Mengubah alamat IP handphone Android

Untuk mengubah alamat IP atau IP address handphone Android bisa dilakukan dengan mudah tapi tidak dengan cara sederhana seperti hanya dengan mengaktifkan Mode Pesawat pada handphone melainkan harus menggunakan alat pengubah berupa aplikasi.

Mode Pesawat tidak bisa mengubah alamat IP

Mode Pesawat pada handphone tidak bisa mengubah ataupun mengganti alamat IP karena tak ada hubungan yang benar-benar berkaitan antara keduanya.

Begini saja, di sana terdapat banyak situs untuk mengecek alamat IP yang kita sedang gunakan sehingga kita akan dengan mudah mengetahui alamat IP apabila telah berubah.

Pengertian alamat IP oleh Wikipedia

Maka untuk membuktikan apakah Mode Pesawat pada handphone dapat mengubah alamat IP atau tidak maka kamu harus kunjungi situs Whatsmyip.

1. Pertama kunjungi situs Whatsmyip.

2. Catat alamat IP yang tertera di situs tersebut karena itu adalah alamat IP asli yang sedang kamu gunakan sebelum berubah.

3. Silakan aktifkan Mode Pesawat di handphone kemudian nonaktifkan lagi hingga kembali muncul jaringan seluler.

4. Kunjungi lagi situs Whatsmyip dan lihat alamat IP yang tertera di situs apakah dia berubah?

Tentu tidak karena tak ada hubungan sama sekali antara Mode pesawat dan alamat IP. Hal ini berlaku untuk semua perangkat handphone dan provider seluler.

Akan berbeda halnya dengan modem pada perangkat komputer. Beberapa produk modem serta penyedia jaringan internet dapat mengubah alamat IP secara otomatis di mana ketika modem dilepas dan dipasang kembali maka alamat IP berubah. Bahkan tak hanya mengubah melainkan juga mengganti alamat IP secara permanen.

Contoh lain, kita akan tahu bahwa alamat IP telah berubah saat kita mengakses browser terutama browser selain Google Chrome.

Apabila muncul halaman reCaptcha saat kita melakukan pencarian di Google maka itu tandanya alamat IP yang kita gunakan telah berubah.

Beberapa cara untuk mengubah alamat IP Android

Kembali ke handphone. Maka dari itu, apabila kamu ingin mengubah alamat IP di handphone maka kamu dapat menggunakan beberapa peralatan online yang mana di antaranya yaitu VPN dan aplikasi pengubah IP/Proxy.

Sedangkan apabila kamu ingin mengubah alamat IP hanya pada browser saja maka kamu boleh gunakan fitur konfigurasi proxy seperti yang telah dijelaskan pada postingan ini : Cara mengubah alamat IP browser Mozilla Firefox Android.

Tapi sebelumnya, aLez ingin mengingatkan bahwa dengan mengubah alamat IP maka itu berarti kamu telah paham dengan apa yang kamu lakukan termasuk telah memahami persyaratan layanan dan penggunaan dari setiap layanan internet.

Hal tersebut dikarenakan terdapat beberapa akibat dari mengubah alamat IP ini. Sebagai contoh yaitu dengan mengubah alamat IP maka kamu dapat mengakses situs yang diblokir.

Akan tetapi apabila kamu mengakses Facebook maka biasanya akun kamu akan dikunci secara otomatis. Dan akibat lainnya mungkin masih banyak entah itu menguntungkan ataupun sebaliknya.

Sebagai tambahan bahwa alamat IP tidak bisa digunakan untuk memanipulasi data pribadi untuk bisnis online karena meskipun alamat IP telah berubah tapi data-data mengenai alamat perangkat yang digunakan masih tetap sama.

Mengubah alamat IP menggunakan VPN

Terdapat banyak aplikasi VPN gratis tanpa memerlukan pendaftaran dan juga tanpa akses root dengan fitur yang berbeda-beda di Play Store yang boleh kamu coba.

Akan tetapi, dikarenakan gratis maka biasanya VPN tersebut memiliki fitur yang terbatas seperti alamat IP hanya tersedia dari beberapa negara saja.

Salah satu kelebihan saat kamu menggunakan aplikasi VPN yaitu alamat IP handphone Android kamu akan berubah di seluruh layanan internet yang kamu akses, baik itu browser maupun aplikasi.

Sedangkan kekurangannya yaitu apabila jaringan internet atau bahkan server VPN yang kamu gunakan sedang turun maka koneksi akan terputus dan tentu saja alamat IP akan kembali ke asal.

Mengubah alamat IP menggunakan aplikasi pengubah IP/Proxy

Hampir sama halnya dengan VPN, hanya aplikasi pengubah IP/Proxy ini tak memiliki fitur seperti VPN pada umumnya dan tidak secanggih ataupun se-powerfull VPN.

Bahkan aplikasi semacam ini biasanya memiliki tampilan yang sangat sederhana yang mana biasanya hanya dengan satu klik maka alamat IP handphone Android kamu otomatis berubah. Dengan kata lain, kamu tak dapat memilih IP address sesuai keinginan.

Untuk Cara penginstalan dan penggunaan aplikasi-aplikasi di atas sepertinya tak perlu dijelaskan karena cara penggunaannya sangat mudah untuk dipahami bahkan oleh orang awam sekalipun.

Untuk meyakinkan kamu bahwa alamat IP telah benar-benar berubah maka kamu boleh mengeceknya di situs Whatsmyip seperti cara di atas.

Gunakan dengan bijak tanpa harus merugikan pihak lain dan semoga bermanfaat.

© aLez

Tentang Penulis :

Hai, Saya adalah seorang blogger yang senang mempelajari berbagai macam hal, terutama seni, teknologi, dan ilmu pengetahuan umum. Saya membuat blog ini bertujuan untuk berbagi hal yang bermanfaat, termasuk hal yang telah saya pelajari.

Artikel Terkait

Post Terbaru Post Sebelumnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar