Hotel Es terbuat dari salju, mencair saat musim semi

Di belahan bumi utara, tepatnya di desa kecil Jukkasjarvi, Swedia, terdapat salah satu keunikan paling populer dan paling indah di negara itu, Icehotel atau Hotel Es.

Sumber foto : venuereport.com

Sesuai namanya, hotel ini terbuat dari salju. Iya sungguh, bangunannya terbuat dari salju. Bahkan hotel juga menerima tamu untuk menginap. Uniknya, bentuk hotel ini selalu berubah setiap tahunnya, itu dikarenakan sifat material bangunannya yang tidak permanen.

Dibuka pertama kali pada tahun 1990. Setelah itu, di setiap tahunnya, hotel ini dibangun ulang dari Desember hingga April. Hotel, termasuk kursi dan tempat tidur, dibangun dari balok salju dan es yang diambil dari Sungai Torne di dekatnya. Setiap musim semi, es yang membentuk hotel mencair, kembali ke perairan yang belum tersentuh. Namun, beberapa bagian hotel ada yang tidak meleleh dan dapat dinikmati sepanjang tahun.

Pembangunan hotel

Para seniman diundang untuk membuat berbagai ruangan dan dekorasi yang terbuat dari es. Selain kamar tidur, terdapat bar dengan gelas yang terbuat dari es, juga kapel es yang populer di kalangan pasangan yang akan menikah. Strukturnya tetap di bawah titik beku, sekitar −5°C.

Icehotel memanen berton-ton es dari Sungai Torne yang membeku dan menyimpannya di aula produksi terdekat, dengan lebih dari 900 ton es dan 30.000 ton salju.

Es digunakan untuk membuat desain Icebar dan gelas es, yang digunakan untuk kelas pahat es, acara, dan peluncuran produk di seluruh dunia sedangkan salju digunakan untuk membangun struktur yang kuat untuk bangunan tersebut.

Sumber foto : discover-the-world.com

Setelah selesai, hotel ini memiliki bar, gereja, aula utama, area resepsionis, ditambah sekitar 100 kamar untuk para tamu. Hotel ini juga memiliki restoran es. Perabotannya berupa balok-balok es berbentuk kursi dan tempat tidur. Dinding tebal, lantai dan langit-langit terbuat dari es. Bahkan tempat tidur, perlengkapan dan dekorasi diukir dari es. Tidak ada ruangan yang bentuknya sama, kamar-kamarnya merupakan karya seni yang unik.

Fasilitas hotel

Di Icehotel, tempat tidurnya dilengkapi dengan bulu rusa kutub dan orang-orang diberi peralatan khusus untuk digunakan saat tidur di hotel. Para tamu tidur di kantong tidur (sleeping bag).

Tidak ada pemanas ruangan, dan suhu kamar tidur selalu sekitar −5°C. Tidak ada pipa ledeng di hotel, tetapi ada sauna di area Icehotel dengan bak air panas di luar ruangan.

Suite es tidak memiliki fasilitas kamar mandi, tetapi kamar mandi untuk para tamu dapat ditemukan di gedung yang hangat di dekatnya. Ada juga akomodasi hangat yang tersedia di sebelah hotel.

Fakta menarik Icehotel

  • Icehotel di Jukkasjarvi dikenal sebagai hotel es dan salju terbesar di dunia, dengan luas lebih dari 6.000 meter persegi.

  • Setiap suite bentuknya unik dan arsitektur hotel berubah setiap tahun, karena dibangun kembali dari awal. Setiap tahun, seniman mengirimkan ide mereka, dan juri memilih sekitar 50 seniman untuk membuat gereja, icebar, ruang resepsi, aula utama dan suite.

  • Saat musim semi tiba, semuanya mencair dan kembali ke Sungai Torne, sehingga Icehotel hanya ada antara Desember dan April.

  • Icehotel telah terdaftar sebagai salah satu dari Tujuh Keajaiban Swedia.

  • Aurora borealis di belahan bumi utara dapat dilihat selama bulan-bulan musim dingin di lokasi tersebut.

Hotel pernah ditayangkan dalam film dokumenter oleh Discovery Channel, National Geographic, BBC dan Channel 5. Hotel juga muncul dalam sketsa tentang Swedia di salah satu pertunjukan Kontes Lagu Eurovision 2013, atas izin Lynda Woodruff.

Icehotel memiliki tamu dari banyak negara, dan dilaporkan bahwa lebih dari satu juta tamu telah berkunjung sejak didirikan, meskipun sebagian besar tamu berkunjung tanpa menginap.

Sumber : Wikipedia dan lainnya.

Tentang Penulis :

Hai, Saya adalah seorang blogger yang senang mempelajari berbagai macam hal, terutama seni, teknologi, dan ilmu pengetahuan umum. Saya membuat blog ini bertujuan untuk berbagi hal yang bermanfaat, termasuk hal yang telah saya pelajari.

Artikel Terkait

Post Terbaru Post Sebelumnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar