Danau aneh tapi unik bercorak bintik-bintik polkadot warna-warni

Kanada, ya danau aneh tersebut terletak di Kanada, tepatnya di barat laut Osoyoos di Lembah Okanagan British Columbia. Namanya adalah danau bintik atau Spotted Lake yang awalnya dikenal oleh penduduk asli Lembah Okanagan sebagai Kliluk.

Disebut demikian karena danau ini menampilkan bintik-bintik yang besar begitu banyak, pun berwarna-warni. Bagaimana fenomena alam ini bisa terjadi? Simak penuturannya di bawah ini yang dikutip langsung dari sumbernya yaitu CBC.

Sumber foto : cbc.ca

Pembentukan bintik-bintik

Sepanjang musim dingin dan memasuki musim semi, danau terlihat seperti perairan lain yang terletak di jantung Lembah Okanagan di British Columbia. Tapi saat matahari musim panas semakin panas menyinari danau, air menguap dan menurunkan permukaan.

Lingkaran raksasa yang tadinya tidak terlihat dan terletak tepat di bawah permukaan, kemudian menampakkan diri dalam warna kuning, biru dan hijau yang indah.

Foto via Youtube

Danau warna-warni adalah hasil dari konsentrasi tinggi mineral, termasuk kalsium, natrium sulfat dan magnesium sulfat yang terkumpul di dalam air.

Danau Spotted tidak memiliki sungai ataupun anak sungai untuk mengalirkan air dan menerima semua airnya sebagai limpasan dari bukit-bukit sekitarnya.

Saat salju mencair dan mengalir ke cekungan, ia membawa mineral dan garam yang telah terkumpul selama berabad-abad.

Saat air danau menguap, bintik-bintik itu berubah ukuran dan juga warnanya, menciptakan warna berfluktuasi yang indah, variasi warna bergantung pada konsentrasi mineral di setiap kolam.

Cerita lain mengenai Danau Spotted

Selama Perang Dunia I, mineral dari danau digunakan untuk membuat amunisi. Mineral tersebut dipanen oleh para pekerja yang menambang garam sebanyak satu ton dari danau setiap hari.

Menurut Pusat Pengunjung British Columbia, ceritanya adalah bahwa sebelum penambangan mineral ini, danau menampilkan lebih banyak variasi warna dan keindahan artistik yang lebih besar.

Danau Spotted telah dianggap sebagai tempat suci selama berabad-abad oleh penduduk asli Bangsa Okanagan, mereka percaya bahwa masing-masing lingkaran memiliki sifat penyembuhan dan pengobatan yang berbeda.

Tanah yang mengelilingi air adalah milik pribadi selama bertahun-tahun. Namun pada tahun 2001, Dewan Eksekutif Kepala Aliansi Bangsa Okanagan membeli danau dan 22 hektar tanah di sekitarnya dengan dukungan Indian Northern Affairs Canada untuk kepentingan dan penggunaan Bangsa Okanagan.

Pembelian tersebut memastikan bahwa tanah tersebut akan dilindungi dari pembangunan dan menjadikannya sebagai situs budaya dan lingkungan.

Pengunjung yang ingin melihat danau tidak boleh terlalu dekat, sebuah pagar telah didirikan untuk melindungi daerah tersebut dengan tanda yang menjelaskan bahwa itu adalah daerah yang sensitif secara budaya dan ekologis.

Meskipun demikian, di sana terdapat banyak sudut yang bagus di sepanjang jalan raya untuk melihat bintik-bintik danau yang unik dan menakjubkan itu.

Sumber : cbc.ca

Tentang Penulis :

Hai, Saya adalah seorang blogger yang senang mempelajari berbagai macam hal, terutama seni, teknologi, dan ilmu pengetahuan umum. Saya membuat blog ini bertujuan untuk berbagi hal yang bermanfaat, termasuk hal yang telah saya pelajari.

Artikel Terkait

Post Terbaru Post Sebelumnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar