Cara memasukkan file subtitle secara permanen ke dalam video menggunakan VLC

Memasukkan file subtitle di sini maksudnya yaitu memasukkan file subtitle supaya terintegrasi di dalam video, menempel, menyatu dengan video atau disebut juga sebagai hardsub. Sehingga keuntungannya yaitu ketika kamu akan menonton video maka tak perlu lagi menambahkan track subtitle eksternal, khususnya ketika video diputar di Windows Media Player yang cukup sulit dalam membaca file subtitle eksternal.

Okay sebelum lanjut ke tutorial, aLez ingin memastikan bahwa cara ini hanya berlaku di perangkat komputer dan tidak di perangkat Android.

Lalu file subtitle yang akan dimasukkan harus sudah jadi, dalam arti file tersebut adalah file subtitle untuk video yang dimaksud. Pada contoh ini menggunakan subtitle dengan ekstensi .srt, dan proses pun berjalan lancar.

Memasukkan file subtitle menggunakan VLC tidak sama dengan memasukkan file subtitle menggunakan software video editor, yang mana subtitle pada software video editor dapat diedit, sedangkan VLC tidak.

Untuk menghindari kesalahan, maka kamu boleh mengganti nama video dan nama subtitle dengan nama yang sama. Seperti contohnya nama video adalah Meow.mp4 maka nama subtitle akan menjadi Meow.srt.

Catatan :

Pastikan VLC yang kamu gunakan adalah versi terbaru.

Mohon maaf karena sebelumnya ada bagian yang terlewat pada tutorial ini sehingga banyak dari kalian yang mengalami kegagalan setelah konversi, tapi sekarang sudah dilengkapi sehingga pasti berhasil.

Beberapa waktu yang lalu, aLez menemukan kekurangan pada VLC jika menambahkan subtitle pada video hasil edit, di mana dalam hal ini video editor yang digunakan adalah AVS. Akibatnya, terdapat bagian subtitle yang waktunya tidak sesuai dengan yang telah ditentukan pada file subtitle. Sehingga apabila hal ini terjadi maka silakan gunakan software lainnya yaitu Handbrake.

Memasukkan subtitle ke dalam video menggunakan VLC

  1. Buka software VLC.

  2. Klik Media di sebelah kiri atas hingga muncul tray.

  3. Pilih dan klik Konversi/Simpan.

  4. Pada halaman baru yang muncul, klik Tambah di sebelah kanan kolom. Kemudian masukkan file video yang diinginkan untuk ditambahkan subtitle.

  5. Klik kotak di samping Gunakan file terjemahan hingga terdapat tanda ceklis. Kemudian klik tombol Lungsur dan cari file subtitle yang akan dimasukkan. Setelah itu, klik tombol Konversi/Simpan

  6. Akan muncul lagi halaman baru, kamu pilih profil video pada bagian Profil yang umumnya adalah video H.264+MP3(MP4) yang mana ini nantinya akan menjadi hasil. Kemudian edit profil yang dipilih dengan mengklik ikon setting.

  7. Setelah muncul lagi halaman baru, kemudian klik pada tab Terjemahan, lalu klik kotak di samping tulisan Terjemahan dan juga Lapiskan terjemahan di atas video hingga keduanya mendapat ceklis, lalu klik Simpan.

  8. Biarkan setelan lain sebagaimana default adanya sehingga kamu hanya tinggal menentukan folder tujuan penyimpanan pada bagian Destinasi dengan mengklik tombol Browse.

  9. Apabila semua sudah okay, maka kamu tinggal mengklik tombol Start dan tunggu proses berjalan.

Selesai, semoga berhasil dan ketahui juga bagaimana Cara memasukkan file audio atau suara ke dalam video menggunakan VLC yang sangat berguna untuk kamu yang telah mendownload video tapi suara videonya hilang.

© aLeziana

Tentang Penulis :

Hai, Saya adalah seorang blogger yang senang mempelajari berbagai macam hal, terutama seni, teknologi, dan ilmu pengetahuan umum. Saya membuat blog ini bertujuan untuk berbagi hal yang bermanfaat, termasuk hal yang telah saya pelajari.

Artikel Terkait

Post Terbaru Post Sebelumnya

6 komentar:

  1. Balasan
    1. Tak bisa dibagian mana?
      Coba lagi saja, pasti bisa

      Hapus
  2. cara seting biar cuman bahasa indonesia yg muncul gimana gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika bahasa menu VLC yang agan maksud maka boleh buka menu Tools > Preferences > Menus language, kemudian pilih bahasa yang diinginkan.

      Hapus