Fenomena alam sumur laut yang menakjubkan

Ini bukan sumur biasa yang sering digunakan sebagai sumber mata air yang diambil airnya untuk dikonsumsi, melainkan adalah lubang yang menganga cukup besar di laut yang menyerupai sumur, maka dari itu disebut sebagai sumur laut. Tak hanya itu, bahkan sumur ini menyemburkan air di saat-saat tertentu.

Namanya adalah Thor's Well atau Sumur Thor. Terletak di Pesisir Pasifik Oregon di Barat Laut AS, Sumur Thor adalah lubang melingkar, yang terbentuk setelah gua laut runtuh.

Sumber foto : Google

Dari sebuah sumber dikatakan bahwa Thor's Well adalah lubang berbentuk mangkuk di bebatuan pesisir yang bertemu dengan Samudra Pasifik di tepi Pesisir Oregon. Itu terbentuk ketika deburan samudra mengikis gua laut yang menyebabkannya runtuh dan meninggalkan lubang alami, sedalam sekitar 20 kaki (6 meter), di batu.

Saat air pasang, gelombang masuk ke dalam lubang dan seolah-olah mengisinya dari bawah, sementara semburan menyembur dari atas.

Saat ombak surut, lubang itu mengering dan sepertinya laut mengalir ke lubang tak berdasar, sebelum mengisi kembali dan mengosongkan lagi.

Sumber foto : Google

Seperti dikutip dari livescience.com

Pada kenyataannya, lubang tersebut memiliki kedalaman sekitar 20 kaki (6 meter), dan seringkali kosong atau tertutup seluruhnya oleh air. Tepat sebelum dan setelah air pasang, Sumur Thor menampilkan pertunjukan heboh saat ombak berbusa keluar dari sumur dan kemudian mengalir kembali ke bawah.

Turis harus berhati-hati, karena beberapa gelombang dapat dengan mudah menutupi pengunjung dengan semprotan atau menjatuhkan pengunjung. Namun, bahaya sebenarnya adalah laut dan batuan vulkanik yang tajam, bukan dari sumur itu sendiri.

Artikel tahun 2016 di Oregon Live menyebutkan bahwa tiga turis yang secara mengejutkan dilanda ombak besar ketika melihat sumur, mereka tidak tersapu, tetapi orang-orang telah tersesat di sepanjang pantai Oregon saat ombak besar menerjang pantai tanpa peringatan.

Pada tahun 2016, seorang pemilik kafe di Coos Bay, Oregon, menangkap salah satu ombak yang cukup menakutkan dalam sebuah video.

Sumber foto : Google

Menurut sains

Meskipun garis pantai Oregon yang berbatu dan laut yang bergelombang berbahaya, tidak ada yang mematikan atau bahkan misterius tentang Sumur Thor itu sendiri.

Lubang tersebut adalah pintu masuk teratas ke gua yang dipakai di garis pantai basal, pintu masuk gua lainnya, di dasar lubang, mengarah ke laut.

Saat air surut, ombak bolak-balik di dalam gua, terlihat oleh pengunjung yang mengintip ke dalam lubang dari tepi.

Saat air pasang, Sumur Thor (dinamai menurut dewa petir Norse) mengisi dari bawah, kadang-kadang menyemburkan semburan saat ombak menghantam bebatuan.

Ombak juga menyapu lubang, seolah mengalir ke dalamnya. Efeknya adalah siklus pengurasan dan pengisian ulang yang tampaknya tak terbatas.

Sumur Thor bukan satu-satunya fitur alam yang bergemuruh di daerah tersebut. Lubang itu berada di Area Pemandangan Cape Perpetua di Hutan Nasional Siuslaw, Oregon. Batuan vulkanik yang membentuk garis pantai menciptakan palet yang cukup untuk dimainkan oleh gelombang.

Di dekat Sumur Thor terdapat patahan batu tepi samudra lainnya. Spouting Horn, demikian sebutannya, menyalurkan gelombang ke patahan batu sempit, menyemburkan air laut dan menyembur tinggi ke udara.

Sedikit ke atas pantai adalah saluran sempit yang disebut Devil's Churn, tempat lain di mana ombak meroket tinggi ke udara saat menghantam garis pantai yang terjal.

Tanjung Perpetua juga dikenal karena fitur-fiturnya yang lebih tenang, terutama kolam pasang surut yang terbuka di sepanjang pantai saat air surut.

Sumber : livescience.com dan lainnya

Tentang Penulis :

Hai, Saya adalah seorang blogger yang senang mempelajari berbagai macam hal, terutama seni, teknologi, dan ilmu pengetahuan umum. Saya membuat blog ini bertujuan untuk berbagi hal yang bermanfaat, termasuk hal yang telah saya pelajari.

Artikel Terkait

Post Terbaru Post Sebelumnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar