Pin Adsense tetap datang walaupun salah memasukkan alamat

Di dalam artikel ini aLez akan menceritakan pengalaman pribadi kepada para publisher baru Google Adsense khususnya mengenai masalah pin.

Setelah sekitar tiga bulan semenjak diapprove Google Adsense, muncul pesan email dari Google tentang kewajiban memverifikasikan identitas menggunakan kartu tanda pengenal yang telah ditentukan dan masih berlaku tentunya.

Mengenai hal ini aLez mencari cara-cara yang benar tentang proses verifikasi dan ternyata proses verifikasi alamat untuk masa sekarang berbeda dengan masa-masa sebelumnya.

Jika dulu, katanya hanya akan terdapat pemberitahuan bahwa pin telah dikirim ke alamat yang telah kita masukkan.

Sedangkan apabila pin Adsense tidak datang selama berbulan-bulan maka kita boleh request pin kembali hingga batas maksimum tiga kali permintaan pin.

Kemudian jika masih tak kunjung datang maka kita boleh verifikasi alamat Adsense menggunakan kartu identitas seperti KTP, SIM dan Paspor.

Akan tetapi untuk masa sekarang, verifikasi alamat harus menggunakan keduanya yaitu kartu identitas dan pin seperti pada email yang diterima dari Google yang mengatakan bahwa "Anda harus memverifikasi identitas agar dapat menerima pembayaran untuk akun Google Adsense 1234567890 Anda." Bahkan di situ pun tertulis keterangan lengkap tentang cara verifikasi yang benar.

Karena bingung mengenai perbedaan antara isi dari email dengan tutorial yang ada di internet maka dengan inisiatif sendiri akhirnya lebih memilih menuruti apa kata Google yang tertulis di dalam email.

Setelah login ke akun Adsense, kemudian aLez mendapati pemberitahuan lain selain verifikasi identitas yaitu bahwa Google telah mengirim surat yang berisi pin ke alamat yang Anda masukkan saat mendaftar ke Google Adsense tertanggal 1 Oktober 2018 dan pin akan sampai dalam waktu 2 hingga 4 minggu.

Lalu aLez terlebih dahulu memverifikasikan identitas menggunakan KTP. Namun pada saat pertama proses verifikasi identitas ternyata menemui kegagalan karena KTP elektronik yang digunakan dianggap tidak berlaku sebab di dalam KTP masih terdapat tanggal kadaluarsa. Akan tetapi setelah melalui beberapa proses, akhirnya proses verifikasi identitas menggunakan KTP disetujui.

Jika kamu mengalami kesulitan saat memverifikasi identitas menggunakan KTP elektronik maka kamu boleh baca artikel ini berdasarkan pengalaman : Verifikasi identitas Google Adsense gagal karena KTP elektronik tidak berlaku

Verifikasi identitas selesai dan tinggal menunggu pin Adsense datang ke rumah.

Pengalaman unik

Saat itu, secara tidak sengaja aLez menemukan sebuah artikel di salah satu blog yang mengatakan bahwa penulis blog tersebut menerima pin Adsense hanya dalam waktu 1 minggu.

Dikarenakan penasaran, kemudian aLez mencari artikel lain dan menemukan bahwa katanya ada yang menerima pin Adsense hanya dalam waktu 3 hari saja.

Waktu berlalu dan sudah 3 minggu pin Adsense tak kunjung datang. Tentu saja hal itu membuat aLez semakin penasaran dan mencoba melihat alamat pengiriman pin. Dan ternyata alamat pengiriman yang pernah dimasukkan salah.

Pada kartu identitas KTP seharusnya tertulis Rt.002 Rw.009 tapi yang dimasukkan malah Rt.02 Rw.03. Bahkan lebih parahnya lagi yaitu hal ini terjadi semenjak Januari 2015 hingga Oktober 2018.

Memang hanya bagian Rw saja yang salah sedangkan bagian lainnya benar. Tapi untuk publisher pemula tentu saja hal ini sangat membuat khawatir terlebih melihat informasi dari blog lain yang mengatakan bahwa pin Adsense sampai ke rumah tidak melebihi 1 bulan.

Bingung bercampur khawatir akhirnya saat itu memutuskan untuk mengunjungi kantor pos untuk menanyakan tentang kiriman surat dari Google Adsense.

Saat itu staf bagian kantor di kantor pos menanyakan resi dan aLez hanya mengatakan bahwa kiriman dari Google tidak memakai resi dan itu hanya berbentuk surat. Kemudian bagian staf kantor tersebut menyarankan untuk menanyakan secara langsung ke bagian pengiriman yang berada di sebelah kantor.

Dikarenakan kepala bagian pengiriman sudah familiar dengan pin Adsense maka ketika ditanyakan mengenai paket dari Google Adsense lalu dia memanggil kurir dan menanyakannya. Akan tetapi jawaban yang didapat sungguh sangat mengecewakan karena ternyata pin Adsense belum sampai ke kantor pos.

Lalu kepada si bapak kurir yang baik hati, diceritakanlah bahwa terdapat kesalahan dalam memasukkan alamat untuk pengiriman pin Adsense ini. Dan petugas kurir tersebut pun memakluminya sehingga akhirnya dia mau membantu seandainya pin tersebut telah tiba di kantor pos dengan meminta alamat lengkap saat ini beserta lokasi tepat di mana rumah berada.

Beruntung, petugas kurir tersebut telah hafal mengenai alamat dan bahkan lokasi rumah karena sudah sering mengirim paket ke lokasi yang disebutkan maupun ke sekitar lokasi.

Satu bulan berlalu hingga saat ini tepatnya 1 November 2018 pada pukul 11.40 pin Adsense tiba di rumah dan tentu saja dengan segera aLez memverifikasikan pin tersebut di halaman Google Adsense.

Tips

Jika kamu salah memasukkan alamat pengiriman pin Adsense dan pin tersebut belum datang maka lebih baik kamu kunjungi kantor pos tempat pengiriman lalu kamu ceritakan bahwa kamu telah salah memasukkan alamat.

Apabila petugas kurir hendak membantu maka kamu berikan alamat tempat tinggal kamu saat ini yang benar beserta lokasinya.

Jadi berdasarkan pengalaman, pin Adsense diterima tepat 1 bulan dari tanggal pengiriman yang ditentukan oleh Google.

© aLez

Tentang Penulis :

Hai, Saya adalah seorang blogger yang senang mempelajari berbagai macam hal, terutama seni, teknologi, dan ilmu pengetahuan umum. Saya membuat blog ini bertujuan untuk berbagi hal yang bermanfaat, termasuk hal yang telah saya pelajari.

Artikel Terkait

Post Terbaru Post Sebelumnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar