Cara mengubah alamat IP browser Mozilla Firefox Android

Pengguna layanan internet tidak bisa mengganti alamat IP melainkan hanya bisa mengubahnya menjadi alamat IP yang berbeda karena dengan mengubah alamat IP maka seolah-olah pengguna memanipulasi atau menyamarkan alamat lokasi tempat mengakses internet. Sedangkan pada akhirnya, alamat IP tersebut akan kembali ke alamat IP sebenarnya atau yang asli.

Berbeda halnya dengan mengganti, hanya penyedia jaringan internet saja yang bisa mengganti alamat IP yang kita gunakan sehingga apabila alamat IP telah diganti maka tidak akan kembali ke alamat IP sebelumnya.

Maka dari itu, pada artikel kali ini aLez akan beritahukan kamu cara mengubah alamat IP (bukan mengganti) melalui fitur pengaturan atau konfigurasi proxy di browser handphone khusus pada browser Mozilla Firefox karena pada browser Google Chrome tidak terdapat pengaturan proxy sehingga Google Chrome tidak dapat mengubah alamat IP.

Proxy adalah sebuah sistem yang memungkinkan pengguna untuk dapat mengubah alamat IP dan proxy ini disediakan oleh pelayan proxy atau proxy server.

Cara yang sama boleh diterapkan di komputer. Namun di bawah ini aLez mempraktikkannya di handphone Android.

Perlu diingat bahwa alamat IP yang berubah hanya pada browser Firefox dan tidak pada browser lainnya seperti Google Chrome, UC Browser maupun Opera Mini, dan tidak pula pada aplikasi dan layanan internet lainnya.

Mengubah alamat IP menggunakan proxy di browser Mozilla Firefox

Pertama kunjungi terlebih dahulu situs Whatsmyip untuk kemudian catat informasi mengenai alamat IP kamu yang tertera di sana. Setelah itu, ikuti langkah-langkah di bawah ini :

1. Buka browser Firefox Android.

2. Pada address bar, ketikkan US proxy 8080 https lalu kunjungi.

3. Setelah muncul hasil pencarian di Google, kemudian scroll ke bawah. Apabila terdapat situs yang menampilkan alamat IP dari proxy server dengan port 8080 disertai HTTPS maka kamu salin hanya alamat IP saja.

Apabila tak ada maka kamu harus kunjungi salah satu situs penyedia daftar proxy server online seperti ProxyNova dan lain sebagainya.

4. Selanjutnya, kembali ke address bar untuk kemudian ketikkan about:config lalu kunjungi.

5. Setelah masuk ke halaman config, ketikkan tulisan proxy di kolom pencarian maka halaman akan secara otomatis menampilkan semua pilihan dengan nama proxy.

6. Scroll ke bagian bawah untuk mencari pilihan dengan nama network.proxy.http.

7. Klik (biasanya harus mengklik dua kali/double tap) pada kolom kosong yang ada di bawah network.proxy.http kemudian tempelkan alamat IP dari proxy server yang telah disalin sebelumnya dengan cara menekan dan menahan kolom tersebut.

Tapi apabila muncul tulisan "salin namanya" maka kamu klik tombol kembali di handphone lalu ulangi menekan dan menahan kolom hingga muncul tulisan paste atau tempel.

8. Selanjutnya, pilih network.proxy.http_port lalu klik kolom kosong yang berada di bawahnya dengan cara seperti di atas, kemudian isikan angka 8080.

9. Kemudian cari pilihan dengan nama network.proxy.ssl dan network.proxy.ssl_port kemudian lakukan hal yang sama pada keduanya seperti pengisian di atas.

Selesai, sekarang kunjungi situs Whatsmyip untuk mengecek apakah alamat IP yang kamu gunakan telah berubah?

Tentu saja iya. Bahkan bukan hanya alamat IP saja yang berubah tapi juga negara, kota, serta lokasi tempat kita mengakses internet ikut berubah.

Catatan

Cara di atas sudah benar. Tapi di samping itu sering terjadi kesalahan teknis. Contohnya apabila browser menolak sambungan, itu berarti alamat IP dari proxy server yang dimasukkan bukan https karena kebanyakan situs besar seperti Google, Facebook bahkan Whatsmyip menggunakan protokol https.

Port yang baik adalah menggunakan 8080 karena selain itu terkadang tidak berhasil.

network.proxy.ssl adalah proxy untuk sambungan aman atau https.

Setelah selesai menggunakan browser, silakan kembalikan pengaturan proxy ke setelan awal dengan mengklik tombol Setel Ulang karena biasanya setelah browser ditutup untuk waktu yang lama kemudian dibuka kembali maka sambungan akan gagal dikarenakan proxy server yang digunakan biasanya tidak tersedia.

US proxy adalah proxy United States of America sehingga apabila kamu ingin mencari proxy dengan alamat IP dari negara lain ataupun Indonesia maka kamu harus mencari dengan kata kunci menurut negara. Misalnya Indonesian proxy untuk proxy Indonesia, Singapore proxy untuk negara Singapore dan seterusnya.

© aLez

Tentang Penulis :

Hai, Saya adalah seorang blogger yang senang mempelajari berbagai macam hal, terutama seni, teknologi, dan ilmu pengetahuan umum. Saya membuat blog ini bertujuan untuk berbagi hal yang bermanfaat, termasuk hal yang telah saya pelajari.

Artikel Terkait

Post Terbaru Post Sebelumnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar