Jenis pisang yang daunnya bagus untuk dijadikan pembungkus makanan

Membungkus makanan menggunakan daun pisang sangat bagus tak hanya untuk kesehatan tapi juga baik untuk lingkungan karena tidak akan meninggalkan sampah abadi seperti halnya plastik.

Namun sebelumnya, baiknya kita ketahui dulu mengenai jenis pisang apa yang daunnya bagus untuk dijadikan pembungkus makanan karena di negara kita, Indonesia, tumbuh banyak sekali pohon pisang dari berbagai jenis dan menurut tradisi dari beberapa orang khususnya aLez sendiri, tak semua jenis pisang daunnya cocok untuk dijadikan pembungkus makanan.

Hal itu dikarenakan pohon pisang dari setiap jenis memiliki karakteristik yang berbeda, baik itu dari buah yang dihasilkan maupun aroma atau wangi dari buah dan juga daunnya sehingga hal tersebut pun sering dijadikan patokan untuk menentukan jenis pengolahan yang tepat untuk masing-masing jenis pisang.

Jenis pohon pisang yang daunnya cocok dijadikan pembungkus makanan

Adalah pohon pisang jenis Manggala yang daunnya sangat cocok, baik, dan juga bagus untuk dijadikan pembungkus makanan karena daun dari pohon pisang Manggala ini sangat harum setelah diolah sebagai bungkus makanan.

Tak hanya itu, dengan menggunakan daun pisang Manggala, makanan yang diolah seperti pepes akan menghasilkan aroma yang wangi, dan rasa makanan pun akan menjadi enak.

Ini pernah dialami berdasarkan pengalaman sendiri yang pada saat itu menggunakan daun dari pohon pisang jenis Mauli untuk dijadikan pembungkus pepes ikan mas. Setelah matang kemudian dicicipi, rasanya sedikit pahit.

Sehingga sejak saat itu, aLez selalu menggunakan daun pisang Manggala sebagai pembungkus makanan.

Ciri-ciri pohon pisang Manggala

Pohon pisang Manggala atau pisang biji yang juga disebut pisang Klutuk memiliki beberapa ciri khas di antaranya yaitu :

  1. Terdapat banyak biji di dalam buahnya

  2. Daunnya lebar, mengkilat, liat dan tak mudah sobek

  3. Memiliki waktu yang cukup lama untuk berbuah

Itulah beberapa ciri dari pohon pisang jenis Manggala yang mungkin terdapat perbedaan dengan kenyataannya terutama dari daun dan waktu berbuah karena itu tergantung dari cara tumbuh, perawatan, serta media tanam atau tanah tempat tumbuh.

Memang, ciri-ciri dari pohon pisang Manggala ini tidak dapat dilihat dengan mudah kecuali saat dia berbuah. Maka dari itu, apabila hendak mengambil daun dari pohon pisang yang tumbuh tanpa pemilik, baiknya kita tanyakan dulu kepada yang lebih paham mengenai jenis pohon pisang tersebut.

Biasanya para petani kebun lebih paham karena mereka pun tahu bahwa semua petani pisang menanam pisang jenis Manggala untuk dijual daunnya sebagai pembungkus makanan.

Semoga bermanfaat.

© aLez

Tentang Penulis :

Hai, Saya adalah seorang blogger yang senang mempelajari berbagai macam hal, terutama seni, teknologi, dan ilmu pengetahuan umum. Saya membuat blog ini bertujuan untuk berbagi hal yang bermanfaat, termasuk hal yang telah saya pelajari.

Artikel Terkait

Post Terbaru Post Sebelumnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar