Cara mudah mengonversi file m3u atau m3u8 menjadi mp4

Hal yang kamu harus tahu yaitu bahwa file m3u dan (atau) m3u8 bukanlah file media, melainkan itu adalah sebuah playlist yang berisi konten media itu sendiri. Sehingga kamu tidak dapat mengonversi atau mengubah m3u atau m3u8 menjadi mp4 secara langsung.

Itu artinya jika kamu menggunakan konverter online untuk melakukannya, maka pasti akan gagal. Hal tersebut berdasarkan penjelasan seorang ahli yang artikelnya dapat ditemukan di hasil pencarian Google. Dan ketika mencobanya, kemudian barulah diketahui bahwa dia berkata benar.

Walaupun demikian, hal itu tidak serta merta membuat proses konversi menjadi sulit karena artikel ini akan menunjukkan kamu bagaimana cara membuat file m3u dan m3u8 berubah menjadi mp4 supaya pada akhirnya kamu dapat dengan mudah memainkan file tersebut sebagai media di seluruh pemutar media yang mendukung file mp4.

Metode yang aLez gunakan adalah dengan mengekstrak file m3u atau m3u8 menggunakan editor teks. Lalu mencari file media yang biasanya tersemat sebagai file berekstensi TS, kemudian menggunakan konverter media online untuk mengubah file TS menjadi file mp4.

Ikuti langkah-langkah berikut :

Catatan

  • Praktek ini menggunakan komputer, bukan handphone.

  • Sebelum menuju ke langkah berikutnya, kamu harus memiliki software bernama notepad++ atau jika kamu telah mempunyai program editor teks sejenis yang dapat membuka file m3u dan m3u8 maka abaikan hal ini.

  • (Opsional) Software berikutnya yaitu video editor seperti Freemake, AVS, Avidemux dan semacamnya.

  • Koneksi internet tentunya.

  1. ALez anggap bahwa kamu telah mendownload file m3u atau m3u8 yang dimaksud, yang mana biasanya memiliki ekstensi m3u atau m3u8 dengan ukuran file jauh lebih kecil dari ukuran file video.

  2. Buka file m3u atau m3u8 menggunakan notepad++ atau editor teks sejenis lainnya, kemudian kamu akan melihat daftar yang berisi sumber (link) dari file media TS.

  3. Pilih salah satu sumber file untuk kemudian kamu copy(salin).

  4. Buka browser lalu kunjungi situs Online video converter to MP4.

  5. Di situs tersebut, klik pada pilihan Enter URL lalu paste-kan link (sumber file) yang tadi kamu telah copy, kemudian klik Add URL, akan terdownload sebagai pengambilan file oleh situs.

  6. Setelah proses download selesai dilakukan oleh situs, klik Start convertion dan tunggu prosesnya.

    Atau bila kamu ingin mengubah properti dan parameter dari video yang dihasilkan setelah konversi maka kamu boleh mengaturnya pada pilihan yang tersedia.

    Sebagai rekomendasi, sebaiknya atur resolusi menjadi 1280x720 HD 30p atau 480p 30pfs pada opsi Choose a Preset.

  7. Selesai, tunggu sebentar, file akan secara otomatis terdownload ke penyimpanan komputer kamu. Atau bila tidak, maka kamu boleh klik tombol Download di bagian bawah.

    Lakukan hal yang sama pada file lainnya yang terdapat di notepad++.

  8. Apabila kamu ingin menyatukan semua video hasil download maka kamu boleh gunakan video editor.

Selesai, semoga berhasil.

© aLez

Tentang Penulis :

Hai, Saya adalah seorang blogger yang senang mempelajari berbagai macam hal, terutama seni, teknologi, dan ilmu pengetahuan umum. Saya membuat blog ini bertujuan untuk berbagi hal yang bermanfaat, termasuk hal yang telah saya pelajari.

Artikel Terkait

Post Terbaru Post Sebelumnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar