Cara mengubah resolusi layar netbook 10 inch 1024x600 menjadi 1024x768

Ceritanya pada saat itu aLez sedang menggunakan program video editor bernama AVS. Dikarenakan komputer yang digunakan memiliki layar kecil 10 inch dengan resolusi 1024x600 piksel atau biasa disebut sebagai komputer netbook atau notebook maka ketika proses menjalankan program video editor pun mengalami kendala sebab tampilan program terpotong pada bagian bawahnya sehingga beberapa fitur tersembunyi.

Manfaat dan sebab mengubah resolusi layar netbook

Hal ini terjadi karena rata-rata minimal resolusi layar komputer untuk dapat menjalankan video editor dari software manapun biasanya harus 1280x768 piksel sehingga apabila kurang (setidaknya kurang tinggi dari 768 piksel) maka beberapa menu dan fitur akan tersembunyi, yang mana tampilannya terpotong oleh batas layar dan ini tidak bisa digulir atau discroll.

Pada awalnya, untuk mengatasi hal ini yaitu dengan mencoba merotasi tampilan layar netbook menjadi portrait sehingga keseluruhan menu dan fitur akan terlihat. Akan tetapi, tampilannya tentu saja miring.

Semakin lama, cara ini ternyata kurang begitu nyaman sehingga akhirnya mencari cara lain yaitu dengan mengubah resolusi layar menjadi 1024x768 piksel. Setidaknya ukuran tinggi menyamai ukuran minimal yang direkomendasikan dan cara ini didapatkan dari blog dan forum luar negeri.

Mengubah resolusi layar netbook ini dilakukan melalui registry sehingga diperlukan kehati-hatian dalam proses melakukannya karena apabila salah dalam mengubah registry, maka akan berdampak pada kinerja dari beberapa program yang terinstal di komputer sehingga bilamana hal itu terjadi maka aLez tak tahu cara membetulkannya.

Maka dari itu, seperti yang disarankan oleh para ahli yaitu "untuk menghindari kesalahan, lebih baik kamu terlebih dahulu harus membackup data-data komputer termasuk registry sehingga apabila terjadi kesalahan saat pengubahan registry maka kamu bisa dengan mudah mengembalikan data sebelumnya".

Lalu kenapa harus melalui registry?

Karena apabila tidak mengubah beberapa nilai pada registry yang diperlukan, maka tidak akan ada pilihan untuk mengubah resolusi layar menjadi 1024x768, sebagai gantinya kamu hanya akan diberikan pilihan 1280x768 dan beberapa resolusi lainnya yang tidak bermanfaat karena mengubah resolusi tanpa mengubah registry akan menyebabkan tampilan komputer menjadi kacau.

Mengubah resolusi layar netbook menjadi 1024x768 piksel

Okay, lakukan hal ini dengan hati-hati dan ingat apa saja yang telah kamu ubah sehingga apabila kamu keliru maka kamu bisa mengoreksinya.

Cara ini berhasil diterapkan pada netbook ukuran 10 inch dengan OS Windows 7.

  1. Klik Start dengan logo Windows Orb di pojok kiri bawah tampilan komputer, lalu ketikkan regedit hingga muncul tulisan regedit.exe kemudian klik itu.

    Atau

    Melalui run command dengan cara klik dan tahan tombol logo Windows diikuti dengan menekan tombol R. Setelah muncul form run lalu ketikkan regedit.exe lalu klik tombol Enter.

  2. Dua cara di atas akan membawa kamu ke tampilan registry.

    (Untuk diingat sekali lagi, harap teliti dan hati-hati dalam menentukan folder untuk meminimalisir kesalahan)

    • Pada tampilan registry ini, kamu cari HKEY_LOCAL_MACHINE / SYSTEM / Current Control Set / Control / Class / {4D36E968-E325-11CE-BFC1-08002BE10318} / 0000

      Apabila sudah ditemukan, lalu pada folder 0000 ini kamu cari Display1_DownScalingSupported ganti nilai REG_DWORD yang menunjukkan nilai 0x00000000 (0) menjadi 0x00000001 (1) dengan cara klik kanan pada tulisan Display1_DownScalingSupported kemudian pada popup pilihan yang muncul, pilih Modify.... Setelah muncul form pengisian, ubah angka 0 menjadi 1 lalu klik OK.

    • Selanjutnya, klik pada folder 0001 di bawah folder 0000 tadi atau pastikan letak tepatnya di HKEY_LOCAL_MACHINE / SYSTEM / Current Control Set / Control / Class / {4D36E968-E325-11CE-BFC1-08002BE10318} / 0001

      Lakukan hal yang sama pada Display1_DownScalingSupported yaitu mengganti nilai (0) menjadi (1) dengan cara yang sama seperti di atas.

      Catatan : jika DWORD atau REG_DWORD tidak ditemukan, buatlah sendiri DWORD dengan nama Display1_DownScalingSupported dengan nilai datanya diganti menjadi 1.

    Opsi lainnya :

    • Cari HKEY_LOCAL_MACHINE / SYSTEM / Current Control Set / Control / Class / {4D36E968-E325-11CE-BFC1-08002BE10318} / 0002

      Lakukan hal yang sama pada Display1_DownScalingSupported seperti cara di atas.

      Opsi ini hanya terdapat di beberapa komputer saja karena di komputer yang aLez gunakan tidak ada. Sebagai gantinya, hanya ada 0000 dan 0001. Walaupun demikian, hal itu tidak berpengaruh terhadap hasil sehingga apabila di komputer kamu tidak terdapat 0002 maka abaikan saja.

  3. Selesai, tutup registry kemudian restart netbook.

  4. Klik kanan pada tampilan home Windows lalu pilih Screen resolution.

  5. Silakan pilih resolusi 1024x768 lalu klik OK atau Apply dan akan muncul pesan popup "Do you want to keep these display settings?" lalu kamu klik saja Keep changes.

Tampilan layar komputer setelah diubah menjadi 1024x768 akan sedikit tampak mengerut yang artinya terdapat penekanan pada tinggi tampilan karena hal ini disebabkan oleh rasio layar.

Walaupun demikian, hal ini tidak menyebabkan kesalahan fungsi apapun pada kinerja komputer melainkan sebaliknya, dengan mengubah resolusi layar maka kita akan dapat menjalankan beberapa program software editor tanpa kendala pada tampilan.

Tenang saja, apabila kamu telah selesai menggunakan resolusi ini maka kamu bisa dengan mudah mengembalikan tampilan komputer menjadi tampilan normal atau kembali ke resolusi asli.

Sebagai contoh, pada gambar di atas adalah penerapan hasil dari mengubah resolusi layar netbook untuk menjalankan AVS video editor. Tak hanya itu, kamu juga boleh menjalankan program photo editor seperti Adobe Photoshop.

Selamat mencoba, semoga berhasil dengan sempurna.

© aLez

Tentang Penulis :

Hai, Saya adalah seorang blogger yang senang mempelajari berbagai macam hal, terutama seni, teknologi, dan ilmu pengetahuan umum. Saya membuat blog ini bertujuan untuk berbagi hal yang bermanfaat, termasuk hal yang telah saya pelajari.

Artikel Terkait

Post Terbaru Post Sebelumnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar