Keindahan Danau Lima Bunga, danau warna-warni yang jernih

Bila di Jepang terdapat kolam berwarna biru, maka China mempunyai sebuah danau yang tak hanya berwarna biru, melainkan warna-warni yang dinamakan Danau Lima Bunga atau Five Flower Lake.

Uniknya, walaupun memiliki warna yang beragam, tapi airnya sangat jernih, bahkan dasar danau pun sanggup terlihat.

Menakjubkan ya, tapi akan lebih menakjubkan lagi jika kita tahu sebabnya mengapa hal itu bisa terjadi. Maka dari itu, simak penjelasannya di bawah ini.

Sumber foto : Google

Danau Lima Bunga merupakan bagian dari Taman Nasional Jiuzhaigou. Terletak di China barat daya, Taman Nasional Jiuzhaigou adalah sebuah lembah di Dataran Tinggi Tibet. Lembah Jiuzhaigou masuk dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO karena suatu alasan.

Selain pemandangan yang menakjubkan, lembah ini juga menjadi rumah bagi lebih dari selusin danau dan air terjun. Tapi, yang paling spektakuler dari semuanya adalah Danau Lima Bunga.

Danau Lima Bunga dikelilingi oleh pegunungan. Kedalaman danau adalah 16 kaki, tetapi dasar danau terlihat di bawah airnya yang jernih. Warnanya bervariasi dan sangat menarik untuk diamati, dari warna kuning, hijau zamrud, giok tua hingga pirus muda, dengan sedikit koral. Tapi, seringkali airnya berwarna biru safir.

Tempat itu diselimuti banyak rahasia dan misteri. Meskipun danau-danau di sekitarnya secara berkala mencair dan mengering, permukaan air di Danau Lima Bunga selalu konstan.

Danau tidak membeku di musim dingin. Itu merupakan salah satu alasan yang membuat penduduk setempat menganggapnya sebagai danau suci. Namun, sebenarnya ada penjelasan yang lebih masuk akal, yaitu karena airnya mengandung kapur, kalsium karbonat, dan hidrofit warna-warni. Selain itu, mata air panas bawah air mengalir ke danau, sehingga danau tidak membeku.

Sumber foto : Google

Cagar Alam Jiuzhaigou bertujuan untuk melestarikan alam semaksimal mungkin. Tapi, ada jalan setapak yang dikembangkan dengan sangat baik di samping danau, jeram, dan air terjun yang jernih.

Layanan bus disediakan, tetapi selalu penuh dengan cepat. Juga, ada bus antar-jemput, yang membawa pengunjung berkeliling lebih cepat. Namun, lebih baik menjelajahi tempat itu dengan berjalan kaki, agar dapat menikmatinya sepenuhnya.

Sedangkan penjelasan di bawah ini adalah dikutip dari sumber travelchinaguide.com.

Mengapa disebut Danau Lima Bunga?

Disebabkan oleh pengendapan travertine di dasar danau, berbagai alga warna-warni dan perbedaan sebaran tumbuhan terendam, telah membentuk banyak blok warna-warni di dasar danau, seperti biru royal, hijau zamrud, kuning jingga dan merah muda, hal-hal tersebut lah yang membuat danau ini dinamakan Danau Lima Bunga.

Tentang Penulis :

Hai, Saya adalah seorang blogger yang senang mempelajari berbagai macam hal, terutama seni, teknologi, dan ilmu pengetahuan umum. Saya membuat blog ini bertujuan untuk berbagi hal yang bermanfaat, termasuk hal yang telah saya pelajari.

Artikel Terkait

Post Terbaru Post Sebelumnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar