Keunggulan mesin penelusuran Google

Pasti kamu lebih sering menggunakan mesin pencarian Google dibandingkan lainnya karena memang search engine Google lebih bersahabat dalam artian mudah digunakan.

Apabila dilakukan perbandingan dengan mesin penelusuran lain maka sudah tentu Google pun akan memiliki kekurangan dan kelebihan yang berdasarkan pada kenyamanan dan kepuasan penggunaan.

Fitur dan layanan mungkin akan berubah seiring pembaruan yang dilakukan oleh pihak Google.

1. Mesin pencarian Google terlalu ketat dalam hal penyensoran terutama di beberapa negara di mana pengaturan untuk mode penelusuran aman atau Mode Safe Search tidak dapat dinonaktifkan bagaimanapun caranya kecuali dengan menggunakan VPN atau dengan trik khusus seperti pada postingan ini : Solusi jika tidak bisa menonaktifkan Mode Safe Search Google.

Hal ini boleh jadi membuat Google berstatus sebagai mesin penelusuran yang cukup aman dari konten tabu sehingga baik anak-anak maupun dewasa tak perlu khawatir mengenai hasil penelusuran yang ditampilkan karena tidak akan mengandung konten dewasa bahkan kata-kata bersifat tabu pun diblokir.

2. Hasil penelusuran untuk satu kata kunci terlalu melimpah atau banyak sehingga beberapa kata kunci pencarian tidak tepat pada sasaran.

Contoh :

Kita mengetikkan kalimat "Cara menonaktifkan Mode Safe Search". Hasil yang muncul terkadang banyak yang tidak sesuai dengan topik yang bersangkutan, akan tetapi masih berhubungan.

Hal tersebut boleh jadi merupakan keunggulan karena hasil pencarian tak hanya menampilkan hasil yang sesuai melainkan juga menampilkan hasil yang berhubungan atau artikel terkait.

Tapi sayangnya, terkadang Google tidak dapat menyaring blog palsu atau blog spam yang isinya hanya menampilkan kata pencarian saja tanpa ada artikel yang bersangkutan di dalamnya. Sebagai gantinya justru blog tersebut malah menawarkan untuk membaca artikel lain.

3. Walaupun demikian, Google masih lebih baik dalam menampilkan hasil penelusuran yang dicari melalui kata-kata.

4. Selain itu terdapat keunggulan lain dalam hal penelusuran gambar yang mana hasil penelusuran akan menampilkan gambar yang banyak yang saling berhubungan di mana hal ini sepertinya dikarenakan dampak dari poin nomor 2 di atas yaitu hasil pencarian menampilkan hasil yang berkaitan.

5. Tak cuma itu, tampilan gambar juga sangat sederhana, ringan, mudah dipahami serta mudah digunakan baik dalam mode komputer maupun handphone.

6. Penelusuran gambar di images.google.com pun memberikan hasil cukup memuaskan dibandingkan search engine lain serta untuk fitur penelusuran suara, Google masih yang terbaik.

7. Dikarenakan Google terintegrasi dengan iklan maka hasil penelusuran produk atau suatu barang akan menampilkan cuplikan katalog produk dari situs belanja online. Tak hanya itu, jika kita mengetikkan kata pencarian yang berhubungan dengan konten berita maka hasil yang ditampilkan teratas adalah cuplikan artikel dari situs berita.

Akan tetapi untuk hasil penelusuran video, Google tak seindah Bing di mana hasil penelusuran video hanya menampilkan cuplikan artikel saja dan tidak dapat diputar secara langsung.

Kekurangan yang paling disayangkan adalah seringnya Google memunculkan halaman sorry atau halaman reCaptcha yang menampilkan kotak reCaptcha apabila provider seluler yang kita gunakan mengganti alamat IP yang mana hal ini hanya berlaku di mesin pencarian Google saja, tidak pada mesin penelusuran lain.

Itu saja informasi sederhana yang dapat dapat dibagikan menurut pengalaman yang mudah-mudahan dapat memberikan inspirasi serta wawasan juga manfaat. Dan untuk membandingkannya kamu boleh baca postingan ini : Keunggulan mesin pencarian Bing.

© aLeziana

Tentang Penulis :

Hai, Saya adalah seorang blogger yang senang mempelajari berbagai macam hal, terutama seni, teknologi, dan ilmu pengetahuan umum. Saya membuat blog ini bertujuan untuk berbagi hal yang bermanfaat, termasuk hal yang telah saya pelajari.

Artikel Terkait

Post Terbaru Post Sebelumnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar