Pengalaman menggunakan aplikasi Android yang menghasilkan uang di Play Store

Fenomena baru ini mulai muncul beberapa tahun lalu semenjak Android tertinggi masih dalam versi 4.2 Jelly Bean.

Sekarang ketika Android telah banyak berubah dalam beberapa tahun bahkan bulan, khususnya antara tahun 2018 hingga tahun 2019, mulai dari Android 5.1 Lollipop muncul banyak aplikasi penghasil uang di Play Store.

Hal itu dibuktikan berdasarkan pengalaman pribadi yang telah mencoba beberapa aplikasi Android yang dapat menghasilkan uang menggunakan handphone Android 4.2 Jelly Bean.

Ternyata hanya sedikit saja aplikasi yang dapat berjalan di Android 4.2 Jelly Bean. Sebaliknya, aplikasi penghasil uang berjalan baik di Android 5.1 Lollipop dan yang lebih baru.

Okay, sebenarnya bukan itu inti dari artikel ini, justru artikel ini akan membahas beberapa aplikasi yang pernah dicoba dan apakah aplikasi tersebut benar-benar menghasilkan uang? Apakah aplikasi tersebut pantas untuk kita gunakan? Karena justru ditemukan banyak keanehan pada aplikasi-aplikasi Android penghasil uang tersebut.

Kita mulai dari yang pertama yaitu seberapa banyak uang yang kita dapatkan berbanding dengan seberapa banyak waktu yang kita habiskan.

Saat itu aLez mencoba salah satu aplikasi Android penghasil uang bernama Veeu yang tugasnya adalah hanya menonton video, menyukai dan menyimpan video di akun.

Aktivitas tersebut tentu saja dibayar tapi bayaran tersebut berupa koin yang nantinya boleh ditukarkan menjadi Dollar dan dapat ditransfer ke PayPal. Sedangkan untuk pengguna yang tidak punya PayPal, mungkin dapat mencoba beberapa aplikasi Android penghasil uang Rupiah lokal buatan developer Indonesia yang metode pembayarannya tanpa PayPal.

Hal ini tentu saja membuat kita senang karena dengan hanya menonton video lalu kita akan dibayar.

Akan tetapi waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan Dollar sungguh sangat luar biasa lama. Coba hitung sendiri, untuk bisa menarik dana atau cashout atau withdraw, batas minimum penarikan adalah $15 sedangkan untuk mencapai $15 dibutuhkan koin sebanyak 150.000.

Tak peduli seberapa banyak koin yang diberikan untuk menonton 1 video, yang pasti dalam 1 hari penghasilan koin kita dibatas hanya 1.900. Lalu untuk mencapai 150.000 koin ini perlu waktu berapa lama?

Anggap saja 100 hari kita baru bisa mendapatkan uang nyata berbentuk Dollar sebanyak $15 dari aplikasi tersebut. Dan ini tentu saja bukan hal yang baik untuk dijadikan bisnis online bahkan sebagai sampingan.

Sebelumnya sempat terpikir, mungkin jika kita banyak menggunakan aplikasi penghasil Dollar lainnya, maka penghasilan kita dalam 100 hari akan menjadi banyak karena apabila kita menggunakan 10 aplikasi maka penghasilan kita akan menjadi $150 per 100 hari.

Tapi kenyataannya berbanding terbalik karena untuk mendapatkan 1.900 koin dari satu aplikasi saja sudah harus menghabiskan waktu seharian penuh.

Terbanyak pengguna lebih mengandalkan koin dari referral sehingga tak sedikit orang memanfaatkan blog dan Youtube bahkan Facebook untuk mengajak orang menggunakan aplikasi dengan cara masuk melalui kode referralnya walaupun sebenarnya dia tidak tahu apakah aplikasi tersebut akan membayar karena dia sendiri belum pernah menarik penghasilan.

Waspada aplikasi Scam

Namanya juga dunia bisnis online, di sana pasti terdapat aplikasi scam yang mana tak jarang terdapat kejadian para developer aplikasi kabur membawa uang ratusan juta Rupiah hasil iklan Admob dari aplikasi.

Lalu para pengguna dibiarkan begitu saja. Bahkan mereka mengoceh dan mencaci maki di Play Store pun, developer yang telah kabur berpikir masa bodoh.

Tak cuma itu, bisnis seperti ini akan selalu ada kecurangan jika memang tidak mau disebut membohongi.

Kecurangan yang dilakukan developer aplikasi yaitu menetapkan harga promosi tapi tak memberitahukannya.

Contohnya jika kita menonton video di aplikasi akan diberikan 100 koin per video dengan batas maksimal pendapatan yaitu 5000 koin per hari dan ambang batas penarikan sebesar 100.000 koin. Maka dengan ini kita akan bisa melakukan penarikan Dollar dalam waktu 20 hari saja.

Tapi hal itu ternyata hanya terjadi di masa awal peluncuran aplikasi karena setelahnya ya begitu.

Koin yang didapat untuk menonton 1 video dikurangi, batas pendapatan per hari dikurangi, ambang batas penarikan diperbesar sehingga menimbulkan kekecewaan terhadap pengguna.

Setiap orang punya logika, begitupun dengan orang yang memakai aplikasi Android penghasil uang di Play Store, mereka punya akal sehat dan masih waras. Maka dari itu orang yang masih memiliki akal sehat pasti akan melakukan kecurangan sebagai balasan.

Seharusnya, apabila developer hanya ingin mendapatkan keuntungan saja lebih baik jangan membuat aplikasi seperti itu karena hanya merugikan pengguna, baik dari segi waktu, pikiran, maupun tenaga.

Tips :

Bijaklah dalam memilih aplikasi yang menghasilkan uang di Play Store karena jika tidak maka kita akan rugi banyak, dari segi waktu, tenaga dan pikiran.

© aLez

Tentang Penulis :

Hai, Saya adalah seorang blogger yang senang mempelajari berbagai macam hal, terutama seni, teknologi, dan ilmu pengetahuan umum. Saya membuat blog ini bertujuan untuk berbagi hal yang bermanfaat, termasuk hal yang telah saya pelajari.

Artikel Terkait

Post Terbaru Post Sebelumnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar