Cara menyembuhkan batuk secara alami dan terbukti manjur

Memangnya ada cara menghilangkan batuk dengan cara alami tanpa meminum obat?

Jawabannya pasti ada karena penyakit apapun bisa diobati dengan cara alami, hanya kita tidak tahu saja cara-cara alami apa yang harus dilakukan untuk menyembuhkan penyakit tersebut.

Ilustrasi batuk. Gambar Google

Sebelum membahas tentang cara menyembuhkan batuk, aLez ingin berbagi sedikit pengetahuan berdasarkan pengalaman tentang hal-hal seputar batuk dan semoga berkenan untuk membacanya. Tapi bilamana tidak maka boleh lewati cerita ini dan langsung saja menuju ke pembahasan cara menyembuhkan dan mencegah batuk secara alami di bagian bawah artikel.

Gejala dan penyebab batuk

Berbicara mengenai batuk, para ahli mengatakan bahwa batuk itu sebenarnya bukan penyakit melainkan hanya gejala yang timbul dikarenakan terdapat suatu gangguan pada organ di dalam tubuh maupun di tenggorokan. Dan untuk informasi lebih lanjut mengenai batuk boleh dilihat artikelnya di Wikipedia.

Di antara kita pasti pernah mengalami batuk kering ataupun batuk berdahak yang disertai gatal di tenggorokan. Gatal tersebut bukan karena tanpa sebab melainkan terdapat sesuatu di area tenggorokan seperti misalnya terdapat serpihan debu.

Tak hanya debu dan sesuatu yang kecil lainnya yang dapat menyebabkan tenggorokan menjadi gatal, tapi hal ini juga bisa disebabkan karena kulit pada tenggorokan mengalami iritasi atau sariawan atau juga panas dalam. Khusus untuk hal ini biasanya setelah gatal hilang kemudian tenggorokan akan terasa sakit sampai akhirnya muncul batuk berdahak disertai pilek dengan lendir yang kental.

Memang, aLez bukan seorang dokter atau bahkan praktisi kesehatan melainkan hanya seorang blogger yang senang mempelajari apapun. Bahkan mengenai hal di atas pun hanya tahu sedikit. Namun dikarenakan sudah sering sekali mengalaminya maka itu dijadikan pengalaman, pelajaran serta pengetahuan baru.

Mengatasi gejala sebelum terjadinya batuk

Ini hanya sekedar tips untuk mengatasi gatal di tenggorokan sebelum terjadi batuk berdahak dan pilek.

  • Ketika tenggorokan gatal dan terjadi batuk kering maka silakan coba untuk meminum air putih lebih banyak dari biasanya, tapi secara normal dan jangan terlalu berlebihan.

  • Hindari makanan dan minuman yang sekiranya dapat menyebabkan tenggorokan semakin gatal. Seperti contoh, aLez akan suka untuk menghindari makanan yang digoreng dan mengandung banyak minyak.

    Bahkan untuk sekedar ingin menghilangkan batuk gatal di tenggorokan tersebut, aLez harus rela makan ikan patin dengan cara di pepes. Padahal biasanya lebih suka ikan patin yang digoreng.

  • Akan lebih baik untuk sementara waktu berhenti mengonsumsi minuman berasa dan berwarna seperti misalnya kopi, minuman bersoda mengandung karbonasi bahkan teh manis sekalipun.

  • Bagi para perokok aktif, sama halnya seperti di atas yaitu harus rela berhenti untuk sementara waktu hingga batuk kering yang disebabkan oleh tenggorokan gatal telah sembuh.

Dari seringnya kasus tenggorokan gatal yang dialami oleh diri sendiri, sekitar 80% sembuh dengan metode di atas walaupun cara-cara tersebut menjadikan kita seperti seseorang yang sedang melakukan diet.

Baik, untuk pembahasan tenggorokan gatal dan batuk kering sudah selesai. Dan kini waktunya untuk membahas obat batuk alami tanpa obat kimia atau obat apotek.

Cara menyembuhkan batuk secara alami dengan air teh basi

Obat batuk alami yang dimaksud yaitu air teh basi atau dalam bahasa Sunda lebih dikenal dengan nama 'cai enteh bari' atau 'ci teh bari'.

Untuk kandungan daripada air teh basi ini boleh dilihat referensinya di situs-situs kesehatan terpercaya, aLez tidak dapat menjelaskan kandungan zat yang dimiliki oleh air teh basi ini karena bukan ahli gizi ataupun ahli kimia.

Akan tetapi untuk khasiat yang dihasilkan dari air teh basi ini sudah terbukti manjur yaitu untuk menyembuhkan dan juga dapat mencegah batuk berdahak.

