendiri bukan dari blog dan situs lain sehingga aLez dapat melengkapinya dengan penjelasan dan juga contohnya supaya para pembaca tidak salah paham mengenai aturan-aturan yang ada di dalam larangan bulan Sunda.

Itu saja, semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda masyarakat Sunda yang sedang mencari informasi tentang larangan bulan Sunda yang memang pada dasarnya sekarang ini banyak sekali masyarakat Sunda yang ingin kembali menghapal atau mempelajari aturan-aturan Sunda yang sempat populer pada zaman dahulu.

© aLeziana

Tentang Penulis :

Hai, Saya adalah seorang blogger yang senang mempelajari berbagai macam hal, terutama seni, teknologi, dan ilmu pengetahuan umum. Saya membuat blog ini bertujuan untuk berbagi hal yang bermanfaat, termasuk hal yang telah saya pelajari.

Artikel Terkait

Post Terbaru Post Sebelumnya

79 komentar:

  1. Hi my name is Octavia. Few days ago. i published a article about the best gynecological clinic address
    in Hanoi. Hope you read and feedback your review to
    me. Tks. Here is my article link: http://bit.ly/2STmuTE

    BalasHapus
  2. Punten mau nanya
    Saya mau buat pagar tembok rumah, tapi katanya kalo bulan mulud mah suka ada musibah

    Mohon pencerahan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Muhun mangga agan, sebenarnya aLezstar bukan ahli tapi ditempat aLezstar tinggal pun sama masih percaya bahwa apabila melakukan kegiatan besar di bulan Mulud suka ada musibah entah hari itu ataupun kedepannya sehingga akan lebih baik bila agan melakukan kegiatan di bulan Silih Mulud.
      Tapi apabila bersifat mendesak dan harus dilaksanakan maka lebih baik agan bertanya dulu ke ahli yang benar-benar mengerti tentang larangan bulan.

      Hapus
  3. Untuk 4 desember 2019 apakah bagus untuk beli kendaraan ???

    BalasHapus
  4. Upami kaping 13 desember barang peser parabot sae kitu agan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau untuk beli barang-barang bagus gan, biasanya tidak berpengaruh

      Hapus
  5. Upami pindahan kaping 23 desember kmha?abdi kamari pindahan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sae, agan. Tapi akan lebih bagus lagi jika agan menghindari 'Kala' seperti yang telah dijelaskan diatas.

      Hapus
  6. Mun dinteun lahirna sabtu,sareng Kamis,bade rumah tangga panginteun sae teu nya,cocok teu,taun lahir na sami tanggal sareng bulan na benteun???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Punten Agan, alezstar bukan ahli dalam perjodohan jadi sebaiknya agan tanyakan kepada sesepuh yang benar-benar paham.
      Hanya alezstar menyarankan bahwa apabila kedua pihak bisa saling mengisi dan memahami satu sama lain maka pasti akan cocok.
      Semoga terbantu.

      Hapus
  7. mau tanya dong kalo berangkat ke jekarta tgl 4 5 pebruari hr snin slasa bagus gak sih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut penanggalan mah bagus, mungkin lebih bagus lagi jika hari Rabu

      Hapus
  8. Assalamualaikum punteun Bade tumaros pami meser kendaraan motor ayeuna dinteun Senen sae atanqpi awon...soalna nincak disasih Jumadil akhir

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam, biasanya tak apa. Tapi supaya lebih tenang mah bagusnya selain hari Senin dan Selasa. Atau agan boleh tanyakan ke sesepuh yang lebih ahli dan paham itu lebih bagus lagi.

      Hapus
  9. Bade Baros Mun abdi Bade hajat nikahan kaping Minggu, 29 November 2019 kumaha ? Sae nteu ? Muhun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin maksud agan adalah 29 November 2020, untuk hal tersebut lebih baik ditanyakan ke ahli atau sesepuh supaya bisa disesuaikan dengan hal lainnya.

      Hapus
    2. Iya, Maaf salah.
      Maksud saya kalau acara besar di silih mulud ?

      Hapus
    3. Untuk kami disini biasanya tak apa, yang penting tidak di bulan Mulud.
      Tapi harus disesuaikan juga dengan hari dan kondisi lainnya.
      Mudah-mudahan apa yg agan laksanakan berjalan sukses.

      Hapus
    4. Oke, Baiklah.
      Kemarin abdi geh ntos nanya silih mulud di Anggo teu nanaon, laju Rahayu na poe jumuah kalana Senin Selasa. Acara hari Minggu Sugan teu ayananaon. Hehehe nuhun

      Hapus
    5. Sae agan, eta leres pisan.
      Semoga acaranya sukses.

      Hapus
    6. Gan saya mau berangkat nanti malem bagus gak buat lamaran kerja

      Hapus
    7. Silakan disesuaikan saja dengan artikel diatas.

      Hapus
  10. Mohon bantuannya saya mau beli kendaraan bulan ini, kalo boleh tau hari apa aja larangan bulan di bulan april 2020?

    BalasHapus
    Balasan
    1. April sebelum Ramadhan/Puasa adalah Rewah, larangan bulan hari Rabu dan Kamis.

      Hapus
  11. Bulan sekarang hari apa larangan nya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rajab, Rewah, Puasa, larangan hari Rabu dan Kamis

      Hapus
  12. Hari ini mau beli kendaraan bagus gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo menurut larangan bulan kurang bagus, hindari hari Rabu dan Kamis.

      Hapus
  13. Saya hari Sabtu tgl 30 Mei mau khitanan .. apakah hari Sabtu bagus?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut penanggalan bagus, tapi lebih baik konsultasikan lagi dengan yang lebih ahli.
      Semoga sukses.

      Hapus
  14. Kalo beli barang elektronik di hari Jumat bagus ga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Membeli sesuatu yang besar dan berharga dibulan ini, alezstar lebih memilih untuk tidak membeli di hari Jumat.

      Hapus
  15. Assalamualaikum punten pak abdi bade nanya law pindhan rmh hr sabtu boleh tidak ...sblm nya mksih ats jwbannya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam, Pindah rumah termasuk kegiatan besar dan krusial, serta mempengaruhi rezeki dan bahkan hampir semua aspek kehidupan sehingga harus diperhitungkan baik-baik dengan menanyakan ke ahlinya.
      Kalau menurut penanggalan, boleh. Karena saat ini adalah bulan Syawal, larangan pada hari Jumat, tapi yang jadi masalah yaitu agan harus memperhitungkan Kala yang berada di Utara dan ini harus ditanyakan ke ahli.
      Semoga sukses.

      Hapus
  16. mau tanya,kalo pindahan toko hari ini jumat 3 juli,gimnana bagus ngga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Syawal, Hapit, Rayagung tak boleh di hari Jumat.

      Hapus
  17. Punten abdi Bade melak waluh tanggal 5 agst,sae teu gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tanggal 5 Agustus hari Rabu, bagus agan.

      Hapus
  18. Allhamdulilah kami sangat terbantu. 🙏

    BalasHapus
  19. Balasan
    1. Silakan, artikel diatas sudah cukup lengkap.
      Semoga bisa bermanfaat.

      Hapus
  20. untuk hari minggu bagusga klau bli kndara'an

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pada bulan Muharam, Safar, Mulud, lebih baik tidak dihari Sabtu dan Minggu.

      Hapus
  21. Bismillah saya mau hajat khitanan pada bulan mulud tgl 9 kliwon - 10 legi hari senin - selasa bagus tidak om mohon pencerahanNya..trim's

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau hajatan seperti itu lebih baik ditanyakan langsung ke ahlinya, agan.
      Tapi kalau menurut penanggalan, sepertinya bagus.

      Hapus
  22. Maaf ka sebelumnya ikut bertanya, rencananya saya dan rekan" tgl 29 sept mau muncak tpi salah satu dari kami ada yg bilang kalo sabtu sama minggu larangan bulan,gimana ya ka soalnya kami udh persiapin semuanya,mohon pendapat ka 🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut penanggalan, iya, Sabtu - Minggu larangan bulan, Kala di Timur.
      Bila tidak bisa diundur, baiknya agan meminta saran para ahli, Mungkin ada persyaratan dan langkah-langkah yang harus dipenuhi disamping berdoa memohon kelancaran dan keselamatan.

      Hapus
  23. Larangan bulan november ini hari apa yaa min ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silih Mulud, Jumadil Awal, Jumadil Akhir larangan pada hari Senin dan Selasa, Kala berada di Selatan.
      Hijriah : Rabi'ul Akhir, Jumadil Awal, Jumadil Akhir

      Hapus
  24. maaf kak saya mau nnya bulan januari skrg katanya kala ada ditimur saya mau pindah rumah kearah timur juga . bagusnya saya pindah kapan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jumadil Awal, kala di selatan, larangan hari senin dan selasa, kalau menurut tradisi di tempat aLez, baiknya pindahan rumah bulan ini pada hari selain senin dan selasa.

      Hapus
  25. maaf kak kalo kala diselatan.pas tanggal berapa nya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di semua tanggal dari awal Silih Mulud hingga akhir Jumadil Akhir.
      Nanti ketika masuk awal Rajab hingga akhir Puasa, maka Kala berada di barat.

      Hapus
  26. Mau tanya donk ini buat usaha..kan larangan bulan nya rabu kamis..trus sy mw beli brg rabu tp ini bukan usaha pertama cm mw nerusin..bagusnya gmna ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut pendapat pribadi, sebaiknya menghindari hari larangan. Tapi bila mendesak, baiknya minta pendapat yang lebih ahli.

      Hapus
  27. Kalo mau memperbaiki tempat usaha di bulan Rajab bagus nya hari apa ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika mengacu pada data di atas, sebaiknya menghindari hari Rabu dan Kamis.

      Hapus
  28. Awalnya saya tidak percaya dengan larangan bulan itu yang di beritahukan oleh orang tua saya, karena saya orangnya penasaran saya ingin membuktikan apakah larangan bulan ini ada pengaruhnya dalam melakukan sesuatu atau tidak. Saya pun membeli sebuah baju baru pada hari larangan bulan tersebut, awalnya tidak ada masalah tetapi beberapa hari baju itu hilang tanpa sebab, pikir saya hanya kebetulan saja. Selanjutnya saya membeli lagi baju pada hari larangan bulan itu lagi, baju nya tidak hilang tetapi saat hendak dipakai baju itu tiba" sobek padahal baju itu saya beli baru. Setelah itu saya berfikir bahwa larangan bulan ini bukan hanya sekedar fiktif belaka. Pengalaman ketiga ini terjadi tanpa adanya kesengajaan, saya memelihara anak anjing dari tetangga saya, tetapi kata orang tua harus menghitung hari dulu sebelum anak anjing nya di bawa ke rumah saya agar tidak jatuh pada hari larangan bulan, dan akhirnya ibu saya membawa anak anjing tersebut tanpa ingat bahwa hari itu hari larangan bulan, dan saya pun sangat berhati hati dalam mengurus anjing itu, bulan pertama baik" saja dan di bulan ketiga anjing saya mati terjerat rantai, dan saya ingat bahwa hari dimana membawa anjing itu adalah hari larangan bulan. Dari situ saya percaya bahwa larangan bulan ini memang benar. Dan dari pengalaman ini saya selalu menghitung hari kepada saudara saya agar menyarankan hari yang baik untuk membeli barang" ataupun akan mengadakan kegiatan seperti nikahan, hajatan, hiburan dan hari" penting lainnya. Oo iya kata ibu saya larangan bulan ini berubah-ubah setiap bulannya dan ada dua hari dalam satu minggu, misal rabu dan kamis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, begitulah. Dampak larangan bulan ini kadang terjadi dengan sering ke salah satu orang, tapi kadang juga tidak. Terima kasih telah membagikan pengalamannya, yang mana pengalaman agan hampir sama dengan yang terjadi terhadap salah satu saudara aLez.

      Hapus
  29. Artikel yg bermanpaat.. nuhun admin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sami-sami, senangnya jika bermanfaat.

      Hapus
  30. Ka mau nanya skrng kala ada dimana?Saya mau pindah pertengahan bulan ini bagus engga soalnya tempatnya mau dipake buat usaha ?Tolong dibantu dijawab🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang Silih Mulud, perinciannya boleh lihat di atas.

      Hapus
  31. Punten kang Bade tumaros upami tanggal 6 sareng 7desember wios meser barang?nhun sateu acanna

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya untuk membeli barang tidak apa-apa. Tapi jika ingin mengikuti larangan bulan di atas sebaiknya jangan karena tanggal 6 Desember yang bertepatan dengan 1 Jumadil Awal jatuh pada hari Senin di mana itu masuk pada larangan Silih Mulud, Jumadil Awal, Jumadil Akhir dengan larangan hari Senin-Selasa yang di bulan ini jatuh pada tanggal 6 dan 7 Desember dengan kala di Selatan.

      Hapus
  32. Untuk saat ini 07 Jan 2022,jumadil akhir kalagede di selatan.
    Apa boleh dan tidak menimbulkan kefatalan jikalau besok 8 Jan 2022 beli motor dari orang yang kediamannya berada di selatan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau di tempat aLez boleh. Asalkan jangan hari Senin dan Selasa. Semoga lancar yah..

      Hapus
  33. Kalau mau brangkat di hari rabu untuk bepergian usaha ke palembang bagus apa¹tidak tapi itu larangan bulan ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, awal bulan Rajab, larangan hari Rabu dan Kamis, kala di Barat.

      Hapus
  34. Mohon numpang saran ya kk..Saya mau ngontrak dulu rmh sama mau bongkar rmh mau di cor rmh nya...bagus nya hr apa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau ngontrak atau pindah rumah sebaiknya ditanyakan ke ahlinya karena itu membutuhkan penghitungan yg tepat antara hari dan arah. Sedangkan untuk renovasi rumah, itu bagusnya menghindari hari larangan bulan di bulan yg sedang berjalan sekarang.

      Hapus
  35. Mau pindah rumah atau ngontrak rumah di bulan maret bagus nya hari apa.dan arah nya kemana yang paling bagus .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maret 2022 masuk ke Rajab, Ruwah, Puasa. Jadi kalau di sini pindah atau ngontrak biasanya menghindari hari Rabu dan Kamis, juga menghindari arah barat.

      Hapus
  36. Assalamualaikum suhu
    Saya mau tanya.
    Saya mau pindah rumah dari barat ke timur.
    Tapi rumah yg mau saya tempati menghadap ke selatan.
    Apakah bagus suhu.
    Terimakasih 🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam, kalau di sini yg penting arah pindahnya yg perlu disesuaikan dengan larangan bulan, sedangkan arah pintu rumah dan sebagainya boleh ditanyakan ke ahli.

      Hapus
  37. Kalo berpergian hari rabu gpp?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silakan disesuaikan dengan penjelasan di atas.

      Hapus