Batu mirip jamur besar yang terbentuk secara alami

Batu unik di Norwegia bernama Kannesteinen Rock, tampak seperti batu yang diukir oleh manusia selayaknya membuat patung batu. Akan tetapi, itu ternyata dibentuk secara alami oleh alam itu sendiri.

Batu yang berdiri di pinggir pantai di desa Oppedal di pulau Vågsøy, Nordfjord, Norwegia, dibentuk oleh ombak. Selama ribuan tahun, ombak telah membangun garis pantai Norwegia dan membentuk banyak formasi aneh. Satu dari yang paling terkenal adalah batu Kannesteinen di pulau Vågsøy.

Kannesteinen tidak begitu spektakuler bila pengunjung melihatnya dari tepi laut, tetapi jika dilihat dari desa samping, itu merupakan tema yang sangat indah sebagai objek fotografi.

Beberapa orang akan mengatakan itu menyerupai sebuah piala di batang tipis. Beberapa lainnya melihat itu seperti jamur. Namun, orang-orang lokal menyebutnya 'Kannestolen' atau 'Kursi Kanne', dan mereka tidak menyukai fakta bahwa batu itu telah diberi nama baru oleh orang-orang. Karena menurut pendapat mereka, istilah lama lebih masuk akal sebagai batu menyerupai kursi dengan satu kaki.

Menurut sains

Pantai Kvalheimsvika, tempat batu ini berada, terletak di sebelah barat pulau Vågsøy, menghadap ke laut terbuka. Pantai ini terkena angin barat yang kuat dan juga diterjang ombak besar. Beberapa batuan mengalami pelapukan dan dibentuk oleh gelombang ini.

Batu Kannesteinen sebagian besar terdiri dari batuan Eklogit yang merupakan batuan umum di bagian Nordfjord ini. Ia memiliki ketinggian 3 meter. Lingkar terlebar berukuran 10,4 meter, sedangkan bagian tersempit dari 'batang' berukuran 6,3 meter.

Batuan dasar di Selje dan Vågsøy sebagian besar terdiri dari Gneiss bergaris atau bergaris abu-abu, dan merupakan batuan yang paling umum di Norwegia barat. (Gneiss : jenis batuan metamorf)

Eklogit adalah batu indah yang sering digunakan untuk hiasan, tetapi sulit untuk diambil, dan tidak terlalu tahan terhadap angin dan cuaca. Eklogit dua kali lebih berat dari Gneiss dan sebelumnya banyak digunakan sebagai pemberat di kapal. Di permukaan, Eklogit memiliki warna coklat kemerahan.

Objek wisata

Batu Kannesteinen digunakan di banyak brosur wisata di Vågsøy dan Nordfjord sebagai penarik perhatian wisatawan. Pada saat itu telah menjadi objek yang paling banyak difoto di antara objek lainnya yang ada di Vågsøy, itu karena batu ini memiliki keindahan tersendiri.

Batu tersebut terletak di tepi pantai, di saat air pasang, laut mengelilingi batu tersebut. Namun, saat air surut, pengunjung dapat mencapai batu tanpa membuat kakinya basah.

Banyak pengunjung yang memanjat ke atas batu untuk difoto dengan pose sedang bertengger di atasnya. Cara lain untuk naik ke atas batu adalah dengan melompat dari batu licin di sampingnya, tetapi tindakan ini khusus untuk para pemberani saja.

Jalan masuk ke batu menjadi lebih mudah di kemudian hari, dengan rel dan papan kayu.

Batuan Kannesteinen juga telah terdaftar sebagai lokasi yang dilindungi menurut hukum Norwegia. Batuan itu harus tetap berdiri di lingkungannya sendiri, demikian pernyataannya.

Sumber : geocaching.com

Foto via vivest.no

Tentang Penulis :

Hai, Saya adalah seorang blogger yang senang mempelajari berbagai macam hal, terutama seni, teknologi, dan ilmu pengetahuan umum. Saya membuat blog ini bertujuan untuk berbagi hal yang bermanfaat, termasuk hal yang telah saya pelajari.

Artikel Terkait

Post Terbaru Post Sebelumnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar