Cara mengonversi video secara offline menggunakan VLC

Fungsi dari mengonversi video salah satunya yaitu supaya video kompatibel dengan perangkat pemutar video seperti handphone ataupun komputer, dalam arti supaya video dapat terbaca dan diputar. Sehingga, melakukan konversi terhadap video sangat diperlukan terutama untuk kamu yang gemar mengupload video ke situs layanan streaming seperti Youtube.

Selain daripada itu, terdapat manfaat lain dari sekedar kompatibilitas seperti misalnya memperbaiki video macet dan patah-patah karena ukuran video tidak sesuai dengan perangkat pemutar.

Software VLC untuk komputer tak hanya bisa mengonversi video dari berbagai format ke mp4 melainkan juga dapat memasukkan file subtitle secara permanen ke dalam video, sehingga subtitle terintegrasi di dalam video.

Satu keunggulan lainnya dari VLC yaitu dapat memasukkan file audio ke dalam video sehingga hal ini sangat berguna untuk kamu yang telah mendownload video sedangkan suara dari video hilang karena tidak ikut terdownload.

Bolehlah aLez coba berikan tutorial untuk kamu mengenai bagaimana cara mengonversi video secara offline menggunakan VLC, yang mana pada saat itu mencoba mengonversi video dashcam dengan jenis DASH video.

Cara ini hanya berlaku di perangkat komputer, sehingga tidak berlaku untuk perangkat handphone bahkan Android.

  1. Buka software VLC.

  2. Klik pada menu Media di pojok kiri atas sehingga muncul tray.

  3. Cari dan klik pilihan Konversi/Simpan.

  4. Pada halaman baru yang muncul, klik Tambah untuk menambahkan file video yang akan dikonversi, lalu pilih video yang kamu maksud.

  5. Klik tombol Konversi/Simpan sehingga akan muncul halaman baru lagi.

  6. Klik pada Profil lalu tentukan profil video yang kamu suka, biasanya profil umum video yang dapat diputar di semua perangkat adalah Video - H264 + MP3 (MP4).

  7. Biarkan semua setelan sebagaimana default adanya, sehingga kemudian kamu hanya perlu menentukan folder tujuan penyimpanan pada bagian Destinasi dengan mengklik Browse.

  8. Bila semua sudah okay, maka kamu hanya tinggal mengklik tombol Start dan tunggu proses hingga selesai.

Apabila ukuran file video menjadi besar setelah dikonversi atau bahkan video masih macet dan patah-patah walaupun telah dikonversi menggunakan VLC, maka kamu boleh coba lakukan kompresi video menggunakan software Handbrake.

© aLez

Tentang Penulis :

Hai, Saya adalah seorang blogger yang senang mempelajari berbagai macam hal, terutama seni, teknologi, dan ilmu pengetahuan umum. Saya membuat blog ini bertujuan untuk berbagi hal yang bermanfaat, termasuk hal yang telah saya pelajari.

Artikel Terkait

Post Terbaru Post Sebelumnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar