Jalan unik nan berbahaya di Georgia

Termasuk ke dalam salah satu jalan paling berbahaya di dunia, jalan menuju Tusheti, Georgia, memiliki bentuk yang unik. Tetapi karena letaknya di lereng utara pegunungan Kaukasus, menuju ke sana cukup menantang.

Tusheti sendiri adalah daerah terpencil yang murni yang terletak di pegunungan Georgia bagian timur laut.

Terletak jauh di pegunungan, ini adalah wilayah paling terisolasi di Georgia pada ketinggian 900-4.800 meter di atas permukaan laut. Itu ditutupi dengan jurang dan dua lembah sungai utama yaitu Gometseri Alazani dan Pirikiti Alazani.

Satu-satunya jalur kehidupan yang menghubungkan Tusheti dengan daerah lain di negeri ini adalah jalan berbahaya yang melintasi Abano pass setinggi 2.850 meter. Tidak beraspal dan sangat bergelombang.

Itu juga alasan utama mengapa Tusheti belum diserbu oleh wisatawan meskipun jumlahnya terus meningkat dari 1.000 wisatawan pada 2008 menjadi lebih dari 15.000 pengunjung pada 2018.

Abano Pass adalah jalur pegunungan tinggi yang terletak di wilayah Tusheti, Georgia, di bagian tengah Pegunungan Kaukasus Besar, pada ketinggian 2.850 meter di atas permukaan laut.

Itu merupakan jalur gunung tertinggi yang bisa dilalui di Kaukasus dan salah satu yang tertinggi di Eropa. Pass ini hanya bisa dikendarai oleh mobil 4x4. Kondisi dapat berubah dengan cepat dan menjadi keras, dan penutupan jalan sering terjadi.

Jalan ini penuh dengan tikungan dan belokan. Lintasan bisa menjadi sangat berlumpur dan licin setelah hujan sehingga sulit untuk dilalui.

Selama dan setelah badai, jalan mungkin tidak bisa dilalui, bahkan dengan kendaraan roda empat. Dari musim gugur hingga musim semi, jalan diblokir oleh salju sehingga tidak dapat dilewati. Dan bahkan setelah salju mencair, beberapa bagian rusak akibat tanah longsor dan harus dibangun kembali.

Untuk alasan ini, jalan biasanya dibuka pada akhir Mei atau (seperti tahun 2017-2018) bahkan pada paruh pertama bulan Juni.

Kehidupan di Tusheti diuraikan oleh dua peristiwa utama yaitu pembukaan dan penutupan jalan gunung. Jalan menuju Tusheti biasanya dibuka pada akhir Mei ketika buldoser membersihkan jalan dan para gembala lokal menggembalakan kawanan dombanya melalui Abano ke padang rumput musim panas di pegunungan. Mereka diikuti oleh wisatawan dan pendaki yang ingin menjelajahi daerah unik ini.

Kemudian pada musim gugur (biasanya pada akhir September) para gembala menggiring kawanannya kembali ke dataran rendah dan jalan akan segera terhalang oleh salju. Dan Tusheti jatuh ke dalam tidur musim dinginnya lagi, hanya penjaga perbatasan dan beberapa lusin orang tinggal di sini selama periode ini untuk menjaga desa-desa yang ditinggalkan.

Jalan unik yang menjadi satu-satunya jalan yang menghubungkan Tusheti dengan daerah lain di Georgia ini, dibangun pada tahun 80-an dan sejak itu, hanya ada perawatan yang diperlukan. Namun, tidak termasuk bagian yang pada dasarnya harus dibangun kembali setelah tanah longsor.

Oleh karena itu, kecepatan perjalanan di sini terbatas dan jarak 50 km ini bisa memakan waktu bahkan 4 jam untuk menyelesaikannya. Namun, pemerintah baru-baru ini menjanjikan rekonstruksi besar-besaran yang akan sangat mengurangi waktu perjalanan.

Sumber : caucasus-trekking.com, dangerousroads.org

Foto via Facebook page : I Love Tusheti

Tentang Penulis :

Hai, Saya adalah seorang blogger yang senang mempelajari berbagai macam hal, terutama seni, teknologi, dan ilmu pengetahuan umum. Saya membuat blog ini bertujuan untuk berbagi hal yang bermanfaat, termasuk hal yang telah saya pelajari.

Artikel Terkait

Post Terbaru Post Sebelumnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar