Fenomena alam Batu Gajah, formasi batu yang mirip kepala gajah raksasa

Terkenal dengan nama Elephant Rock atau Batu Gajah, adalah formasi batu alam di Kepulauan Westman yang terletak sekitar 7,4 kilometer dari Pantai Selatan Islandia.

Foto : Diego Delso, delso.photo, License CC-BY-SA / Wikimedia

Dinamakan Elephant Rock, karena formasi batu ini sangat mirip dengan kepala gajah raksasa yang sedang menenggelamkan separuh belalainya di bawah air, seolah-olah mencoba menghilangkan rasa haus dengan air Samudera Atlantik. Bahkan warnanya pun mirip, dan juga terdapat bagian yang keriput seperti kulit gajah pada umumnya.

Sehingga, tak sedikit orang beranggapan bahwa itu merupakan hasil karya manusia, akan tetapi fakta membuktikan bahwa itu terjadi secara alami akibat dari letusan gunung berapi.

Bagaimana Elephant Rock terbentuk?

Elephant Rock terletak di bagian pinggir Heimaey yang merupakan pulau terbesar dan satu-satunya yang berpenghuni dari Kepulauan Westman.

Sedangkan Kepulauan Westman itu sendiri merupakan gugusan 15 pulau dan sekitar 30 terumbu karang yang diciptakan oleh aktivitas vulkanik bawah laut.

Seluruh pulau di Kepulauan Westman terletak di Zona Gunung Berapi Islandia Selatan, dan terbentuk akibat dari letusan gunung berapi Eldfell selama berkali-kali.

Sehingga tidak mengherankan jika kemudian pulau-pulau itu menghasilkan banyak formasi batuan yang luar biasa. Termasuk salah satunya yaitu Elephant Rock.

Sumber foto : adventures.is

Bahkan gunung berapi masih aktif hingga saat ini. Namun, letusan signifikan yang terakhir terjadi pada tahun 1973, yang mengakibatkan evakuasi seluruh populasi Heimaey.

Bencana yang terakhir ini, bagaimanapun juga, menciptakan banyak tempat wisata yang saat ini bersaing dengan Elephant Rock untuk kepopuleran. Salah satunya yaitu Kawah Eldfell, di samping itu, ada juga Museum Eldheimar, yang mendokumentasikan kisah tentang bagaimana pulau itu diselamatkan dari kehancuran total.

Sumber foto : adventures.is

Elephant Rock terbentuk di tebing yang strukturnya merupakan batuan basal, tekstur batuan memberikan bentuk yang terlihat keriput dan keabu-abuan menyerupai kulit gajah.

Basal adalah sangat umum di Islandia. Beberapa lainnya yang terkenal ditemukan di Air Terjun Svartifoss dan beberapa tempat lainnya.

Sumber foto : guidetoiceland.is

Fenomena alam Elephant Rock hanyalah salah satu dari sekian banyak keindahan yang bisa ditemukan di tempat itu, yang bisa dikunjungi oleh mereka yang menyewa mobil atau naik Westman Islands tur, lalu naik feri dari Landeyjahöfn atau Þórlakshöfn ke Kepulauan Westman. Dari sini, mereka perlu melakukan perjalanan perahu selama satu jam ke Elephant Rock.

Alasan lain untuk mengunjungi Kepulauan Westman adalah termasuk melihat kehidupan burung puffin dan paus.

Sumber : guidetoiceland.is, adventures.is

Tentang Penulis :

Hai, Saya adalah seorang blogger yang senang mempelajari berbagai macam hal, terutama seni, teknologi, dan ilmu pengetahuan umum. Saya membuat blog ini bertujuan untuk berbagi hal yang bermanfaat, termasuk hal yang telah saya pelajari.

Artikel Terkait

Post Terbaru Post Sebelumnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar