Menyembuhkan luka secara alami menggunakan getah batang daun pisang

Artikel kesehatan kali ini masih memiliki topik yang sama dengan artikel kesehatan sebelumnya yaitu mengenai obat tradisional karena memang aLez hingga saat ini masih dan selalu melakukan pengobatan secara alami menggunakan obat tradisional.

Lalu obat tradisional apa yang dibahas kali ini?

Adalah getah dari batang daun pohon pisang yang dapat dijadikan sebagai penyembuh luka. Iya, getah yang berasal dari batang daun pisang tersebut dapat membantu menyembuhkan luka secara cepat khususnya luka ringan yang cukup membuat perih seperti misalnya luka gores atau luka sayat.

Sebenarnya banyak sekali tutorial di internet yang membahas tentang cara menyembuhkan atau mengobati luka dengan cara alami menggunakan obat tradisional yang berasal dari bahan-bahan alami, akan tetapi tak semuanya berhasil bahkan banyak di antaranya yang tidak terbukti.

Hal tersebut dikarenakan penulis tutorial tidak pernah mempraktikkan apa yang mereka tulis dan dengan kata lain itu berarti bahwa mereka asal menulis tanpa tahu kebenarannya.

Berbeda dengan tutorial di artikel ini yaitu tentang manfaat getah pisang yang terkandung di dalam batang daun pisang (orang Sunda sering menyebutnya dengan 'geutah cau') yang dapat digunakan untuk menyembuhkan luka. Dan cara ini tentu saja telah melalui praktek pada kenyataannya karena cara ini pun masih sering dilakukan oleh aLez hingga saat ini.

Manfaat getah pisang untuk menyembuhkan luka

Baiklah, kita kembali ke topik pembahasan utama yaitu manfaat getah pisang untuk menyembuhkan luka.

Cara ini didapatkan dari orang tua yang mana orang tua zaman dulu itu terkenal ahli dalam hal pengobatan tradisional menggunakan bahan alami. Dan benar saja karena ternyata menurut para ahli di bidangnya yang dapat dengan mudah ditemukan di banyak sumber terpercaya melalui artikel di internet, mengatakan bahwa getah pisang mengandung zat-zat seperti berikut ini :

  • Saponin yang berfungsi untuk membantu pembentukan pembuluh darah baru

  • Flavonoid berfungsi sebagai penyingkat fase peradangan dan pencegah infeksi

  • Asam askorbat berfungsi sebagai pembentuk jaringan ikat kolagen

Cara mengobati dan menyembuhkan luka menggunakan getah pisang

Jenis luka yang dapat disembuhkan oleh getah pisang

  • Pertama pastikan luka yang diderita adalah luka ringan seperti tergores pisau, pecahan kaca atau benda lainnya, luka karena terjatuh, tertusuk benda tajam dan ataupun luka lecet.

  • Sedangkan untuk luka yang disebabkan oleh kuman, bakteri atau sejenis virus lainnya kemungkinan untuk bisa disembuhkan oleh getah pisang akan tidak mungkin atau tidak bisa.

  • Apabila luka yang diderita sama persis seperti yang telah disebutkan di atas maka langsung saja ikuti tutorialnya di bawah ini.

Cara pengobatan luka menggunakan getah pisang

1. Basuh dan bersihkan luka. Namun akan lebih baik jika kita membasuhnya dengan segera sesaat setelah kita menyadari bahwa kita sedang terluka.

Hal ini dimaksudkan supaya tidak terlalu perih saat membersihkan luka karena bagian tubuh yang terluka biasanya masih terasa beku atau mati rasa (Sunda : baal) ketika luka baru saja terjadi.

Tak hanya itu, membersihkan luka juga berfungsi untuk membersihkan kuman dan bakteri yang nantinya bisa menyebabkan infeksi pada luka.

2. Carilah pohon pisang yang batang serta daunnya tampak bagus dan sehat, dalam arti tidak kering. Usahakan dari jenis pisang Manggala. Namun apabila tidak ada, maka boleh memilih pisang jenis apapun yang terpenting batang daunnya masih bagus dan pilih yang tidak terlalu besar maupun terlalu kecil.

Kemudian potong batang daun tersebut di bagian yang dekat dengan pelepah pohon (gedebog, Sunda : gebog) dan potong batang daun tersebut hingga putus.

3. Tempelkan dengan segera ujung batang daun pisang tersebut pada bagian tubuh yang luka sebelum getahnya mengalir terbuang lalu diamkan saja beberapa menit sambil menekan ujung batang daun pisang tersebut supaya getahnya mengalir keluar membasahi luka.

Bila pohonnya pendek dan mampu dijangkau oleh bagian tubuh yang terluka maka akan lebih baik lagi jika luka tersebut ditempelkan ke sisa potongan batang pohon yang biasanya mengalirkan banyak getah.

Cara tersebut biasanya akan menimbulkan rasa sakit yang luar biasa pada saat proses pengobatan yang dilakukan seperti di atas berlangsung. Bahkan beberapa orang yang pernah ditemui banyak yang melakukannya sambil menjerit kesakitan.

Tapi tenang saja karena rasa sakit yang ditimbulkan tidak berpengaruh buruk apapun pada kesehatan kita selanjutnya bahkan rasa sakit tersebut hanya terjadi sebentar hanya pada saat pengobatan saja.

4. Selanjutnya, diamkan hingga getah dari batang daun pisang yang menempel pada luka telah kering dan rasa sakit pun perlahan akan hilang.

Jangan pernah membasahi ataupun membalut luka sebelum getah pisang benar-benar kering karena bila tidak maka proses penyembuhan akan berlangsung lama.

Begitulah cara menyembuhkan luka ringan menggunakan getah pisang yang hingga saat ini masih selalu aLez lakukan di rumah karena selain efisien, juga efektif menyembuhkan luka dalam beberapa jam saja.

Keuntungan lainnya dari cara alami ini yaitu luka ringan yang menganga seperti tersayat pisau akan cepat menutup kembali. Hal ini dikarenakan getah batang daun pisang mengandung zat-zat yang telah disebutkan di atas yang mana zat tersebut juga digunakan untuk membuat obat-obatan kimia yang dijual di apotek.

© aLez

Tentang Penulis :

Hai, Saya adalah seorang blogger yang senang mempelajari berbagai macam hal, terutama seni, teknologi, dan ilmu pengetahuan umum. Saya membuat blog ini bertujuan untuk berbagi hal yang bermanfaat, termasuk hal yang telah saya pelajari.

Artikel Terkait

Post Terbaru Post Sebelumnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar