Diterima Google Adsense setelah berusaha selama tiga tahun

Baru beberapa hari yang lalu bercerita tentang pengalaman dan perjalanan saat mendaftar Google Adsense selama waktu kurang lebih tiga tahun, kemudian dua hari berikutnya yaitu hari ini dan tepatnya tadi sore tiba-tiba Google Adsense mengirim email balasan atas pengajuan permohonan Google Adsense yang aLez telah kirim kesekian kalinya.

Dan isi daripada email tersebut mengatakan "Selamat! Akun anda kini telah disetujui sepenuhnya".

Google Adsense
Google Adsense Approval

UPDATE

Artikel ini menceritakan pengalaman diterima Adsense saat mendaftar menggunakan blog milik aLez yang lain dengan subdomain blogspot sehingga status akun Adsense tersebut adalah hosted.

Saat ini blog tersebut ditutup untuk sementara waktu, dan seluruh artikelnya dipindahkan ke blog baru ini dengan maksud untuk mengupgrade akun Adsense tersebut menjadi non hosted. Sehingga untuk pengalaman terbaru khususnya dalam mengupgrade akun Adsense dan bahkan mengatasi status penolakan low value content maka boleh dibaca di artikel terbaru.

Sebelumnya aLez tidak berharap banyak dari email balasan tersebut karena saat terakhir ditolak oleh Google Adsense, di beranda akun Google Adsense terdapat notifikasi yang mengatakan bahwa "terdapat pelanggaran di situs Anda".

Dan sekali lagi hal ini membuat bingung karena tak tahu mengenai masalah apa lagi yang harus diperbaiki padahal sudah yakin bahwa situs yang aLez miliki ini telah bersih dari pelanggaran setelah sebelumnya diperiksa di Google Search Console dan juga Google Analytics di mana di sana terdapat banyak halaman yang tidak ditemukan alias error 404 yang masih terindex mesin pencarian Google karena halaman tersebut sudah lama dihapus dari blog.

Dan bahkan halaman error tersebut sudah ditangani dengan menghapusnya satu per satu melalui menu Remove URLs di Webmasters Tool, Search Console, Google Index.

Mungkin penyebab notifikasi pelanggaran tersebut dikarenakan blog ini pernah membahas tentang selebritis Amerika yang akun iCloud-nya pernah dibajak sehingga foto-foto pribadinya disebarluaskan di internet dan memberikan judul untuk artikel tersebut dengan memasukkan sebuah kata yang melanggar kebijakan Google Adsense.

Kemungkinan besar, halaman error dari artikel tersebut belum sepenuhnya terhapus ketika akun sedang dalam masa review sehingga peninjau masih menemukan halaman tersebut yang menyebabkan seolah-olah situs masih menyimpan halaman yang bersangkutan dan tentu saja melakukan pelanggaran.

Tapi setelah semua masalah benar-benar selesai, peninjau pun dapat menilai kesehatan dan kelayakan situs untuk berpartisipasi menjadi publisher di Google Adsense.

Q : Apakah email tersebut berarti bahwa kita telah disetujui sepenuhnya alias full approved oleh Google Adsense?

A : Dapat disimpulkan bahwa email tersebut menandakan bahwa kita telah diterima sepenuhnya atau full approved oleh Google Adsense dan blog kita sudah dapat menayangkan iklan.

Dan hal tersebut didukung oleh kemampuan kita masuk ke beranda akun Google Adsense di mana di sana seharusnya sudah tampak seluruh menu yang dapat kita akses dan kita pun dapat melihat statistik penghasilan kita.

Q : Kenapa begitu cepat? Bukankah harus melewati masa review 1 lalu review 2 hingga review 3 dan mungkin review 4 dari peninjau Google Adsense?

A : Menurut beberapa ahli per-Adsense-an mengatakan bahwa untuk masa sekarang, permohonan pengajuan Google Adsense lebih ketat atau bahkan lebih sulit dalam kriteria situs, akan tetapi lebih mudah dalam hal review.

Maksudnya yaitu ketika mendaftar Google Adsense versi baru, kita tidak harus menunggu review 1 hingga mungkin review 4 tapi kita hanya akan menunggu satu kali review oleh mesin atau robot dan satu kali review oleh peninjau atau pakar Adsense yang mungkin berarti seorang manusia sehingga notifikasi yang akan kita terima hanya satu kali apakah kita diterima ataukah ditolak.

Hal tersebut pernah dialami oleh aLez sendiri saat mendaftar Google Adsense pada pertengahan 2015 di mana setelah beberapa minggu berlalu, kemudian aLez mendapat email balasan yang mengatakan bahwa "akun sedang dalam tahap review pertama". Setelah itu, beberapa minggu kemudian kembali muncul email balasan dari Google Adsense yang mengatakan bahwa "akun ditolak".

Perubahan terjadi ketika kembali mencoba mendaftar Google Adsense yang kesekian kalinya pada awal 2018, saat itu semua tampilan berubah hingga email notifikasi pun berubah. Dan ketika membaca artikel dari para blogger senior ternyata Google Adsense memang melakukan banyak perubahan.

Q : Jika telah diterima sepenuhnya sebagai publisher Google Adsense, kenapa iklan tidak muncul padahal di situs sudah terdapat kode iklan Adsense yang diberikan secara otomatis sejak saat kita mendaftar ke Google Adsense?

A : Sebelumnya aLez juga sempat berpikir seperti itu, iklan tidak muncul padahal script iklan sudah dipasang di blog semenjak masa pendaftaran. Namun sebagai gantinya malah terdapat ruang kosong atau blank putih di beberapa tempat yang terdapat kode iklan.

Sebagai contoh, pada saat diterima sebagai publisher Google Adsense yaitu pada pukul 13.55 sedangkan email baru dibaca pada pukul 18.05. Lalu aLez membuka situs atau lebih tepatnya blog kemudian mendapati ruang kosong di blog tanpa melihat adanya iklan.

Setelah mencari solusi dari blog lain namun mendapatkan hasil yang tidak memuaskan karena pembahasannya melebar kemana-mana maka aLez memutuskan untuk bersantai sejenak dengan menonton acara sepakbola di televisi.

Lalu setelah selesai menonton sepakbola pada pukul 21.10 dan kembali melihat tampilan blog maka pada saat itulah iklan Adsense sudah mulai terlihat.

Jadi kesimpulannya, setelah kita diterima sepenuhnya oleh Google Adsense maka iklan tidak akan langsung muncul begitu saja tapi harus menunggu beberapa jam terlebih dahulu.

Berikut adalah beberapa catatan dan saran yang bisa diambil dari pengalaman aLez yang boleh dijadikan acuan sebelum mendaftarkan blog ke Google Adsense.

1. Mendaftar Adsense hosted sepertinya lebih mudah dibandingkan non hosted.

2. Umur blog harus minimal 3 atau 6 bulan.

3. Blog harus sudah terindex Google dengan mengeceknya di mesin penelusuran Google menggunakan kata kunci site:namasituskita(dot)com.

Apabila belum maka pastikan blog sudah didaftarkan di Google Search Console dan telah mengirimkan sitemap.

4. Jangan ada konten pelanggaran di blog. Namun yang paling utama adalah menghindari membuat konten yang dilarang oleh Google.

5. Artikel yang dipublish harus berisi minimal 500 kata, tersusun sewajarnya dan tidak berbelit-belit atau bolak-balik.

5. Minimal jumlah artikel yang dipublish di blog adalah 10 namun berkualitas tinggi.

6. Tampilan blog harus rapi, enak dilihat, mudah dibaca dan ditelusuri. Boleh menggunakan tema bawaan Blogger maupun tema gratis yang penting tampilannya responsive saat diakses dari perangkat handphone.

Hal-hal tersebut merupakan kriteria dasar dari sebuah blog yang diterima oleh Adsense. Untuk blog subdomain blogspot, dengan memiliki kriteria di atas biasanya sudah cukup. Sebaliknya, untuk domain TLD sepertinya harus ada tambahan hal-hal lainnya.

© aLez

Tentang Penulis :

Hai, Saya adalah seorang blogger yang senang mempelajari berbagai macam hal, terutama seni, teknologi, dan ilmu pengetahuan umum. Saya membuat blog ini bertujuan untuk berbagi hal yang bermanfaat, termasuk hal yang telah saya pelajari.

Artikel Terkait

Post Terbaru Post Sebelumnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar