16 danau cantik di satu taman, menakjubkan dan hampir tak ada duanya

Taman Nasional Danau Plitvice memiliki 16 danau yang cantik, indah, menakjubkan. Bahkan memiliki pemandangan alam yang spektakuler dan juga banyak cerita sejarah dari sejak berabad-abad lalu. Itulah sebabnya danau beserta Taman Nasionalnya hampir tak ada bandingannya.

Terletak di Kroasia, Taman Nasional Danau Plitvice yang didirikan pada tahun 1949 merupakan kawasan yang dilindungi oleh pemerintah secara ketat sebagai cara untuk melestarikan alam, dan sebagai akibat dari kejadian sebelumnya terhadap kawasan taman. Pada tahun 1979 masuk dalam daftar Warisan Dunia UNESCO.

Taman ini terkenal dengan danaunya yang berjumlah 16, danau-danau tersebut memiliki keistimewaan dalam warnanya.

Setiap danau memiliki warna yang berbeda, mulai dari biru langit hingga hijau, abu-abu atau biru. Itu disebabkan oleh alga dan rerumputan di dasar danau. Warna berubah secara konstan tergantung dari jumlah mineral atau organisme di dalam air dan sudut sinar matahari.

Plitvice

16 danau yang bisa dilihat dari permukaan dikelompokkan menjadi 12 Danau Atas dan 4 Danau Bawah.

Dua danau terbesar adalah Prošćansko jezero dan Kozjak, danau ini juga merupakan yang terdalam, dengan kedalaman masing-masing 37 dan 47 meter.

Tak satu pun dari danau yang lain di taman melebihi kedalaman 25 meter. Ketinggian dari danau pertama ke yang terakhir adalah 133 meter.

Danau ini adalah hasil pertemuan beberapa sungai kecil dan sungai karst bawah tanah. Semua danau saling berhubungan dan mengikuti aliran air. Mereka dipisahkan oleh bendungan alami travertin (travertin : batuan alam), yang diendapkan oleh lumut, alga, dan bakteri.

Perairan keluar dari danau terendah yang kemudian membentuk sungai bernama Sungai Korana.

Plitvice

Terdapat air terjun tertinggi yaitu Great Waterfall atau 'Veliki slap' di ujung bawah danau, di mana sungai Plitvica jatuh, sungai ini terhubung ke danau melalui air terjun tersebut.

Air terjun lainnya yaitu Galovac Waterfall atau 'Galovački buk' yang jatuh ke salah satu danau di bagian atas.

Di dalam kawasan taman nasional ada 19 permukiman kecil. Semuanya membentuk Kota Danau Plitvice.

Posisi geografis tertentu dari Danau Plitvice dan fitur iklim khusus, berkontribusi pada munculnya banyak fenomena alam dan keanekaragaman hayati yang kaya, berbagai macam flora dan fauna dapat dijumpai.

Great Waterfall

Sejarah

Manusia telah mendiami area Danau Plitvice sejak seribu tahun lalu. Telah ditempati secara bergiliran oleh bangsa-bangsa penakluk zaman dulu, di antaranya yaitu Celtic, Romawi, Slavia, bahkan Turki Utsmaniyah atau Ottoman dan Napoleon.

Legenda

Masing-masing dari 16 danau di Danau Plitvice memiliki nama berbeda, bahkan setiap danau memiliki cerita atau legenda yang berbeda pula.

Namun, sebagian besar nama danau berasal dari peristiwa nyata. Contohnya adalah danau Prošćansko, dinamakan demikian karena pagar yang berada di sana, dibangun oleh petani sebagai pembatas antara lahan pertanian dan danau. Dulu, para petani mempertaruhkan (prošće Kroasia), tiang, semak belukar dan tanah untuk membangun pagar ini.

Plitvice

Selama abad ke-20, pariwisata tidak terkontrol dan pencemaran air yang disebabkan oleh air limbah dari hotel dan kegiatan pertanian di daerah sekitarnya telah menyebabkan kerusakan. Maka, sejak 2006, pengunjung dilarang keras mandi atau berenang di danau yang mana sebelumnya berenang diizinkan di Danau Kozjak.

Sumber : Wikipedia

Tentang Penulis :

Hai, Saya adalah seorang blogger yang senang mempelajari berbagai macam hal, terutama seni, teknologi, dan ilmu pengetahuan umum. Saya membuat blog ini bertujuan untuk berbagi hal yang bermanfaat, termasuk hal yang telah saya pelajari.

Artikel Terkait

Post Terbaru Post Sebelumnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar