Sifat manusia berdasarkan hari lahir menurut budaya Sunda

Setiap manusia memiliki sifat dasar yang tak dapat diubah melainkan hanya dapat dikendalikan di mana sifat dasar tersebut merupakan sifat alami yang dimiliki oleh manusia sebagaimana adanya yang tentu saja berbeda dengan sifat yang dimiliki oleh hewan dan tumbuhan.

Sifat tersebut pun akan menjadi hal yang sangat penting untuk membentuk karakter seorang manusia, apakah dia akan menjadi baik atau sebaliknya.

Pengertian sifat manusia berdasarkan hari lahir

Beberapa sifat dasar manusia yang dapat dengan mudah kita ingat yang didasarkan pada kata sifat di antaranya yaitu marah, iri, angkuh, subur, plinplan, kuat dan banyak lagi yang lainnya yang mungkin akan terlalu sulit untuk diingat jika disebutkan semua.

Orang Sunda yang masih memegang teguh kepercayaan leluhurnya sudah pasti akan mengetahui bahwa budaya Sunda memiliki penghitungan sendiri tentang sifat manusia yang dapat ditentukan berdasarkan hari lahir atau wedal dan masing-masing dari hari lahir (wedal) tersebut memiliki lambang tersendiri.

Hal ini digunakan untuk tujuan yang baik. Walaupun tidak mutlak, tapi setidaknya bisa dijadikan pegangan untuk hidup berdampingan secara damai dalam bermasyarakat.

Daftar sifat hari lahir

Berikut ini adalah daftar sifat hari lahir :

Hari lahir MingguSundaIndonesia
LambangMegaAwan
SifatLuhurTinggi hati, Angkuh, Sombong
Hari lahir SeninSundaIndonesia
LambangKembangBunga
SifatSeungitHarum
Hari lahir SelasaSundaIndonesia
LambangSeuneuApi
SifatPanas barananIri hati
Hari lahir RabuSundaIndonesia
LambangDaunDaun
SifatLeumpeuh yuniLemah
Hari lahir KamisSundaIndonesia
LambangAnginAngin
SifatPlinplanPlinplan
Hari lahir JumatSundaIndonesia
LambangCaiAir
SifatSuburSubur, Sejahtera
Hari lahir SabtuSundaIndonesia
LambangBumiBumi, Tanah
SifatKuat, KeukeuhKuat, Teguh pendirian

Keterangan sifat hari lahir

Di bawah ini terdapat keterangan mengenai masing-masing sifat hari lahir yang dimuat pada tabel di atas supaya para pembaca tidak salah dalam memahaminya.

Keterangan mengenai sifat lahir memiliki versi yang berbeda-beda tergantung dari tingkatan zaman dan asal daerah orang Sunda yang mempercayainya. Akan tetapi, untuk lambang dan sifat utama biasanya tidak berubah, sama halnya dengan bahasa Sunda yang memiliki kosakata berbeda-beda di setiap daerah.

Minggu

Tampak pada daftar di atas menunjukkan bahwa sebagian hari lahir memiliki sifat yang kurang baik seperti hari lahir Minggu dan Selasa.

Namun, jangan menyimpulkan hal tersebut mentah-mentah karena hari lahir Minggu pun memiliki sifat dasar lainnya yaitu tidak mau mengalah, manja, mudah marah dan setia, baik itu setia terhadap satu hal maupun pasangan.

Akan tetapi, sifat dasar yang lebih menonjol dan sangat harus dikendalikan adalah angkuh, sombong atau tinggi hati.

Maksud dari tinggi hati dan lainnya ini yaitu selalu ingin lebih baik dari orang lain atau setidaknya ingin berbeda.

Maka dari itu, hari lahir Minggu kemungkinan cocok jika bekerja di bidang yang berkaitan dengan seni. Misalnya musik, peran, desain, arsitektur dan semacamnya.

Senin

Hari lahir Senin tampak seperti hari lahir yang baik dengan lambang kembang/bunga yang memiliki sifat harum. Di mana harum ini berarti akan mudah dikenal oleh banyak orang melalui hal apapun yang dia miliki, baik itu karena kebaikan, sosialisasi, barang yang dimiliki dan hal-hal lainnya.

Akan tetapi, sama halnya dengan hari lahir lainnya, hari Senin pun mempunyai sifat lain yang harus dikendalikan. Di antaranya yaitu terlalu mudah memberi atau dalam bahasa Sunda berarti berehan sehingga tak jarang hari lahir Senin banyak tertipu oleh temannya yang curang.

Tidak mau repot dan jarang berpikir panjang adalah beberapa sifat lainnya.

Selasa

Banyak yang mengatakan bahwa hari lahir Selasa adalah pemarah besar tapi beberapa sesepuh lainnya mengatakan bahwa marah adalah sifat dasar seluruh manusia yang tidak terbatas pada hari lahir.

Walaupun dilambangkan dengan api, akan tetapi pemarah besar bukanlah sifat dasar yang paling menonjol untuk hari lahir Selasa ini melainkan panas baranan atau iri hati jika melihat seseorang yang dimaksud olehnya lebih baik darinya, baik dari segi materi maupun jabatan.

Jadi maksudnya adalah orang yang lahir pada hari Selasa bisa iri hati terhadap kesuksesan orang tertentu. Tak cuma itu, dia juga adalah pejuang yang gigih, pemikir yang handal dan baik hati pada orang yang tidak mengecewakannya.

Rabu

Leumpeuh yuni atau lemah adalah sifat yang jelas, kentara dan paling mencolok dari hari lahir Rabu karena hanya orang yang lahir pada hari Rabu saja yang memiliki sifat ini.

Lemah ini dalam arti mudah nge-drop, mudah terpengaruh, mudah tergoda, sering mengalami banyak pikiran, khawatir dan sejenisnya, sehingga tak jarang mereka mudah kesurupan.

Mudah bergaul sehingga mudah untuk memiliki kenalan baru, suka mengalah dan tidak cemburuan.

Kamis

Sama seperti lambangnya yaitu angin, hari lahir Kamis memiliki sifat seperti angin yaitu plinplan yang mana hal ini biasanya berlaku pada keputusan yang dibuat.

Hari lahir Kamis tidak dapat memegang teguh apa yang dia putuskan kecuali dia bisa mengendalikan sifat dasar tersebut.

Kurang teliti, lambat dalam berpikir adalah sifat lainnya. Akan tetapi, di balik semua itu hari lahir Kamis biasanya memiliki sifat yang cukup unik yaitu selalu berbuat baik kepada orang yang walaupun telah mengecewakannya.

Jumat

Walaupun memiliki sifat dasar subur yang berarti dapat mensejahterakan orang lain tapi hari lahir Jumat memiliki sifat lain yang sangat perlu dikendalikan.

Beberapa di antaranya yaitu mudah merajuk dan kecewa, yang mana dalam bahasa Sunda berarti pundungan.

Jika sudah begini, dia akan lebih banyak diam bahkan mengasingkan diri dengan maksud tidak ingin diganggu.

Terlalu tergesa-gesa dalam membuat keputusan, lantang atau dalam bahasa Sunda berarti pok sang sehingga terkadang tidak peduli dengan apa yang dirasakan oleh lawan bicara, cenderung menghindari orang yang telah mengecewakan.

Sabtu

Memiliki sifat dasar kuat adalah salah satu kelebihan dari hari lahir Sabtu, wajar saja jika dilambangkan dengan bumi atau tanah karena hari lahir Sabtu memiliki sifat kuat yang tak hanya dalam segi raga tapi juga jiwa.

Biasanya mereka yang lahir pada hari Sabtu memiliki pendirian yang teguh, dalam arti memaksakan kehendak, lebih banyak sehat dibandingkan sakit, lebih mudah sembuh dari sakit sehingga mereka berpeluang menjadi orang yang sukses dalam bekerja.

Rata-rata dari mereka pun memiliki sifat yang bijaksana dalam memandang suatu hal atau masalah. Tapi mereka juga terkadang over protective atau terlalu kuat dalam memiliki sesuatu, baik itu dalam hal mengatur aktifitas seseorang ataupun melindungi benda atau barang.

Kesimpulan sifat hari lahir

Ketentuan sifat lahir manusia berdasarkan hari lahir ini memang tidak bersifat mutlak. Apalagi di zaman sekarang, di mana banyak orang modern sudah tidak mempercayai budaya tradisional karena dianggap sebagai mitos. Terlebih lagi jika tanpa adanya bukti yang kuat.

Ketentuan adat tradisional Sunda ini tidak memaksa orang untuk percaya, tidak pun mewajibkan karena orang Sunda memakai hitungan seperti ini hanya untuk menjalin hubungan sosial yang harmonis dan untuk saling mengerti serta memahami sifat orang lain yang terkadang secara tidak sengaja menyinggung perasaan.

Mirip dengan poin kedua di atas yaitu sifat hari lahir sering digunakan untuk menentukan pasangan, jodoh ataupun pekerjaan karena sifat hari lahir ini termasuk ke dalam salah satu bagian dari primbon atau paririmbon Sunda.

Catatan penulis

Walaupun sebenarnya jodoh ataupun pasangan itu akan cocok dan akur apabila setiap pribadi mampu mengendalikan sifat dasar mereka agar tidak bentrok dengan sifat pasangannya, akan tetapi dikarenakan sulit, maka orang akan lebih memilih pasangan berdasarkan hari lahir sehingga untuk itulah perlunya adanya primbon semacam ini.

Kebudayaan Sunda adalah salah satu kebudayaan tradisional di Indonesia yang saat ini hampir terlupakan karena bahkan orang Sunda sendiri pun sepertinya sudah enggan melestarikan budayanya sendiri.

Entah karena alasan apa yang mendasari pemikiran ini yang pasti kemungkinan terbesarnya adalah karena pengaruh budaya modern yang masuk ke tanah Sunda.

© aLez

Tentang Penulis :

Hai, Saya adalah seorang blogger yang senang mempelajari berbagai macam hal, terutama seni, teknologi, dan ilmu pengetahuan umum. Saya membuat blog ini bertujuan untuk berbagi hal yang bermanfaat, termasuk hal yang telah saya pelajari.

Artikel Terkait

Post Terbaru Post Sebelumnya

4 komentar:

  1. Sangat Jelas Artikel'a.. Tpi saya Selaku Asli Org Sunda dari BOGOR, Rata2 Orng Bogor masih percaya adat leluhur.. BOGOR/Kerajaan Padjajaran

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih, mudah-mudahan bermanfaat untuk kita semua.
      Dan memang betul, Bogor sebagai pusat Kerajaan Padjadjaran menurut Prasasti sehingga adat leluhur harus harus dipertahankan.

      Hapus
  2. Cukup membantu bagi orang sunda yg hidu d perantauan yg jauh dari adat sunda.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Senang rasanya bila artikel ini dapat membantu, semoga bermanfaat dan sejahtera selalu ya, walaupun di perantauan. Salam Rahayu.

      Hapus