Cara mengatasi Windows Defender is blocked by group policy dan menghapus virus Cloudnet Epicnet secara tuntas

Kesalahan yang terjadi pada komputer Windows yang memunculkan pesan "Windows can't access the specified device, path, or file. You may have not the appropriate permissions to access the item" bisa disebabkan oleh banyak hal termasuk juga oleh virus malware.

Program penyebab Windows Defender tidak bisa dibuka

Hal ini berdasarkan pengalaman pribadi baru-baru ini di mana komputer netbook Windows 7 yang digunakan tak dapat membuka seluruh software yang berkaitan dengan keamanan seperti Malwarebytes bahkan juga Windows Defender karena ketika akan membuka kedua software tersebut justru malah muncul pesan "Windows can't access the specified device, path, or file. You may have not the appropriate permissions to access the item." Dan software pun tak dapat dibuka.

Kejadian ini berawal saat komputer digunakan mendownload software untuk merekam layar desktop. Setelah diinstal untuk kemudian dibuka ternyata software tersebut tidak bekerja dengan baik. Justru malah membuat komputer menjadi hang dan berubah warna menjadi agak kekuning-kuningan sehingga satu-satunya cara untuk menghentikannya yaitu hanya dengan mematikan komputer secara paksa.

Setelah mencari tahu di internet, ternyata software tersebut sudah dihentikan pengembangannya dan banyak pengguna yang mengeluh dan melaporkan bahwa software tersebut ternyata mengandung virus malware.

Lalu aLez pun langsung membuka software Malwarebytes dengan maksud untuk men-scan malware tersebut. Akan tetapi, software Malwarebytes ternyata tidak dapat dibuka. Begitupun dengan Windows Defender yang juga sama-sama tidak dapat dijalankan dan keduanya malah memunculkan pesan "Windows can't access the specified device, path, or file. You may have not the appropriate permissions to access the item" saat dibuka.

Uninstall program penyebab Windows Defender tidak bisa dibuka menggunakan Software Uninstaller

Pada daftar program yang terinstal, di sana terdapat Cloudnet oleh Epicnet yang mana aLez merasa tidak pernah menginstal program tersebut. Lalu setelah dicari di internet, ternyata program tersebut adalah positif malware.

Kemudian aLez mencoba menghapusnya menggunakan software Advanced Uninstaller Pro 12 dan juga IOBit Uninstaller yang dapat meng-uninstall program Windows hingga tuntas ke akarnya bahkan meskipun berstatus Free Trial.

Dan pada kenyataannya memang software Uninstaller tersebut dapat menghapus program hingga ke akarnya termasuk file yang terdapat di file registry.

Akan tetapi, program Cloudnet Epicnet ini kembali lagi dengan sendirinya bahkan dia mampu menginstal sendiri secara otomatis walaupun telah berkali-kali dihapus menggunakan software Uninstaller.

Sempat putus asa juga dengan kondisi seperti ini karena selain banyak iklan muncul di hasil pencarian saat browsing menggunakan browser, juga kinerja komputer menjadi lambat.

Tadinya ada niat untuk menginstal ulang Windows 7 di komputer, akan tetapi beberapa ahli dari forum Microsoft mengatakan bahwa Windows Defender lah yang dapat mengatasi masalah tersebut.

Cara manual memperbaiki Windows Defender tidak bisa dibuka

Setelah berpikir keras untuk mencari tahu bagaimana caranya supaya Windows Defender dapat dibuka dan dijalankan, lalu muncullah inisiatif untuk membuka Windows Defender secara langsung dari manager file atau Windows Explorer dengan menjalankannya dari file MSASCui.exe dari folder Windows Defender.

Akan tetapi, muncul peringatan baru yaitu "This program is blocked by group policy. For more information, contact your system administrator. (Error Code: 0x800704ec)".

Maka saat itu pun aLez langsung mencari cara membuka Windows Defender yang diblok melalui pencarian Google di mana pada hasil penelusuran terdapat sebuah blog luar negeri yang membahas tentang berbagai cara untuk membuka Windows Defender yang diblok termasuk di dalamnya terdapat cara mengatasi "This program is blocked by group policy. For more information, contact your system administrator. (Error Code: 0x800704ec)".

Kemudian artikel tersebut aLez baca untuk kemudian dipraktikkan dengan hasil yang luar biasa yaitu Windows Defender dapat dibuka dan dijalankan untuk men-scan virus malware hingga akhirnya kedua pesan kesalahan itu pun sudah tidak pernah muncul lagi sehingga Windows Defender dapat mendeteksi seluruh virus malware yang ada di komputer.

Virus malware Cloudnet Epicnet penyebab Windows Defender tidak bisa dibuka

Baik, sebelum memberitahu cara membuka Windows Defender yang diblok, baiknya ketahui terlebih dahulu beberapa akibat yang disebabkan oleh virus malware Cloudnet Epicnet.

  • Cloudnet Epicnet dapat dihapus oleh program Uninstaller manapun. Akan tetapi, dia akan kembali dengan menginstal dirinya sendiri secara otomatis saat komputer kembali menyala ataupun setelah komputer restart.

  • Program malware ini memperlambat kinerja komputer dan memasukkan iklan di hasil pencarian search engine manapun, baik itu Google, Bing dan yang lainnya.

  • Program ini pun secara otomatis memblok semua antivirus pada komputer termasuk Windows Defender di mana ketika program-program antivirus tersebut dibuka maka akan muncul pesan "Windows can't access the specified device, path, or file. You may have not the appropriate permissions to access the item" yang terlihat seolah-olah bahwa kita bukan Administrator komputer.

  • Program Cloudnet Epicnet dapat mengecualikan diri dari daftar scan Windows Defender. Sehingga untuk itu, kamu harus melihat opsi pada Windows Defender karena program ini telah mengaturnya untuk keuntungan dirinya sendiri.

  • Mengendalikan browser default dan mengubah mesin pencarian menjadi mesin pencarian asing, aneh dan tidak dikenal.

Okay, sebenarnya terdapat banyak cara untuk membuka Windows Defender yang diblok oleh program malware. Namun, hanya cara satu ini yang berhasil dipraktikkan.

Cara memperbaiki Windows Defender yang diblok dan menghapus virus malware Cloudnet Epicnet hingga tuntas

1. Ketik dan tahan tombol Windows diikuti tombol R hingga muncul popup. Lalu ketikkan regedit, kemudian tekan tombol Enter.

Atau boleh juga dengan menekan logo Windows Orb/Start di pojok kiri bawah lalu ketikkan regedit. Pilih dan klik regedit.exe yang muncul.

2. Pada halaman Registry Editor, pergi ke HKEY_LOCAL_MACHINE » SOFTWARE » Policies » Microsoft » Windows Defender.

3. Pastikan kamu mengklik pada folder Windows Defender. Lalu lihat pada kolom sebelah kanan, apabila di sana terdapat kunci atau key DisableAntiSpyware maka hapus saja. Setelah itu, Windows Defender pun dapat kembali dibuka dan dijalankan.

Apabila cara di atas tidak berhasil membuka Windows Defender dan masih terdapat pesan "This program is blocked by group policy. For more information, contact your system administrator. (Error Code: 0x800704ec)" ataupun pesan "Windows can't access the specified device, path, or file. You may have not the appropriate permissions to access the item" maka kamu boleh lakukan cara lainnya yang boleh kamu baca dari sumbernya di sini : Windows Defender is turned off by Group Policy

4. Bila Windows Defender telah dapat dibuka lalu jalankan saja untuk kemudian melakukan scan terhadap komputer dan pastinya akan terdapat banyak sekali virus malware, adware, trojan dan PUP yang terdeteksi. Kemudian bersihkan virus tersebut.

5. Jangan berhenti sampai di situ karena untuk menghapus program seperti Cloudnet Epicnet tidak boleh hanya satu kali proses scan melainkan dua kali atau lebih banyak akan lebih baik lagi.

Maka dari itu, apabila program Cloudnet Epicnet masih terinstal di komputer, kamu langsung saja uninstall menggunakan software Uninstaller manapun yang kamu suka untuk digunakan supaya seluruh file yang bersangkutan benar-benar hilang dari komputer.

Setelah itu, gunakan software Malwarebytes Anti Malware untuk membersihkan file malware yang berpura-pura sebagai program buatan Microsoft seperti contohnya windefender.exe yang namanya mirip dengan Windows Defender.

Untuk diketahui bahwa software Malwarebytes Anti Malware ini merupakan software yang powerfull untuk mendeteksi program malware yang tersembunyi di komputer karena program-program malware tersebut menyatu dengan program system Windows yang sulit untuk kita cek secara manual bahkan terkadang program malware pun memiliki nama yang mirip dengan program buatan Microsoft.

Akan tetapi, Malwarebytes Anti Malware tetap dapat mendeteksinya yang tentu saja harus dipadukan juga dengan Windows Defender untuk hasil yang maksimal.

Software Malwarebytes Anti Malware dapat diunduh dan digunakan secara gratis karena Malwarebytes memberikan lisensi Free Trial 30 hari bagi para pengguna untuk mencobanya.

Atau kamu boleh membeli lisensi dengan harga yang telah ditentukan agar dapat menggunakan Malwarebytes Full Version dengan fitur Premium.

Kamu boleh mendownload Malwarebytes Anti Malware dari sumbernya di sini : Malwarebytes Anti Malware

Okay, itu saja beberapa informasi yang berasal dari pengalaman pribadi yang mudah-mudahan bermanfaat.

© aLez

Tentang Penulis :

Hai, Saya adalah seorang blogger yang senang mempelajari berbagai macam hal, terutama seni, teknologi, dan ilmu pengetahuan umum. Saya membuat blog ini bertujuan untuk berbagi hal yang bermanfaat, termasuk hal yang telah saya pelajari.

Artikel Terkait

Post Terbaru Post Sebelumnya

2 komentar:

  1. Bukankah ada program malwarebytes chameleon untuk membuka malwarebytes yang terblokir oleh virus?
    Admin sudah mencoba atau belum?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Program tersebut memang ada, tapi alezstar belum mencoba karena :
      1 Menghindari untuk menginstal program lain yang sejenis
      2 Melihat di beberapa forum seperti reddit, tampaknya banyak sekali yang mengalami ketidaknyamanan saat menggunakan Chameleon

      Hapus