Mengatasi kiriman status teman Facebook yang mengganggu

Sekarang-sekarang ini, menurut pengalaman pribadi, jika membuka dan melihat-lihat beranda Facebook terlihat banyak sekali kiriman status yang sedikit mengganggu atau setidaknya membuat kita tidak nyaman membacanya padahal status tersebut adalah kiriman dari teman-teman yang dikenal dengan baik.

Walaupun teman-teman tersebut jauh dan jarang bertemu akan tetapi aLez masih tetap akrab dengan mereka.

Namun, entah kenapa sekarang-sekarang ini beberapa diantara mereka sering mengirim status yang tak enak untuk dibaca ataupun dilike seperti misalnya status yang mengarah ke ujaran kebencian yang sedikitnya agak 'menyindir' agama lain ataupun status yang agak 'merendahkan' orang lain.

Untuk itu aLez agak sedikit bingung untuk mengatasinya.

Berbeda halnya jika status tersebut berasal dari teman yang tak dikenal maka cara mudahnya tinggal hapus pertemanan saja atau lebih ekstrim mungkin dengan memblokir akun yang bersangkutan.

Akan tetapi masalahnya yaitu dia atau bahkan mereka adalah teman yang dulu pernah bersama-sama bekerja di tempat kerja yang sama sehingga tak mungkin bagi aLez untuk menghapus pertemanan atau bahkan memblokirnya.

Dan, setelah melihat-lihat menu Facebook ternyata di sana terdapat fitur untuk mengatasi hal tersebut.

Sebenarnya trik ini sudah lama ditemukan tapi baru dibagikan saat ini karena aLez sengaja menunggu apakah akan ada update mengenai fitur ini? Ternyata hingga saat ini Facebook tak ada mengupdate fitur ini.

Baiklah, untuk kamu yang merasa terganggu dengan kiriman status teman seperti misalnya status ujaran kebencian yang tak sepaham dengan kamu namun kamu masih ingin berteman dengan teman kamu itu maka solusinya yaitu dengan mengaktifkan fitur unfollow Facebook atau berhenti mengikuti kiriman status teman.

Dengan cara ini kamu tidak akan melihat kiriman status dari teman yang telah di-unfollow oleh kamu. Akan tetapi semua fitur dan aktivitas antara kamu dan teman kamu tersebut masihlah dapat bekerja seperti pesan atau inbox, messenger, komentar, like dan sebagainya.

Hanya jika kamu ingin melihat kiriman terbaru dari teman tersebut maka kamu hanya perlu mengunjungi profilenya.

Jika belum tahu di mana letak tombol untuk fitur unfollow atau berhenti mengikuti kiriman teman maka kamu kunjungi saja profile teman kamu tersebut lalu cari tombol atau tulisan berhenti mengikuti.

Pada Mode Desktop

Lihat tombol Mengikuti yang berada di bawah foto sampul.

Jika kamu sorot tombol tersebut maka akan muncul pilihan pengaturan tentang bagaimana cara kamu mengikuti kiriman status teman. Apakah kamu akan mengikuti kiriman status teman tersebut secara default, atau kamu akan lihat dulu kiriman status, atau kamu mau batal mengikuti kiriman yang maksudnya yaitu kamu tidak akan pernah melihat kiriman status teman kamu tersebut di beranda Facebook kamu.

Pada Mode Facebook for Android

Tombol Mengikuti letaknya berada hampir sama dengan versi desktop akan tetapi hanya terdapat dua pilihan saja yaitu Mengikuti dan Ikuti.

Maksudnya ketika tombol menunjukkan tulisan Mengikuti yang diawali oleh tanda ceklis maka itu tandanya kamu telah dan sedang mengikuti kiriman teman itu.

Sedangkan ketika tombol menunjukkan tulisan Ikuti, itu tandanya kamu telah berhenti mengikuti kiriman status teman tersebut.

Pada Mode Opera Mini/Facebook Versi Standar

Pada mode ini, pilihan Mengikuti berada di menu bagian bawah dengan tulisan Berhenti Mengikuti tanpa tombol melainkan hanya deretan tulisan dari beberapa daftar menu.

Setelah kamu klik Berhenti Mengikuti maka secara otomatis kamu telah berhenti mengikuti kiriman status teman. Sedangkan untuk mengikutinya kembali maka kamu harus klik tombol bertuliskan Ikuti di bagian atas profil teman kamu yang tepatnya berada di bawah deskripsi profil.

Sudah cukup ya, selesai.

© aLez

Tentang Penulis :

Hai, Saya adalah seorang blogger yang senang mempelajari berbagai macam hal, terutama seni, teknologi, dan ilmu pengetahuan umum. Saya membuat blog ini bertujuan untuk berbagi hal yang bermanfaat, termasuk hal yang telah saya pelajari.

Artikel Terkait

Post Terbaru Post Sebelumnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar