Cara menambahkan file audio ke dalam video menggunakan VLC

Bila kamu mempunyai video tanpa ada suara, yang biasanya video semacam itu adalah hasil dari mendownload menggunakan video downloader, baik itu melalui situs, software, maupun aplikasi Android, maka kamu bisa menambahkan file audio oleh kamu sendiri menggunakan VLC di komputer/PC.

Sebelum memulai, pastikan file audio adalah file audio original dari video yang kamu punya, sehingga nanti hasil yang didapat akan sinkron.

Pastikan juga bahwa video yang akan diproses tidak memiliki suara sama sekali, hal ini untuk menghindari kegagalan pada proses, sehingga cara ini sangat cocok untuk mengatasi video hasil download yang suaranya hilang.

Dalam percobaan yang dilakukan, aLez menggunakan file audio dengan ekstensi MP3 dan AAC, dan keduanya sama-sama mendapatkan hasil yang baik.

Unduh juga software VLC versi terbaru agar hasilnya sama dengan yang aLez telah coba dalam tutorial ini.

Cara menambahkan suara audio ke dalam video

  1. Buka software VLC.

  2. Klik pada tulisan Media di sebelah kiri atas hingga muncul tray.

  3. Pada tray yang muncul, pilih dan klik Konversi/Simpan hingga muncul halaman baru.

  4. Pada halaman baru, klik Tambah di sebelah kanan kolom. Kemudian masukkan file video yang akan ditambahkan suara audio, lalu klik kotak yang bertuliskan Tampilkan pilihan tambahan hingga memunculkan banyak pilihan baru.

  5. Klik pada kotak yang bertuliskan Jalankan media lain secara sinkron (file audio ekstra, ...) hingga muncul pilihan Media ekstra lalu klik Lungsur.

  6. Akan muncul lagi halaman baru, klik Tambah untuk menambahkan file audio. Kemudian cari dan pilih file audio yang dimaksud, setelah itu klik tombol Pilih.

  7. Tampilan akan kembali ke halaman sebelumnya, kemudian kamu klik Konversi/Simpan hingga muncul halaman baru untuk menyimpan hasil.

  8. Tentukan tempat penyimpanan pada bagian Destinasi » File tujuan dengan mengklik tombol Browse. Apabila semua sudah okay, maka kamu tinggal mengklik tombol Start dan tunggu proses berjalan hingga selesai.

Selama proses berlangsung, VLC hanya akan menampilkan layar hitam disertai logo VLC, sementara timer berjalan sesuai dengan waktu yang dimiliki oleh file video.

Bilamana ukuran file video menjadi besar pada hasilnya, maka kamu boleh lakukan kompresi menggunakan software Handbrake.

© aLez

Tentang Penulis :

Hai, Saya adalah seorang blogger yang senang mempelajari berbagai macam hal, terutama seni, teknologi, dan ilmu pengetahuan umum. Saya membuat blog ini bertujuan untuk berbagi hal yang bermanfaat, termasuk hal yang telah saya pelajari.

Artikel Terkait

Post Terbaru Post Sebelumnya

4 komentar:

  1. sudah sukses tapi hasilnya ga bisa jalan video nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba putar video di pemutar media lain, pastikan format video adalah mp4 h264, periksa property video, biasanya disitu akan terlihat penyebabnya.

      Hapus
  2. sudah suksesconvert tapi hasilnya audio masih gak keluar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu bisa disebabkan oleh banyak hal, silakan coba tes video hasil convert terlebih dahulu menggunakan pemutar media lain. Bilamana masih, maka coba gunakan audio dengan format lain saat menambahkannya ke VLC, contoh format audio yaitu mp3, AAC, WAV dll, tentunya dengan asumsi bahwa cara dan pengaturan VLC saat proses menambahkan audio sudah benar. Semoga berhasil.

      Hapus