Keunggulan Google Chrome desktop

Keunggulan browser-browser umum dari perusahaan teknologi besar telah dibahas di postingan sebelumnya. Dan kali ini giliran pembahasan tentang Google Chrome yang mana browser ini merupakan produk buatan Google Inc yang banyak digunakan oleh pengguna internet di seluruh dunia.

Tapi walaupun begitu, mungkin tak sedikit pula para pengguna yang tidak mengetahui adanya fitur andalan yang dimiliki oleh Google Chrome yang dapat menguntungkan terutama untuk pengguna yang berada di beberapa negara dengan pembatasan internet.

Simak artikelnya sampai akhir dan klik juga tautan artikel yang disarankan di bagian bawah. Lalu cobalah berpikir agak keras untuk mengaitkan artikel ini dengan artikel pada postingan yang ada dalam tautan karena sebenarnya artikel ini bersifat implisit.

Keunggulan Google Chrome menurut pengalaman

Dapat mengkustomisasi mesin penelusuran di address bar yang maksudnya yaitu kita boleh menambahkan alamat penelusuran lain selain google.com bahkan alamat penelusuran tersebut dapat dijadikan sebagai alamat default ketika kita mencari sesuatu di internet melalui address bar dan bukan hanya melalui kolom pencarian.

Lebih spesifiknya seperti ini, ketika kamu mengetikkan kata pencarian di address bar maka hasil penelusuran yang didapat akan menunjukkan alamat https://www.google.com/ dan sederet parameter lainnya pada address bar.

Sedangkan apabila kamu lihat pada gambar di bawah menunjukkan bahwa hasil penelusuran menampilkan alamat https://www.google.com.sg/ dan sederet parameter lainnya.

Gambar Ilustrasi : Google

Hasil tersebut bersifat otomatis karena telah diatur sedemikian rupa pada menu di setelan Google Chrome.

1. Untuk melakukannya, kamu boleh masuk ke menu opsi pada browser Google Chrome dengan menekan tombol berlogo tiga titik di pojok sebelah kanan atas.

2. Kemudian pilih Setelan.

3. Pada versi lama, gulir ke bawah hingga menemukan menu pengaturan Mesin Telusur. Sedangkan pada versi baru, pilihan Mesin Telusur terletak di deretan menu sebelah kiri.

4. Pilih Kelola mesin telusur.

5. Setelah muncul halaman submenu yang menampilkan menu Mesin telusur default, kemudian klik tombol Tambahkan yang letaknya berada di bagian bawah lalu buat alamat penelusuran yang kamu kehendaki.

Caranya seperti ini :

  • Pada kolom 'Mesin telusur', isi dengan Google SG

  • Pada kolom 'Kata kunci', isi dengan google.com.sg

  • Pada kolom 'URL dengan %s sebagai ganti kueri' isi dengan https://www.google.com.sg/search?q=%s&PC=U316&FORM=CHROMN yang mana nilai ini sama dengan nilai yang ada pada mesin telusur Bing

  • Simpan setelan dengan mengklik tombol Tambahkan maka kamu akan dibawa kembali ke halaman 'Mesin telusur default'.

Mesin telusur custom baru yang telah kamu buat tadi, sekarang telah muncul di daftar mesin telusur dengan nama Google SG.

Untuk membuatnya menjadi default supaya hasil penelusuran pada address bar menjadi sama seperti pada gambar yang dimaksud di atas maka kamu hanya perlu menekan tiga titik di sebelah kanan mesin telusur custom buatan kamu.

Setelah muncul pilihan maka pilih saja Jadikan default sehingga alamat penelusuran akan otomatis berubah menjadi alamat yang telah diatur tadi.

Q : Lalu apa keuntungannya dengan mengubah alamat address bar pada Google Chrome?

A : Mungkin kamu akan terinspirasi dengan postingan ini : Solusi jika tidak bisa menonaktifkan Google Safe Search Mode

Sejauh yang aLez coba, ternyata fitur tersebut hanya dapat diterapkan pada browser Google Chrome saja dan tidak pada browser lainnya seperti Mozilla Firefox, Opera Browser ataupun Baidu Browser sehingga hal tersebut merupakan keunggulan tersendiri untuk Google Chrome.

UPDATE : Browser Yandex versi terbaru juga memiliki fitur ini. Silakan dicoba.

Salah satu kelebihan Google Chrome lainnya adalah jarang menampilkan halaman reCaptcha di mana hal ini cukup sering terjadi pada browser lain apabila ketika kita melakukan browsing di Google, kemudian alamat IP jaringan internet kita secara tiba-tiba berubah otomatis maka Google akan menampilkan halaman reCaptcha dengan URL google.com/sorry.

Keunggulan lainnya yaitu menurut pengguna lain yang mengatakan bahwa browser Google Chrome dapat mendeteksi serta menghapus program pembawa virus malware di komputer yang dapat diakses melalui Opsi (tombol tiga titik) » Setelan » Lanjutan » Reset dan bersihkan » Bersihkan komputer.

Akan tetapi hingga saat ini aLez tidak pernah berhasil menggunakan fitur ini. Justru yang terjadi adalah error saat digunakan, entah apa penyebabnya.

Satu terakhir yang menjadi keunggulan browser Google Chrome yaitu tersedianya fitur inspect element yang dapat diakses melalui Opsi (tombol tiga titik) » Fitur lainnya » Alat pengembang yang mana fitur ini juga terdapat di browser lainnya.

Akan tetapi, apabila menggunakan Google Chrome dan Mozilla Firefox tentu akan lebih nyaman dan mudah digunakan dibandingkan browser lain.

Itu saja fitur andalan Google Chrome yang juga merupakan sebuah keunggulan dibandingkan dengan browser lain yang dapat dibagikan kali ini dan fitur tersebut hingga artikel ini dibuat (12 Juni 2019) masih bekerja dengan baik.

© aLez

Tentang Penulis :

Hai, Saya adalah seorang blogger yang senang mempelajari berbagai macam hal, terutama seni, teknologi, dan ilmu pengetahuan umum. Saya membuat blog ini bertujuan untuk berbagi hal yang bermanfaat, termasuk hal yang telah saya pelajari.

Artikel Terkait

Post Terbaru Post Sebelumnya

2 komentar:

  1. kenapa setelah alamat yangdicari muncul. tetap tidak bisa dibuka saat diklik. bagaimanasarannya min. trimshihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba situs stopcensoring(dot)me, untuk membuka situs yang terblokir,
      Semoga berhasil

      Hapus