Keunggulan Mozilla Firefox dan Yandex Browser

Setelah sebelumnya sudah membahas tentang keunggulan browser Baidu dan Opera Browser maka kali ini adalah giliran Mozilla Firefox dan juga Yandex browser yang mana kedua browser ini memiliki keunggulan yang hampir sama.

Walaupun kedua browser ini berasal dari dua perusahaan yang berbeda akan tetapi terdapat kemiripan dalam fitur yang disertakan yang mana fitur tersebut tak hanya tersedia pada browser komputer saja melainkan pada Android juga tentunya.

UPDATE : Seiring perkembangan teknologi dan pembaruan versi, kedua browser ini mulai menampakkan perbedaan yang cukup jauh.

Fitur dan layanan mungkin akan berbeda seiring pembaruan yang dilakukan oleh masing-masing pemilik layanan teknologi yang bersangkutan.

Kedua browser memiliki keunggulan yang sama yaitu Mode Pembaca yang mana Mode Pembaca ini dapat mengubah tampilan halaman artikel sebuah situs atau blog menjadi lebih sederhana yang hanya menampilkan artikel dan gambar saja tanpa ada tab dan fitur-fitur situs lainnya bahkan iklan pun menghilang dari halaman Mode Pembaca tersebut.

Akan tetapi, terkadang ada juga beberapa situs yang tak dapat dimuat pada Mode Pembaca dengan ditandai oleh icon Mode Pembaca hilang dari tempatnya sehingga apabila kamu mendapati icon Mode Pembaca tersebut menghilang ketika kamu mengakses sebuah situs maka itu berarti halaman situs tersebut tidak tersedia dalam Mode Pembaca atau tidak dapat dilihat menggunakan Mode Pembaca.

Gambar Ilustrasi : BBC

Untuk dapat menggunakan Mode Pembaca, kamu hanya perlu melihat icon Mode Pembaca di atas sebelah kanan kolom penelusuran. Klik icon tersebut maka halaman situs yang sedang dikunjungi akan dimuat ulang untuk kemudian masuk ke Mode Pembaca.

Browser Yandex

Browser Yandex memiliki tombol bookmark khusus bernama Collection button yang fungsinya sama dengan tombol add to bookmark di browser lain yaitu menambahkan item ke bookmark, hanya disajikan secara berbeda yaitu tombol collection ini akan muncul disetiap gambar atau video yang disorot mouse jika pada versi desktop.

Gambar Ilustrasi : Google

Sedangkan apabila kamu ingin mengubah bahasa menu dan browser di Yandex, kamu boleh mengubah akhiran domain dari yandex.ru ke yandex.com karena Yandex secara default menggunakan bahasa Rusia dengan domain yandex.ru dan kamu hanya perlu mengubahnya menjadi yandex.com agar bahasa berubah menjadi bahasa Inggris.

Selama menggunakan browser Yandex, aktifitas browsing dirasa sangat cepat karena browser ini cukup ringan. Terutama ketika digunakan menonton video Youtube melalui Bing.

Khusus untuk versi komputer, Yandex memiliki keunggulan seperti Google Chrome yaitu dapat menentukan mesin penelusuran sendiri di mana hal ini dapat membantu kita menonaktifkan Google SafeSearch.

Caranya yaitu dengan masuk ke menu pengaturan, kemudian cari pengaturan untuk mesin telusur.

Setelah masuk menu mesin telusur, klik Add hingga muncul form untuk menambahkan mesin telusur custom.

  • Isikan nama apapun untuk menamai mesin telusur custom ini pada kolom Name. Misalkan itu akan diisi dengan nama My Google atau bahkan dengan nama Google Khusus pun boleh.

  • Pada kolom Key, masukkan https://google.com.sg

  • Lalu pada kolom terakhir, isi dengan https://www.google.com.sg/search?q=%s&PC=U316&FORM=CHROMN untuk kemudian klik tombol Add.

Setelah itu, sorot pada mesin telusur khusus yang baru saja dibuat yang mana itu akan ditandai dengan nama yang tadi telah kamu tentukan. Lalu pada pilihan yang muncul, pilih Set as default.

Selanjutnya, silakan coba browsing untuk mencari kata-kata 'tertentu'. Kata pencarian boleh dimasukkan melalui kolom pencarian maupun address bar.

Pada Yandex versi komputer juga memiliki fitur screenshot atau tangkapan layar yang boleh dijadikan sebagai alat tangkapan layar default komputer.

Untuk mengaturnya, kita bisa pergi ke pengaturan browser.

  • Gulir ke bagian bawah hingga menemukan bagian Screenshots.

  • Kemudian aktifkan tanda centang pada pilihan Allow the browser to take screenshots.

  • Selanjutnya atur tombol yang akan digunakan untuk melakukan screenshot pada pilihan Use keyboard shortcuts.

  • Selesai, sekarang coba lakukan screenshot pada layar komputer.

Setelah kita melakukan screenshot maka Yandex akan secara otomatis membuka editor foto miliknya. Di sini kita dapat mengedit hasil tangkapan layar sebelum menyimpannya.

Walaupun fitur yang tersedia pada editor foto Yandex sangat sederhana atau boleh dikatakan standar, namun itu sudah cukup bagus karena di sana juga tersedia fitur untuk menambah teks.

Salah satu hal yang membuat kurang nyaman pada versi komputer dari Yandex ini adalah saat memutar video yang alamat URL videonya langsung dari sumber. Tampilan tombol navigasi pemutar videonya jelek.

Pada versi Android, khususnya Yandex browser Alpha, menu-menu browser tampak agak aneh dan bahkan sangat berbeda dari browser pada umumnya sehingga untuk yang baru menggunakannya mungkin akan kebingungan dan harus beradaptasi.

Terlepas dari itu, baik versi komputer maupun smartphone Android, Yandex browser memiliki kecepatan yang baik, bahkan kecepatan download pun cukup dapat diandalkan.

Mozilla Firefox

Firefox dapat dengan mudah mengubah alamat IP browser, baik di komputer maupun di handphone Android.

Jadi, apabila kita mengubah alamat IP di browser Firefox maka yang berubah hanyalah alamat IP browser Firefox saja sedangkan browser lainnya tidak.

Khusus untuk Firefox versi komputer, browser ini memiliki Developer tools dengan menu yang berbeda dari Google Chrome sehingga bagi yang belum terbiasa mungkin akan terasa asing.

Tapi kamu boleh bandingkan lebih nyaman menggunakan Developer tools mana, apakah Google Chrome atau Firefox karena kedua browser ini merupakan pilar utama dalam pengembangan desain web untuk menguji CSS vendor prefix Moz dan Webkit.

Salah satu keunggulan Firefox yang masih aLez suka hingga saat ini yaitu dapat menginstal ekstensi Universal Bypass untuk melewati pemendek URL, baik di Firefox komputer maupun Android. Di mana browser lainnya tidak dapat melakukannya.

UPDATE : Universal Bypass sudah berganti nama. Silakan lihat artikel blog ini pada postingan yang membahas tentangnya.

Sebagai informasi lainnya, aLez beritahukan bahwa browser Firefox tidak dapat mengcustom bahasa atau dengan kata lain tak dapat mengubah bahasa menu menjadi bahasa lain.

Contoh :

Apabila kamu mengubah bahasa di pengaturan Firefox dari bahasa Indonesia menjadi bahasa Inggris maka yang akan berubah justru bahasa di penelusuran saja sedangkan bahasa di browser termasuk bahasa menu dan fitur akan tetap bahasa Indonesia.

Sehingga untuk dapat mengubah bahasa menu dan fitur, kamu harus meng-uninstal browser Firefox yang sedang digunakan kemudian instal browser Firefox versi bahasa Inggris dengan mendownloadnya terlebih dahulu.

Di bawah ini terdapat link download untuk masing-masing browser Firefox bahasa Indonesia dan bahasa Inggris untuk memudahkan kamu menginstal versi yang diinginkan.

Mozilla Firefox bahasa Indonesia

Mozilla Firefox bahasa Inggris

Hingga artikel ini dibuat (11 Juni 2019) kedua browser masih menampilkan fitur Mode Pembaca yang mana fitur ini tidak terdapat pada browser lain sehingga hal ini menjadi sebuah keunggulan tersendiri untuk kedua browser tersebut.

© aLez

Tentang Penulis :

Hai, Saya adalah seorang blogger yang senang mempelajari berbagai macam hal, terutama seni, teknologi, dan ilmu pengetahuan umum. Saya membuat blog ini bertujuan untuk berbagi hal yang bermanfaat, termasuk hal yang telah saya pelajari.

Artikel Terkait

Post Terbaru Post Sebelumnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar