Update WhatsApp versi terbaru bisa mengirim file aplikasi apk

Pada versi sebelumnya, WhatsApp tidak bisa mengirim file aplikasi berekstensi .apk sehingga hal ini cukup menyulitkan para pengguna yang ingin berbagi file jenis ini.

Pada WhatsApp atau WA versi lama, untuk membagikan file aplikasi apk, diperlukan aplikasi pihak ketiga karena saat membagikan file apk melalui file manager bawaan handphone ke WhatsApp, WhatsApp tidak dapat meneruskan ke daftar kontak. Sebagai gantinya, hanya muncul history chat.

Namun pada aplikasi WhatsApp versi baru terutama versi sekarang yaitu versi 2.20.206.24, pengguna dapat dengan mudah berbagi file aplikasi apk melalui file manager bawaan dan tidak harus menggunakan aplikasi pihak ketiga lagi.

Bahkan hal ini juga berlaku tidak hanya pada perangkat Android saja melainkan juga pada perangkat BlackBerry 10.

Apa itu file aplikasi apk?

File aplikasi apk ini adalah file mentah dari aplikasi Android dan BlackBerry 10. Sehingga apabila kamu ingin membagikan aplikasi yang terinstal di handphone maka kamu harus memiliki file mentah dari aplikasi tersebut.

Namun, bila kita menginstal aplikasi dari Google Play Store ke perangkat Android, maka kita tidak akan mendapatkan file mentah dari aplikasi yang diinstal tersebut, kecuali di perangkat BlackBerry 10.

Sehingga, untuk mendapatkan file mentah dari aplikasi yang terinstal di perangkat Android, kamu membutuhkan aplikasi pihak ketiga yaitu Back up & Restore yang boleh kamu download di Google Play Store.

Cara membuat file mentah aplikasi apk yang terinstal di handphone Android

  1. Instal aplikasi Back up & Restore, lalu buka.

  2. Akan muncul daftar aplikasi yang terinstal di perangkat Android kamu.

  3. Pilih aplikasi yang akan dibuat file mentahnya, kemudian klik cadangkan.

  4. Selesai, buka folder tempat menyimpan cadangan aplikasi tersebut, maka di situ akan terdapat file mentah aplikasi berekstensi .apk yang baru saja dicadangkan.

Selanjutnya, aLez beritahukan cara untuk membagikan file mentah aplikasi yang sudah kamu cadangkan dengan cara di atas ke WhatsApp tanpa aplikasi pihak ketiga. Cara ini berlaku di perangkat Android dan BlackBerry 10.

Cara membagikan file aplikasi apk ke WhatsApp

  1. Buka file manager atau penyimpanan berkas di perangkat handphone.

  2. Cari file aplikasi berekstensi .apk yang akan dibagikan.

  3. Bila sudah ditemukan, sentuh dan tahan file tersebut.

  4. Akan muncul beberapa pilihan, lalu pilih Bagikan, kemudian pilih WhatsApp.

  5. Aplikasi WhatsApp akan terbuka dan akan terdapat pilihan kontak sebagai tujuan berbagi file.

  6. Pilih kontak yang dikehendaki, kemudian klik tombol kirim di bagian bawah dan selesai.

Semoga bermanfaat.

© aLez

Tentang Penulis :

Hai, Saya adalah seorang blogger yang senang mempelajari berbagai macam hal, terutama seni, teknologi, dan ilmu pengetahuan umum. Saya membuat blog ini bertujuan untuk berbagi hal yang bermanfaat, termasuk hal yang telah saya pelajari.

Artikel Terkait

Post Terbaru Post Sebelumnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar