Social Media Google Plus akan ditutup pada pertengahan 2019

Social Media buatan Google yaitu Google Plus atau Google+ atau G+ akan ditutup secara resmi oleh Google karena beberapa alasan yang tak hanya bersifat umum tapi juga terkait dengan keamanan.

Salah satu alasan mengejutkan yang melatar belakangi ditutupnya Google Plus yaitu karena adanya kebocoran data pengguna.

Entah separah apa kebocoran data ini yang pasti belum ada informasi yang mengarah pada keterkaitan dengan akun Adsense sehingga walaupun data bocor, publisher Adsense masih tetap bisa tenang.

Alasan lainnya yang dikonfirmasi oleh pihak Google yaitu karena Social Media Google Plus ini sepi peminat, sangat berbeda dengan saat awal kemunculannya pada 2011 di mana orang sangat tertarik untuk mencoba menggunakan Google Plus.

Akan tetapi seiring berjalannya waktu, pengguna pun mulai banyak yang meninggalkan Google Plus. Bahkan hingga sekarang pengguna Social Media tersebut semakin berkurang hingga sedikit sekali pengguna yang online.

Bahkan para pengguna yang online tersebut mengakses Google Plus hanya dalam waktu yang relatif sebentar yang dapat diukur dalam hitungan detik saja.

Mungkin hal ini wajar mengingat user interface atau tampilan Google Plus ini kurang bersahabat dan agak membingungkan karena fitur yang terdapat di Google Plus juga tidak mirip dengan fitur Social Media pada umumnya.

Tak cuma itu, aktifitas yang dilakukan pun tidak mencerminkan sebuah Social Media yang sejatinya dapat menghibur. Bahkan Google pun tidak pernah melakukan inovasi mengenai hal ini sehingga para pengguna merasa tidak nyaman dalam menggunakan Google Plus dan lebih memilih untuk meninggalkannya.

Walaupun memiliki banyak kekurangan tapi sebenarnya Google Plus sangat berjasa dalam membantu artikel blog terindeks mesin penelusuran karena ketika artikel dishare di Google Plus maka sudah tentu postingan tersebut ikut muncul di SERP.

Beberapa alasan itulah yang saat ini menjadi alasan utama Google menutup Social Media Google Plus padahal sebelumnya Google cukup optimis dan percaya bahwa Google Plus akan mampu menyaingi Facebook.

Akan tetapi kenyataan membuktikan sebaliknya, Facebook malah semakin naik pamornya setelah meluncurkan inovasi baru yaitu monetisasi fanspage Facebook yang menyerupai monetisasi channel Youtube. Walaupun demikian, aLez pikir Youtube tetap tidak akan terkalahkan.

Seluruh aktivitas dan fitur akan dihentikan dan akun akan dihapus kecuali untuk G Suite yang mana terkait dengan G Suite ini Google memiliki kebijakan lain.

Penghapusan akun dilakukan secara bertahap hingga April 2019. Akan tetapi, pada waktu tersebut Google belum akan sepenuhnya menghapus akun pengguna. Baru pada pertengahan Agustus 2019 Google akan menghapus seluruh akun dan benar-benar telah menutup Google Plus.

Q : Bukannya Google Plus ini terkait dengan beberapa produk Google lainnya yang digunakan oleh pengguna, khususnya pengguna akun Gmail?

A : Iya, Google Plus juga terkait dengan Blogger yang mana salah satu fitur yang digunakan yaitu komentar Google Plus.

Menurut informasi, komentar Google Plus yang telah masuk ke postingan Blogger akan ikut terhapus dan mungkin widget Google Plus seperti Badge akan tidak tersedia lagi di Blogger. Sehingga dengan begitu, Google kemungkinan akan mengupdate fitur Blogger.

Hal yang masih menjadi pertanyaan adalah bagaimana nanti bilamana kita ingin mengganti informasi dan foto profil akun Youtube yang mana biasanya pengaturan ini selalu redirect ke Google Plus, dengan kata lain data informasi akun Youtube ini diedit di Google Plus.

Mengenai hal itu, kita tunggu saja perkembangannya. Yang pasti untuk kamu yang memiliki informasi dan data penting yang disimpan di Google Plus, mulailah dari sekarang untuk membackupnya karena seluruh informasi dan data yang disimpan di akun Google Plus akan dihapus oleh Google.

Adapun Google Plus ini berupa aplikasi Android di mana pada handphone Android 4.4 KitKat dan 4.2 Jelly Bean keluaran lama justru aplikasi ini menjadi bloatware atau aplikasi bawaan sehingga jika kita memiliki perangkat Android lawas, baik itu handphone maupun tablet, dan terdapat aplikasi Google Plus maka sudah dapat dipastikan jika aplikasi tidak dapat dijalankan atau akan memunculkan pesan error.

Dikarenakan bertindak sebagai bloatware maka aplikasi Google Plus tidak akan bisa dihapus sehingga solusinya yaitu hanya dengan menonaktifkannya melalui pengaturan aplikasi.

© aLez

Tentang Penulis :

Hai, Saya adalah seorang blogger yang senang mempelajari berbagai macam hal, terutama seni, teknologi, dan ilmu pengetahuan umum. Saya membuat blog ini bertujuan untuk berbagi hal yang bermanfaat, termasuk hal yang telah saya pelajari.

Artikel Terkait

Post Terbaru Post Sebelumnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar