Cara mencari judul lagu hanya dengan potongan suara atau musik

Banyak musik dan lagu bagus yang enak didengar, baik itu lagu lawas maupun lagu baru. Tapi kita tidak akan mungkin dapat mengetahui keseluruhan lagu yang ada di dunia sehingga apabila kita mendengar potongan-potongan lagu ataupun musik yang dirasa enak didengar maka kita akan kebingungan untuk mengetahui judul lagu tersebut apalagi ketika teman-teman kita pun tidak mengenali lagu yang bersangkutan.

Sebenarnya banyak sekali cara untuk mencari judul lagu hanya melalui potongan-potongan lagu, nada dan musik, akan tetapi tak semua cara dapat berhasil.

Untuk itu, artikel ini akan membagikan cara untuk mencari dan menemukan judul lagu hanya dengan potongan suara atau musik agar nantinya kita dapat menemukan keseluruhan lagu tersebut. Tapi cara ini hanya boleh dilakukan melalui handphone Android.

Okay, aplikasi pada handphone Android yang dapat melakukan hal tersebut yaitu Shazam oleh Apple Inc yang boleh kamu download di Google Play Store.

Ini telah berhasil diuji di handphone Android OS 7 Nougat dengan kesan yang luar biasa bagus serta memuaskan. Itupun setelah sebelumnya mencoba berbagai macam aplikasi yang kebanyakan tidak sehebat Shazam dalam menemukan lagu melalui potongan suara.

Meskipun hebat, tapi sudah barang tentu aplikasi manapun akan memiliki kekurangan. Apalagi jika dibandingkan dengan aplikasi lain yang serupa seperti di antaranya yaitu SoundHound yang banyak disebut juga sebagai aplikasi bagus mirip Shazam walaupun pada kenyataannya sangat jauh berbeda.

Cara mencari dan menemukan lagu melalui potongan suara, nada dan musik

Baiklah, untuk penggunaan aplikasi-aplikasi seperti ini dirasa tak perlu dijelaskan secara rinci karena sangat mudah sekali untuk menggunakannya.

Sederhananya yaitu kita hanya membutuhkan koneksi internet. Kemudian kita hanya tinggal menekan tombol untuk merekam atau mencari pada aplikasi yang telah dibuka lalu biarkan handphone mendengarkan potongan lagu yang ingin dicari. Setelah itu, biarkan beberapa saat hingga aplikasi menemukan lagu yang cocok.

Untuk Shazam, saat itu aLez mencoba mencari sebuah lagu China melalui potongan suara yang hanya memiliki durasi 7 detik. Namun, Shazam dapat dengan mudah menemukan lagu tersebut yang ternyata berjudul Zui Mei Qing Lu atau Most Beautiful Couple.

Sebaliknya, SoundHound tidak dapat menemukan apapun meskipun telah dicoba berkali-kali dan ini sangat disayangkan mengingat SoundHound dapat mencari lagu hanya dengan dengungan nada saja.

Hal ini bukan disebabkan oleh durasi potongan suara yang terlalu sebentar melainkan tidak semua lagu dapat dikenali oleh SoundHound karena ketika dicoba menggunakan potongan suara dari lagu berbahasa Inggris yang terkenal, walaupun durasinya hanya 5 detik, tapi SoundHound dapat mengenalinya dengan cepat namun tidak untuk lagu berbahasa Mandarin atau China.

Kesimpulannya, apabila dilihat dari penjelasan di atas maka dapat kita lihat perbedaannya yaitu :

  • Shazam dapat menemukan lagu dengan berbagai bahasa sedangkan SoundHound tidak.

  • SoundHound dapat mencari lagu menggunakan dengungan nada tapi Shazam tidak.

  • Keduanya dapat menemukan lagu melalui potongan suara berdurasi di atas 5 detik.

Catatan terakhir yaitu mengenai Shazam yang telah diakuisisi oleh Apple Inc yang mungkin berdampak pada kemajuan aplikasi ini di mana untuk mencari lagu hanya melalui potongan suara, nada ataupun musik saja akan lebih mudah lagi ditemukan.

Itu dikarenakan Apple Inc selaku pemilik merk iPhone yang juga memiliki koleksi musik yang dikenal sebagai iTunes telah menghubungkan iTunes dengan aplikasi Shazam.

© aLez

Tentang Penulis :

Hai, Saya adalah seorang blogger yang senang mempelajari berbagai macam hal, terutama seni, teknologi, dan ilmu pengetahuan umum. Saya membuat blog ini bertujuan untuk berbagi hal yang bermanfaat, termasuk hal yang telah saya pelajari.

Artikel Terkait

Post Terbaru Post Sebelumnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar