Pulau yang hanya diisi oleh satu rumah

Menyebut nama pulau, yang terbersit dalam benak kita adalah daratan yang luas, apalagi pulau tersebut memiliki penghuni, setidaknya paling kecil seperti Singapura.

Berbeda halnya dengan pulau yang satu ini, namanya saja sudah unik dan aneh yaitu 'Pulau Hanya Cukup untuk Ruangan' atau lebih dikenal sebagai Just Room Enough Island.

Dinamakan demikian karena pulau ini memang kecil sekecil-kecilnya dan hanya cukup untuk dibangun satu rumah saja. Bahkan luas pulau hanya beberapa meter lebih besar dari bangunan rumah yang didirikan.

Sumber foto : Wikimedia

Mengutip artikel Wikipedia, terletak di perbatasan Kanada-Amerika Serikat di atas sungai St.Lawrence Timur di Ontario. Just Room Enough yang juga dikenal sebagai Hub Island merupakan pulau terkecil yang menjadi bagian dari Kepulauan Thousand Islands, dibeli oleh keluarga Sizeland pada tahun 1950-an.

Pada awalnya, mereka membeli pulau tersebut dengan harapan memiliki tempat untuk menjauh dari keramaian dan hiruk-pikuk kehidupan sehari-hari. Berkat idenya yang kreatif, kemudian mereka mendirikan sebuah rumah unik di atas pulau ini dengan beberapa pohon di sampingnya.

Jika melihat ukurannya, pulau ini bahkan tidak layak disebut pulau. Tapi menurut pemerintah Amerika Serikat, Just Room Enough Island telah memenuhi kriteria yang ditetapkan oleh Amerika Serikat tentang pengakuan sebuah wilayah menjadi sebuah pulau, yaitu berada di atas permukaan air selama kurun waktu tertentu, memiliki luas lebih dari satu kaki persegi (0.093 meter persegi) dan memiliki sekurang-kurangnya satu pohon yang hidup.

Sumber foto : Google

Apakah mereka tidak khawatir dengan gelombang laut?

Entahlah, yang pasti pulau yang akhirnya dikenal dengan nama Just Room Enough Island ini menjadi salah satu pulau yang cukup populer dan terkenal di dunia.

Seperti yang telah disebutkan di atas bahwa niat awal pemilik membeli pulau dan membangun sebuah rumah di tempat terpencil adalah untuk menghindari keramaian, tapi justru malah menarik perhatian banyak orang.

Bahkan pulau yang mereka tempati saat ini banyak dikunjungi wisatawan, dan secara tidak langsung telah mengubahnya menjadi objek wisata, apa boleh buat.

Sumber : Wikipedia dan lainnya.

Tentang Penulis :

Hai, Saya adalah seorang blogger yang senang mempelajari berbagai macam hal, terutama seni, teknologi, dan ilmu pengetahuan umum. Saya membuat blog ini bertujuan untuk berbagi hal yang bermanfaat, termasuk hal yang telah saya pelajari.

Artikel Terkait

Post Terbaru Post Sebelumnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar