Jalan Raya unik yang kadang ada kadang tiada

Jalan sepanjang 4.125 km yang dinamai Le Passage du Gois, di Prancis, yang merupakan jalan legendaris ini, kadang-kadang menghilang dari pandangan. Tapi beberapa saat kemudian, dia kembali muncul. Bagaimana itu terjadi? Ternyata jalan terendam air.

Sumber foto : commons.wikimedia.org

Fenomena jalan terendam air atau bahkan banjir, sebenarnya merupakan hal umum yang terjadi di negara mana pun di belahan bumi ini. Namun, untuk yang satu ini justru menjadi daya tarik wisatawan mancanegara dan menempatkan dirinya sebagai salah satu objek wisata unik yang cukup populer.

Terletak di pantai Atlantik, jalan yang mengarah dari Beauvour-sur-Mer di daratan Prancis menuju ke pulau Noirmoutier yang indah ini, rupanya telah menjadi kebiasaannya dilanda banjir. Bahkan itu terjadi dua kali dalam sehari saat air laut mulai pasang.

Pada kondisi ini, jalan benar-benar menghilang, tersembunyi di bawah genangan air yang terkadang bisa mencapai setinggi 1 hingga 4 meter. Sehingga hanya dapat dilalui beberapa jam setiap hari sebelum pulau ditutup, dan tentu saja saat air surut.

Menariknya, justru kondisi ini terlihat seperti keajaiban alam, karena seluruhnya tampak indah apalagi jika diabadikan sebagai karya seni fotografi. Itulah sebabnya banyak pengunjung yang datang untuk menantikan 'acara' spektakuler tersebut, sementara dari mereka ada juga yang mengumpulkan kerang dan tiram.

Fakta menarik lainnya adalah, jalan Le Passage du Gois ini pernah dua kali tampil dalam perlombaan sepeda Tour de France yang terkenal di dunia.



Meskipun mengamati hilangnya jalan mungkin menjadi sebuah hal yang menarik, namun juga berbahaya. Itulah sebabnya di sana telah disediakan panel digital khusus yang memberi tahu orang apakah jalannya bisa dilalui. Panel ini diperbarui secara berkala dengan peringatan permukaan laut dan pengingat batas kecepatan.

Tapi tentu saja, tidak semua orang mendengarkan. Terlepas dari tanda-tandanya, ada insiden setiap tahun karena orang-orang terjebak oleh gelombang pasang yang cepat, dan bahkan kadang-kadang kematian.

Foto via Youtube

Panjang jalan membuatnya semakin berbahaya karena jika Anda terjebak dalam banjir, akan sangat sulit untuk mencapai lahan kering sebelum seluruh bentangan terendam air setinggi dada.

Karena alasan inilah menara penyelamat yang ditinggikan telah dibuat, menawarkan tempat bagi para pelancong yang terdampar untuk bertengger sampai air surut, meskipun mobil tidak pernah seberuntung itu.

Oleh karena itu, wisatawan umumnya disarankan untuk tidak menggunakan jalan raya kecuali benar-benar diperlukan.



Terlepas dari semua hal itu, Le Passage du Gois merupakan subyek dari banyak cerita, yang paling terkenal adalah yang terkait dengan Napoleon dan Inggris. Selain itu, banyak cerita legenda tentang orang-orang yang tidak jujur yang terperangkap air pasang.

Sumber : passagedugois.com, caravanile.com

Tentang Penulis :

Hai, Saya adalah seorang blogger yang senang mempelajari berbagai macam hal, terutama seni, teknologi, dan ilmu pengetahuan umum. Saya membuat blog ini bertujuan untuk berbagi hal yang bermanfaat, termasuk hal yang telah saya pelajari.

Artikel Terkait

Post Terbaru Post Sebelumnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar