Cara mengecilkan ukuran file video secara offline

Mengecilkan ukuran file video atau kompresi file video sangat penting bagi kita yang bergerak di bidang videography internet terutama untuk para creator Youtube.

Hal ini bertujuan supaya ketika kita mengupload video ke server, maka proses upload akan lebih cepat dibandingkan dengan tidak melakukan kompresi terhadap video.

Seperti yang kita tahu bahwa ukuran file video besarnya berbeda-beda. Walaupun durasi video singkat dan resolusi video pun sangat kecil, akan tetapi terkadang ukuran file cukup besar. Bahkan untuk video durasi 5 menit saja terkadang memiliki ukuran file hingga 250 MB, dan hal ini biasanya dipengaruhi oleh kualitas gambar dari video maupun ekstensi atau jenis file dari video, atau bahkan resolusi yang terlalu besar, maka dari itulah kita perlu melakukan kompresi untuk mengecilkan ukuran file video.

Software yang diperlukan yaitu Handbrake, yang mana software ini 100% gratis tanpa biaya apapun yang harus kamu keluarkan, dan tentu saja software ini hanya bekerja pada perangkat komputer dan tidak pada handphone bahkan Android.

Keunggulan software ini tak hanya mampu mengecilkan ukuran file video, melainkan juga dapat mengecilkan resolusi video, menambahkan audio ke dalam video yang tak ada suaranya, juga bisa menambahkan file subtitle berekstensi .srt supaya terintegrasi di dalam video atau istilahnya hardsub.

Catatan :

Perlu diingat bahwa terkadang beberapa video hasil download dari internet sudah melalui tahap kompresi, yang mana hal tersebut dapat dikenali dengan ciri-ciri yang biasanya tidak masuk akal. Sebagai contoh yaitu sebuah video dengan resolusi 1280 x 720 piksel kualitas HD dengan durasi 30 menit hanya berukuran 30 MB, sedangkan ketika kita mencoba memainkan video tersebut hasilnya yaitu macet. Kemudian apabila video tersebut dikompres dan resolusinya diperkecil menggunakan Handbrake, maka ukuran file justru malah semakin besar.

Cara mengecilkan ukuran file video

  1. Download, instal, dan buka software Handbrake untuk Windows terbaru.

  2. Klik pada pilihan Source di sebelah kiri atas hingga muncul tray. Kemudian klik pada pilihan File untuk menambahkan file video. Setelah file video berhasil dimuat, maka akan muncul informasi pada kolom.

  3. Klik Browse pada bagian Destinasi untuk menentukan penyimpanan dari hasil kompresi.

  4. Pada bagian Output Settings, biarkan terisi MP4. Kemudian klik pada kotak di samping tulisan Web Optimized hingga kotak tersebut tercentang supaya nanti ukuran file terkompresi menjadi lebih kecil.

    Apabila kamu merasa bahwa resolusi video terlalu besar, maka kamu boleh mengubah ukuran video di kolom Width pada bagian Size menjadi lebih kecil seperti misalnya menjadi 854 piksel atau lebih rendah lagi yaitu 360 piksel dan ataupun sesuai kebutuhan kamu.

  5. Bila kamu hanya ingin mengompres file video saja, maka biarkan semua setelan sebagaimana default adanya. Kemudian klik tombol Start hijau di bagian atas hingga tombol berubah menjadi merah dan tunggu proses kompresi hingga selesai.

  6. Tapi bilamana kamu ingin memodifikasi seluruh bagian video, maka kamu boleh menggunakan tab menu yang tersedia di bagian bawahnya yang di antaranya yaitu Filters (untuk penggunaan tingkat mahir), Video untuk mengatur kualitas dan pengkodean, Audio untuk menambahkan suara, Subtitles untuk menambahkan file subtitle yang mana support untuk jenis file .srt, Chapters (untuk penggunaan tingkat mahir).

Software Handbrake adalah software offline gratis yang boleh digunakan tanpa adanya biaya apapun bahkan tanpa registrasi.

© aLez

Tentang Penulis :

Hai, Saya adalah seorang blogger yang senang mempelajari berbagai macam hal, terutama seni, teknologi, dan ilmu pengetahuan umum. Saya membuat blog ini bertujuan untuk berbagi hal yang bermanfaat, termasuk hal yang telah saya pelajari.

Artikel Terkait

Post Terbaru Post Sebelumnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar