Solusi jika tidak bisa menonaktifkan SafeSearch Google

Pengguna Google Search Indonesia tidak akan dapat menonaktifkan Mode SafeSearch Google mulai dari masa sekarang karena Mode SafeSearch Google telah dikunci oleh provider (operator) seluler lokal Indonesia yang mana ini berarti bahwa pemerintah melalui instansi yang terkait telah melakukan pemblokiran terhadap konten yang dianggap tidak pantas.

Namun, terdapat banyak cara untuk melewati pemblokiran tersebut yang beberapa di antaranya akan dijelaskan di artikel ini.

Sebelum lanjut ke tutorial cara menonaktifkan atau mematikan Mode SafeSearch Google, baiknya kamu ketahui dulu beberapa informasi penting supaya kamu paham mengenai masalah fitur SafeSearch Google yang tidak bisa dinonaktifkan ini.

Penyebab SafeSearch tidak bisa dinonaktifkan

Terdapat beberapa hal yang dapat menyebabkan mode SafeSearch aktif. Namun, apabila kondisinya selalu aktif dan bahkan tidak bisa dinonaktifkan maka hanya terdapat satu kemungkinan seperti yang dijelaskan di bawah ini.

SafeSearch dikunci provider seluler

Menurut informasi yang beredar, baik itu dari situs terpercaya maupun situs berita terakurat sekalipun mengatakan bahwa Mode SafeSearch Google telah dikunci oleh provider seluler untuk beberapa kata kunci khusus yang mengarah ke p*rn*grafi di mana akibatnya yaitu pengguna tak hanya akan mendapatkan hasil nihil di hasil penelusuran web tapi juga pada hasil penelusuran gambar dan mungkin juga pada hasil penelusuran lainnya.

Mode SafeSearch

Aturan ini tak hanya berlaku pada browser komputer melainkan pada browser handphone seperti smartphone Android juga telah diberlakukan sehingga Mode SafeSearch akan selalu aktif di perangkat manapun, baik itu di komputer maupun handphone Android.

Dan Mode SafeSearch ini tidak akan dapat dimatikan bagaimanapun juga jika caranya hanya melalui pengaturan pencarian ataupun melalui pengaturan akun Google.

Cara kerja dan fungsi fitur SafeSearch

Sebenarnya, fitur SafeSearch memiliki fungsi yang cukup baik yang berguna untuk menghindari konten-konten yang tidak dikehendaki oleh pengguna Google Search di hasil penelusuran karena cara kerjanya adalah dengan menyaring konten-konten yang dianggap tidak pantas.

Sehingga ini sangat baik untuk para pengguna yang belum cukup umur. Namun, terlalu berlebihan rasanya jika pengguna dewasa pun turut merasakan dampaknya.

SafeSearch memblokir situs dan kata-kata eksplisit

Filter SafeSearch atau telusur aman ini memang hanya dikhususkan untuk menyaring atau memfilter hasil eksplisit daripada konten 'tertentu' dengan memblokir kata-kata yang berhubungan dengan hal tersebut.

Dan setelah aLez melakukan percobaan ternyata kata kunci pencarian untuk beberapa nama situs-situs besar yang menyediakan konten dewasa pun ikut diblokir.

Tidak sedikit pengguna yang merasa tidak nyaman dengan Mode SafeSearch yang selalu aktif ini. Apalagi mereka mendapati bahwa mereka tidak dapat mematikan fitur telusur aman tersebut di menu pengaturan Google Search.

Walaupun pada pengaturan preferensi telah beberapa kali dinonaktifkan, akan tetapi Mode SafeSearch kembali lagi ke pengaturan semula yaitu SafeSearch aktif.

Informasi dan solusi dari Forum Google

Beberapa pengguna pun ada yang mengadu ke forum resmi Google. Akan tetapi jawaban yang didapat hanya sekedar solusi sederhana mengenai pengaturan penelusuran dan pengaturan akun Google serta penghapusan data browser seperti cache dan history.

Mungkin karena mereka yang menjawab pertanyaan di forum Google kurang begitu paham terhadap masalah yang dihadapi karena pengguna tidak menjelaskan secara detail mengenai masalah yang terjadi.

Atau lebih parah lagi jika pengguna bertanya menggunakan bahasa Inggris. Jawaban yang didapat tidak akan relevan karena mereka yang menjawab bukanlah pengguna Google yang berasal dari Indonesia. Sedangkan pemblokiran terhadap kata pencarian atau dengan kata lain penguncian SafeSearch hanya terjadi di Indonesia dan di beberapa negara saja.

Akan tetapi, aLez pernah mendapati sebuah jawaban dari seorang ahli di forum Google yang mengatakan bahwa :

"Jika Mode SafeSearch atau telusur aman telah dinonaktifkan pada preferensi penelusuran, sedangkan ketika kita melakukan penelusuran ulang dan mendapati Mode SafeSearch kembali aktif maka kemungkinan Mode SafeSearch telah dikunci oleh pemerintah setempat melalui provider seluler yang digunakan oleh masing-masing dari kita."

Cara mudah dan sederhana untuk menonaktifkan Mode SafeSearch Google

Sebuah pepatah yang sangat fenomenal yang telah terbukti kenyataannya yaitu "banyak jalan menuju Roma" memang benar adanya. Dan ini bukan berarti bahwa "banyak lagu yang diciptakan Pak Haji".

Itu artinya bahwa untuk menuju ke tempat yang kita tuju ataupun untuk mendapatkan sesuatu yang kita inginkan tentunya terdapat banyak jalan maupun cara. Seperti untuk hal yang satu ini yaitu kita ingin menonaktifkan Mode SafeSearch Google.

Ada banyak cara untuk menonaktifkan Mode SafeSearch Google dan mengenai mudah atau sulitnya cara ini tergantung pada keahlian masing-masing. Akan tetapi aLez yakin bahwa cara-cara di bawah ini sangat mudah dan sederhana untuk diterapkan.

Menonaktifkan SafeSearch menggunakan Google Search Khusus

Cara sederhana ini tidak memerlukan aplikasi tambahan apapun dan dapat diterapkan di berbagai jenis perangkat, baik itu di komputer PC maupun handphone atau smartphone dan juga mendukung lintas browser, baik itu Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera, UC Browser dan browser modern lainnya.

Caranya yaitu :

  1. Kunjungi halaman Google Penelusuran Khusus yang SafeSearch-nya nonaktif pada tautan ini : Google Search Khusus

  2. Jika terdapat Captcha, silakan diisi terlebih dahulu. Tapi bila tidak ada maka kamu akan langsung menuju ke halaman utama pencarian Google.

    Google Search Khusus
  3. Pada kolom pencarian Google tersebut akan terdapat tulisan aleziana. Hapus tulisan aleziana tersebut, lalu ganti dengan kata-kata yang ingin kamu cari hasilnya.

    Kamu boleh mencari apapun dengan kata-kata yang kamu mau karena di sana tidak akan ada pemblokiran terhadap kata-kata maupun hasil pencarian. Dan mode SafeSearch pun telah menjadi nonaktif sepenuhnya.

  4. Taadaa.. Kamu dan Google siap berbisnis. Jangan lupa lihat juga hasil penelusuran gambar.

Catatan

  • Dengan menggunakan metode ini kamu tak perlu lagi menonaktifkan Mode SafeSearch sehingga metode ini seolah-olah telah menghapus atau menghilangkan aturan SafeSearch Mode secara otomatis.

  • Metode ini hanya berlaku untuk hasil penelusuran saja, sedangkan untuk tautan situs yang berada di hasil penelusuran belum tentu dapat dibuka karena terdapat pemblokiran khusus terhadap alamat situs tertentu oleh provider seluler yang kamu gunakan.

Tips untuk pengguna komputer

Agar lebih mudah dalam menggunakan cara ini, kamu harus menggunakan browser Google Chrome dan lihat postingan ini untuk caranya : Keunggulan browser Google Chrome.

UPDATE : Melalui Yandex browser versi terbaru juga bisa. Caranya sama dengan Google Chrome.

Menonaktifkan SafeSearch menggunakan VPN

VPN di komputer, laptop, netbook

Cara terbaik yang satu ini akan lebih maksimal dan juga efektif jika digunakan pada komputer desktop, komputer laptop, ataupun komputer netbook (notebook).

Karena apa? Karena aLez akan senang untuk merekomendasikan VPN gratis Opera Desktop.

Coba tebak siapa yang tak ingin mendapatkan fitur mewah nan gratis? Semua orang pasti ingin, dan di sana terdapat fitur semacam itu yaitu VPN Opera Desktop.

  • Sebelum menggunakan VPN Opera Desktop, Mode SafeSearch Google selalu aktif walaupun pada pengaturan preferensi penelusuran telah dinonaktifkan dengan cara menghilangkan tanda centang pada pilihan aktifkan safesearch dan hasil penelusuran menunjukkan tak ada konten yang sesuai alias nihil.

    SafeSearch Aktif
  • Setelah menggunakan VPN Opera Desktop, terkadang muncul notifikasi yang bertuliskan "hasil eksplisit difilter dengan telusur aman, pelajari lebih lanjut, urungkan"

    SafeSearch Nonaktif
  • Jika kamu ingin menonaktifkan Mode SafeSearch Google maka kamu pilih 'urungkan' lalu hasil penelusuran pun akan menunjukkan hasil relevan dari apa yang kamu cari.

Catatan

  • Jika kamu mengaktifkan VPN, lalu memulai pencarian tanpa menutup browser terlebih dahulu maka kemungkinan akan terdapat Captcha sebagai pemeriksaan keamanan.

  • Akan lebih baik setelah mengaktifkan VPN, lalu kamu menutup browser Opera terlebih dahulu. Kemudian buka kembali browser Opera dan mulailah browsing sehingga tidak akan muncul Captcha pemeriksaan keamanan bahkan Mode SafeSearch pun akan menjadi nonaktif secara otomatis.

  • Metode ini dapat membuka situs yang diblokir.

Sekedar informasi bahwa VPN Opera Desktop ini tidak memerlukan proses daftar atau proses sign up terlebih dahulu dan tidak ada pemungutan biaya sepeser pun alias gratis.

VPN di perangkat seluler handphone

Berbeda halnya jika kita menggunakan VPN pada handphone Android. Memang di sana terdapat banyak penyedia layanan VPN gratis untuk Android tapi gratis tersebut hanya sementara, mungkin hanya untuk 7 hari atau lebih lama mungkin 1 bulan, selebihnya bayar.

Kamu boleh menggunakan layanan tersebut jika kamu suka untuk berganti-ganti layanan VPN. Setelah satu bulan habis masa gratis, lalu kamu mendaftar lagi di penyedia VPN lainnya, dan begitu seterusnya sehingga aLez tidak terlalu merekomendasikan kamu untuk menggunakan layanan VPN di handphone kecuali jika kamu ingin membayar dan berlangganan layanan VPN maka silakan lanjutkan.

Adapun VPN Android gratis tanpa daftar dan tanpa langganan. Akan tetapi, terkadang server yang tersedia sering tidak merespon.

Menonaktifkan SafeSearch menggunakan Opera Mini 7

Opera Mini 7 .jar dan .jad untuk handphone Java termasuk BlackBerry OS 7 dan versi sebelumnya, Opera Mini 7 .sis untuk handphone Symbian, dan Opera Mini 7 .apk untuk smartphone Android dan BlackBerry 10.

Dilihat dari daftar di atas, boleh dikatakan bahwa Opera Mini sangat bersahabat karena support untuk hampir seluruh jenis dan merk telepon seluler yang memiliki koneksi internet.

Memang, aplikasi browser Opera Mini 7 dan versi sebelumnya seperti Opera Mini yang cukup populer yaitu Opera Mini versi 4 java ini terbilang jadul dan kuno. Akan tetapi untuk masa-masa sulit seperti sekarang ini justru Opera Mini menjadi aplikasi browser unik dan handal karena mampu menembus hampir semua pemblokiran di internet.

Maka dari itu, kamu boleh coba gunakan Opera Mini 7 untuk menjelajahi internet karena sudah pasti kamu tak akan mendapati kata kunci ataupun situs yang terblokir sehingga Mode SafeSearch Google akan otomatis off atau nonaktif.

Q : Kenapa harus menggunakan Opera Mini 7?

A : Karena mulai dari versi 8, Opera Mini sudah tidak lagi mampu membuka situs yang diblokir karena pada versi 8 tersebut sepertinya Opera Mini telah mengganti mesin browser mereka menjadi webkit sehingga tidak lagi menggunakan Presto.

SafeSearch Aktif Handphone
SafeSearch Nonaktif Opera Mini

UPDATE :

Opera Mini Android versi terbaru

Opera Mini versi terbaru untuk Android yang dapat didownload di Play Store dapat diandalkan untuk urusan ini.

Setidaknya yang telah aLez uji di handphone Android 5.1 Lollipop, Opera Mini versi terbaru dapat membuka sebagian besar situs yang diblokir.

Namun, jika kita mencari sesuatu menggunakan kata 'tertentu' di kolom pencarian Google, tetap saja kata-kata tersebut akan diblokir oleh fitur SafeSearch karena pada versi ini Opera Mini menggunakan mesin browser blink, tapi mereka juga telah mengintegrasikan vpn ke dalamnya.

Solusinya adalah dengan menggunakan metode pertama di atas yaitu menggunakan Google Penelusuran Khusus untuk mencari. Kemudian pada hasil penelusuran yang tampil boleh langsung diklik. Biasanya situs akan terbuka tanpa terblokir bahkan video pun dapat ditonton.

Kecuali jika kita menggunakan jaringan Telkomsel, berdasarkan pengalaman, banyak situs yang tetap tidak bisa dibuka walaupun menggunakan Opera Mini.

Namun sayangnya, apabila sinyal kurang bagus maka koneksi ke situs yang dituju sering terputus. Dan untuk versi saat ini, Opera Mini terkadang sering menutup sendiri atau crash. Juga terkadang secara otomatis dialihkan ke sebuah situs belanja online di mana ini kemungkinan adalah bagian dari iklan milik Opera Mini.

Catatan Penulis

Di sini aLez hanya mencoba berbagi pengalaman dan sedikit pengetahuan, sedangkan mengenai hal yang terjadi di luar konten yang tertulis di dalam artikel bukan merupakan tanggung jawab aLez sebagai penulis.

Beberapa orang menginginkan filter penelusuran aman pada Mode SafeSearch Google dapat dinonaktifkan sehingga mungkin mereka merasakan kebebasan dalam menggunakan layanan Google yang super canggih. Dan dengan adanya pembatasan pada layanan Google memungkinkan orang lain mencari cara untuk dapat melewati pembatasan tersebut.

Dengan menggunakan beberapa cara yang dapat dilakukan maka para pengguna akan tetap senang untuk menggunakan layanan Google terutama layanan pencarian atau Google Search dibandingkan harus menggunakan layanan pencarian lain di luar Google sebagai gantinya.

© aLez

Tentang Penulis :

Hai, Saya adalah seorang blogger yang senang mempelajari berbagai macam hal, terutama seni, teknologi, dan ilmu pengetahuan umum. Saya membuat blog ini bertujuan untuk berbagi hal yang bermanfaat, termasuk hal yang telah saya pelajari.

Artikel Terkait

Post Terbaru Post Sebelumnya

12 komentar:

  1. Setelah safe mod di terapkan secara permanen, Hasil semua pencarian Sepetinya sudah gak sesuai, Menurut saya sekarang google bukan empunya informasi lagi.
    Cocok Lah Buat Yang BARU LAHIR hahaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya iya, hehe..
      Untuk urusan konten dewasa, saat ini Bing sedang merajalela

      Hapus
  2. ganggu banget safesearch nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, banyak sekali pengguna yang mengeluh tentang hal ini

      Hapus
  3. Itu gimana sih cara yg direkomendasiin?? Katanya klik kolom pencarian, katanya disuruh ngisi captcha itu gimana sih gak ngerti. Gw nyari nyoba gak ngaruh tetep aja begitu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kesulitan agan dibagian mana? Boleh dijelaskan lagi dengan lebih spesifik?
      Cara yang direkomendasikan yaitu : Klik tautan diatas lalu dia akan masuk ke pencarian Google dengan tulisan aLezstar, ganti tulisan aLezstar tersebut dengan kata yang ingin kamu cari.
      Untuk reCaptcha, kadang muncul kadang tidak.
      Ini hanya berlaku untuk hasil pencarian.

      Hapus
  4. alamatnya sudah bs terbuka sesuai sarannyamimin..tapi bgtu diklik tetap gak bisa kebuka... kasih tips lagi dong ..masakliat alamatnyadoang g bisa dibuka...hasil pencariannya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, memang untuk situs masih terdapat pemblokiran.
      Coba cara ini :
      Tekan dan tahan alamat hasil pencarian kemudian setelah muncul pilihan lalu pilih copy/salin alamat tautan.
      Pada tab baru browser, pergi ke alamat stopcensoring(dot)me, nanti setelah masuk ke situs stopcensoring(dot)me kemudian tempelkan/pastekan alamat yang tadi dicopy.
      Semoga berhasil.

      Hapus
  5. inilah yg di sebut dengan Marketing 🤣 SafeSearch permanet supaya pada pake VPn otomatis VPN ny jadi laku 🤣🤣🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya boleh jadi, karena zaman sekarang sepertinya lebih banyak kampanye terselubung khususnya kampanye dalam pemasaran produk.

      Hapus
  6. Untuk pengguna xiomi redmi2


    AAAMAAAAAANNN😂😂😂😂😂

    BalasHapus