Cara membuat air teh basi untuk obat batuk

Lakukan ini pada malam hari.

  1. Siapkan teh lalu masukkan ke dalam gelas, boleh teh celup ataupun teh bubuk. Tapi sebagai rekomendasi, baiknya teh bubuk, dan gelas yang dipakai berukuran lebih besar dari gelas minum biasa.

    Untuk ukuran atau jumlah teh yang dimasukkan, boleh disesuaikan saja dengan gelas yang digunakan.

  2. Seduh teh tersebut dengan air panas yang mendidih supaya teh larut dengan baik karena jika air panas kurang mendidih maka dikhawatirkan proses pengobatan akan menjadi kurang efektif.

  3. Tutup dan simpan gelas yang berisi air teh tersebut di tempat sejuk dan kering serta bersih tentunya, lalu diamkan hingga pagi.

Pemakaian air teh basi untuk penyembuhan batuk

Ketika seseorang mengalami batuk berdahak, biasanya disertai dengan pilek. Tapi terkadang tidak selalu seperti itu.

Namun yang pasti, saat sedang menderita batuk berdahak maka harus mengonsumsi air teh basi setiap pagi setelah bangun tidur.

Baiknya yaitu setelah bangun tidur jangan minum apalagi makan apapun. Sebagai gantinya, minumlah air teh basi satu gelas besar terlebih dahulu. Kemudian boleh minum hanya air putih.

Selang beberapa lama kemudian, sekitar setengah jam, baru boleh makan ataupun minum minuman lainnya.

Lakukan hal tersebut setiap hari hingga batuknya mereda.

Pemakaian air teh basi untuk pencegahan batuk

Ketika tenggorokan mulai gatal dan mulai tampak batuk-batuk kecil dan ataupun ketika sedang mengalami pilek disertai munculnya batuk-batuk kecil maka sangat dianjurkan untuk mengonsumsi air teh basi setiap pagi. Lakukan seperti cara di atas.

Q : Apakah cara di atas dapat menyembuhkan batuk dalam semalam?

A : Menurut pengalaman, aLez belum pernah menemukan ada obat alami yang mampu menyembuhkan suatu penyakit dalam waktu satu malam.

Itu dikarenakan obat-obatan alami berasal dari alam dengan kandungan zat yang bekerja dengan normal. Tidak sama dengan zat kimia yang dapat bekerja secara cepat bahkan super cepat yang terkadang memberikan efek negatif.

Jadi untuk obat alami biasanya lebih mirip terapi kesehatan dengan prinsip 'mengonsumsi zat penyembuh dan menghindari zat penyakit' sehingga untuk menggunakan obat alami ini diperlukan kerutinan dan kesabaran.

Jika batuk yang dialami penderita tidak cukup parah, mungkin obat alami bisa saja dapat menyembuhkan batuk dalam semalam.

Bahkan jika mengalami batuk terus menerus hingga otot perut terasa sakit, boleh juga mencoba obat alami air teh basi tersebut.

Karena apa?

Pertama, murah atau bahkan mungkin gratis. Yang kedua yaitu sehat dan juga tidak ada salahnya jika kita mencoba karena tak ada efek negatif yang ditimbulkan sehingga air teh basi ini menjadi obat batuk alami yang cocok untuk anak-anak dan dewasa.

Pengalaman mengonsumsi air teh basi

Q : Apakah aLez mengonsumsi air teh basi?

A : Tentu saja.

Bahkan setiap menderita batuk pilek atau bahkan hanya batuk maka aLez dengan segera akan selalu membuat air teh pada malam hari untuk kemudian menyediakannya pada pagi hari sehingga air teh basi ini sudah menjadi obat alami favorit yang digunakan untuk menyembuhkan dan mencegah batuk.

Untuk waktu penyembuhan batuk berdahak biasanya sekitar 3 hari atau paling lama seminggu dan tak pernah lebih dari seminggu dengan catatan bahwa kita telah menjalani pola hidup sehat.

Untuk alasan itulah aLez berani membuat tulisan ini dan mengatakan bahwa air teh basi adalah obat alami yang terbukti manjur dan efektif untuk menyembuhkan serta mencegah batuk berdahak ataupun batuk kering.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

© aLez

Tentang Penulis :

Hai, Saya adalah seorang blogger yang senang mempelajari berbagai macam hal, terutama seni, teknologi, dan ilmu pengetahuan umum. Saya membuat blog ini bertujuan untuk berbagi hal yang bermanfaat, termasuk hal yang telah saya pelajari.

Artikel Terkait

Post Terbaru Post Sebelumnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar