Cara menyembuhkan sariawan dengan obat alami, tradisional, murah dan aman

Sariawan adalah luka atau peradangan di bibir dan di dalam mulut yang dapat menimbulkan rasa sakit atau perih dan membuat tidak nyaman, biasanya dapat dirawat sendiri dan didiagnosis oleh sendiri, tidak memerlukan uji atau pencitraan laboratorium.

Gambar : Google

Memang tampak sepele, tapi sebenarnya sariawan ini cukup fatal bila kita tahu penyebabnya dan juga sariawan ini sangat mengganggu keseharian kita karena dengan adanya sariawan, maka kita tidak bisa dengan bebas makan makanan yang disukai karena ketika makan, mulut akan terasa perih.

Maka dari itu, perlu sekali kita peduli terhadap sariawan ini dengan cara mengobatinya. Tapi sebelum lanjut ke pengobatan, baiknya kita sama-sama ketahui dulu penyebabnya.

Penyebab sariawan

Gangguan lambung

Secara umum dalam kehidupan sehari-hari, sariawan itu disebabkan oleh beberapa hal yang salah satunya adalah panas dalam.

Dalam dunia medis, istilah panas dalam tidak dikenali, sedangkan kondisi panas dalam yang disebut secara umum itu bukanlah suatu penyakit melainkan hanya berupa gejala.

Tapi menurut kesimpulan dokter, panas dalam ini maksudnya yaitu gejala-gejala yang muncul yang disebabkan oleh inflamasi atau peradangan.

Inflamasi pada tubuh yang menyebabkan terjadinya gejala yang disebut sebagai panas dalam dan mengakibatkan sariawan ini dipicu oleh makanan yang tidak disukai oleh lambung karena lambung dari setiap orang itu berbeda. Ada yang mampu bertahan pada makanan yang pedas, ada juga yang tidak.

Contoh perbedaan lambung

Kita pasti pernah melihat seseorang makan makanan yang sangat pedas tapi dia baik-baik saja. Sedangkan kita yang mencicipi makanan tersebut justru malah mendapatkan sariawan setelah beberapa hari kemudian, atau setidaknya kita hanya mendapatkan perut kita mulas.

Atau mungkin sebaliknya, kita sangat kuat dalam hal makan makanan yang sangat pedas, sedangkan teman kita tidak.

Kurang minum air putih

Selain panas dalam atau peradangan, penyebab sariawan adalah kekurangan cairan. Itu maksudnya adalah kita kurang minum air putih karena para ahli kesehatan merekomendasikan untuk kita meminum air putih minimal sebanyak 8 gelas per hari atau sekitar 2 liter.

Selain dua hal di atas, terdapat banyak sekali penyebab terjadinya sariawan seperti tergigit ataupun terluka saat menggosok gigi.

Tapi pada dasarnya semua hal yang menjadi penyebab sariawan tersebut adalah sama yaitu berasal dari metabolisme atau daya tahan tubuh yang menurun.

Karena bila kondisi tubuh sedang baik, maka sariawan akan sembuh dengan cepat. Berbeda halnya jika kondisi tubuh sedang tidak fit, sariawan ini akan bertahan lama.

Walaupun kita tahu bahwa salah satu penyebab sariawan itu adalah karena tubuh kita kekurangan cairan, akan tetapi kita tidak bisa dengan mudah menambahkan cairan sebanyak-banyaknya ke dalam tubuh kita begitu saja yang mana bila dicontohkan adalah dengan meminum air putih sebanyak-banyaknya atau bahkan lebih dari sewajarnya.

Solusi seperti itu adalah salah. Sariawan ataupun tidak, maka dalam hal mengonsumsi air putih mineral haruslah dalam dosis yang sewajarnya yaitu minimal 8 gelas perhari atau lebih banyak juga lebih baik, asal masih dalam tahap wajar. Baiknya kita minum air putih 1 gelas setiap 1 jam, kemudian 2 gelas setelah selesai makan. Atau setiap kali haus, kita minum.

Obat sariawan tradisional alami

Tomat dan kecap

Mengobati sariawan menggunakan tomat dan kecap ini dikhususkan untuk yang mengalami panas dalam ringan. Maksudnya adalah sariawan yang disebabkan hanya karena kekurangan cairan dengan kondisi lambung yang masih baik.

Gejalanya kurang lebih seperti luka di dalam mulut, lidah, bibir pecah-pecah, sakit tenggorokan.

Sariawan ini jarang terjadi walaupun kita sering makan makanan pedas. Untuk itu, sariawan jenis ini dapat dengan mudah diobati menggunakan tomat dan kecap manis.

Kandungan tomat

Tomat mengandung antioksidan alami bernama likopen (lycopene) yang mana zat ini dapat membantu menangkal efek radikal bebas penyebab kanker.

Sedangkan antioksidan lain yang terdapat pada tomat yaitu polifenol, naringenin, dan chlorogenic acid.

Selain itu, tomat juga rendah kalori dan lemak, namun kaya akan karotenoid, lutein, gula, vitamin A, vitamin C , folat, dan kalium.

Jus tomat untuk mengobati sariawan

Sediakan 1 buah tomat merah ukuran besar atau 2 buah tomat merah ukuran sedang dan 1 sachet kecap manis.

Buatlah jus tomat alami tanpa es tanpa gula. Sebagai gantinya, tambahkan kecap secukupnya ke dalam jus tomat, biasanya hanya setengah sachet.

Boleh gunakan blender untuk membuatnya. Atau jika ingin lebih alami maka hanya tinggal memasukkan tomat ke dalam gelas, kemudian tumbuk menggunakan sendok sehingga pecahan-pecahan tomat yang tersisa cukup besar, tidak seperti digiling oleh blender yang sisanya menjadi sangat halus, kemudian campurkan kecap.

Cara menyembuhkan sariawan dengan jus tomat

Baiknya digunakan setiap hendak makan, maksudnya yaitu sebelum makan. Kumur-kumur menggunakan jus tomat tersebut sedikit-sedikit. Apabila kuat menahan perih, arahkan jus tomat di dalam mulut ke bagian yang luka. Bila tidak kuat karena perih, boleh dibuang dulu, kemudian lakukan lagi dengan jus tomat yang masih tersisa. Setelah selesai kemudian buang kumuran tersebut dan jangan ditelan, tertelan sedikit juga tak apa.

Akan lebih lagi jika tomat tersebut juga dikonsumsi setiap hari.

Semakin lama menahan jus tomat di dalam mulut yang sariawan maka akan semakin baik hasilnya. Lakukan setiap hari hingga sembuh atau setidaknya hingga tidak terasa perih lagi saat makan. Biasanya dalam 2 hari pun mulai sembuh karena sariawan jenis ini cukup mudah diobati, atau paling lama juga 3 hari.

Selama proses pengobatan, hindari makan makanan yang dapat menyebabkan sariawan semakin parah seperti pedas terutama dari cabe rawit, makanan yang mengandung minyak dan mie instan.

Sebagai gantinya, boleh makan sayuran segar dan makanan-makanan segar yang diolah dengan cara direbus.

Bayam, tomat dan bubur

Inilah obat alami yang paling manjur secara tradisional untuk mengobati sariawan, baik sariawan yang disebabkan oleh kurang cairan maupun oleh gangguan lambung.

Sariawan yang disebabkan oleh gangguan lambung biasanya disertai oleh gejala lainnya yang mencakup gejala yang lebih luas. Di antaranya seperti perut kembung, demam (panas dingin), otot pegal, sakit kepala bagian belakang, letih, lemah, lesu dan mungkin gejala lainnya karena setiap orang berbeda.

Gejala seperti ini mirip dengan gejala-gejala penyakit lambung berat lainnya, padahal mungkin hanya dikarenakan asam lambung yang mudah naik saja.

Untuk pengobatannya sendiri tidak cukup hanya dengan berkumur menggunakan jus tomat dan kecap manis saja karena tidak akan efektif dan percuma sebab hal ini dialami oleh aLez sendiri yang memiliki lambung kurang baik karena setiap makan pedas dari cabe rawit, kemudian asam lambung naik sehingga menyebabkan terjadinya gejala-gejala seperti di atas.

Kandungan bayam

Kandungan vitamin yang terdapat pada bayam yaitu vitamin A, vitamin C, vitamin B kompleks, vitamin K, dan vitamin E. Sedangkan mineral-mineral utama yang terdapat pada bayam adalah magnesium, zat besi, asam folat, kalsium, potasium, dan sodium.

Tak hanya itu, bayam juga mengandung banyak serat, klorofil dan antioksidan.

Selain itu, sayuran hijau yang satu ini juga mengandung sedikit kalori dan lemak.

Fungsi bayam untuk sariawan yang disebabkan gangguan lambung

Kandungan vitamin A, vitamin C, asam folat dan magnesium, berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Sedangkan antioksidan yang tinggi pada bayam membantu melawan radikal bebas yang bisa menyebabkan peradangan.

Sayur bayam untuk mengobati sariawan

Siapkan bayam dan tomat merah, kemudian buatlah sayur bayam dengan irisan tomat seperti biasa. Boleh juga menambahkan bawang merah ataupun bawang putih, hanya tak boleh menggunakan minyak goreng sehingga sayur bayam ini murni direbus. Boleh menambahkan penyedap rasa dan garam, asal jangan terlalu banyak.

Kemudian buatlah bubur sebagai pengganti nasi. Sehingga makanan utama setiap kali makan adalah bubur dan sayur bayam, jangan makan yang lain.

Cara mengobati sariawan dengan sayur bayam

Makanlah makanan dengan menu tersebut hingga sariawan di dalam mulut sembuh atau setidaknya sudah tidak terlalu perih. Menurut pengalaman pribadi, itu biasanya sembuh antara 3 hingga 5 hari, tidak lebih dari 1 minggu.

Untuk gejala lainnya akan hilang secara bertahap mengikuti kesembuhan dari sariawan.

Tapi apabila sariawan tidak sembuh lebih dari 2 minggu, lebih baik periksakan ke dokter karena itu mungkin bukan merupakan sariawan biasa.

Catatan Penutup

Harap diingat sebelumnya bahwa mengobati suatu penyakit menggunakan cara tradisional tidak akan instan atau secepat yang kita mau karena pengobatan tradisional adalah bersifat terapi sehingga semakin rajin kita melakukan dan semakin taat kita menghindari larangan, maka tidak tertutup kemungkinan akan segera sembuh.

© aLez

Tentang Penulis :

Hai, Saya adalah seorang blogger yang senang mempelajari berbagai macam hal, terutama seni, teknologi, dan ilmu pengetahuan umum. Saya membuat blog ini bertujuan untuk berbagi hal yang bermanfaat, termasuk hal yang telah saya pelajari.

Artikel Terkait

Post Terbaru Post Sebelumnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar