Pohon Air dan Sumur Penyihir yang suka menyemburkan air

Terdapat dua fenomena alam yang sejenis, yaitu Pohon Air dan Sumur Penyihir. Keduanya sama-sama menyemburkan air. Bedanya yaitu selain dari kondisi dan tempatnya, juga dari kisah yang membentuk namanya. Yang mana satu di antaranya memiliki legenda yang cukup aneh.

Pohon Air

Di Montenegro, terdapat sebuah keunikan yang hampir tidak ada duanya. Pohon Murbei dapat menyemburkan air dari batang pohonnya, sehingga pohon ini juga dijuluki sebagai Pohon Air atau Water Tree.

Foto via Youtube

Mirip seperti 'sesuatu' yang sedang mengeluarkan air seni, keunikan Pohon Air yang berdiri kokoh dikelilingi oleh padang rumput dan berubah menjadi air mancur setiap datang hujan deras ini, ternyata bukanlah sebuah hal magis melainkan hanya fenomena alam biasa, namun langka. Bahkan, penduduk lokal tempat pohon berada di desa Dinosa pun tidak ada yang memiliki legenda mengenai ini.

Itu terjadi karena Pohon Murbei (Murbai/Bebesaran/Mulberry) ini mendapatkan pasokan air untuk disemburkan dari mata air bawah tanah. Rupanya, hujan deras telah membanjiri mata air dan tekanan tambahan yang diciptakan mendorong air ke atas batang pohon melalui celah atau cekungan di batang pohon, hingga mengalir keluar dari lubang.

Tanahnya cukup licin menandakan banyaknya air yang ada di dalam tanah dan di bawahnya. Gemericik air dari lubang lain di padang rumput juga dapat disaksikan. Bahkan seluruh area mengalir seperti sungai kecil.

Menurut seorang pria setempat yang diwawancarai, hal ini telah terjadi selama 20-25 tahun terakhir atau bahkan mungkin lebih lama. Dia memperkirakan pohon itu berusia lebih dari 100 hingga 150 tahun.

Sehingga apabila pengunjung ingin menyaksikan fenomena ini, mereka harus datang saat hujan turun deras.


Sumur Penyihir

Fenomena alam sejenis, terjadi di Estonia. Kejadiannya memang serupa dengan Pohon Air, tapi tentu saja bentuknya tidak sama, bahkan fenomena alam ini memiliki legenda tentangnya.

Cobalah berkunjung ke kota Tuhala di Estonia dan cari Sumur Penyihir, begitulah namanya yang terdengar sedikit menyeramkan dan penuh takhayul. Itu adalah sebuah sumur, yang mulai menyemburkan air setelah hujan lebat.

Sumur tersebut kebetulan ditempatkan tepat di atas sungai bawah tanah. Setelah air hujan membanjiri sungai, tekanan air meningkat hingga keluar dari sumur, terkadang sampai setinggi setengah meter. Ini berlanjut selama beberapa hari. Selama ini, lebih dari 100 liter air dapat mengalir keluar setiap detik.

Sumber foto : visitestonia.com

Fenomena ini dikaitkan dengan kisah yang diceritakan oleh penduduk setempat di mana para penyihir Tuhala berkumpul di sauna bawah tanah dan di antara mereka saling memukul dengan ranting pohon Birch/Betula yang menyebabkan air menyembur keluar dari sumur. Itu sebabnya sumur tersebut dinamakan Sumur Penyihir. Ketika sumur tidak meluap, itu tandanya penyihir sedang baik.

Foto via amusingplanet.com

Sumber : amusingplanet.com, Radio Free Europe/Radio Liberty - rferl.org

Tentang Penulis :

Hai, Saya adalah seorang blogger yang senang mempelajari berbagai macam hal, terutama seni, teknologi, dan ilmu pengetahuan umum. Saya membuat blog ini bertujuan untuk berbagi hal yang bermanfaat, termasuk hal yang telah saya pelajari.

Artikel Terkait

Post Terbaru Post Sebelumnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar