Jalur sepeda yang membelah kolam

Di Belgia, terdapat satu objek wisata yang sangat unik dan saat ini menjadi satu-satunya di Eropa, yaitu jalur sepeda yang dibangun di antara 2 kolam.

Foto : visitlimburg.be

Disebut sebagai 'Bersepeda Melalui Air' atau 'Cycling Through Water', objek wisata ini sesuai dengan namanya, di mana para pengunjung dapat melakukan kegiatan bersepeda di sebuah jalan yang membelah kolam. Sehingga para pengendara di jalur ini akan dapat melihat air kolam di sampingnya dan bukan di bawahnya.

Suasana di tempat ini sangat tenang dan nyaman karena terletak di cagar alam De Wijers. Itu merupakan cagar alam yang di dalamnya terdapat lebih dari 1200 kolam.

Lokasinya berada di kompleks cagar alam Bokrijk, kota Genk, provinsi Limburg, region Flanders, negara Belgia.

Sejak dibuka pada bulan April 2016, lebih dari 300.000 pengendara sepeda telah mengunjungi jalur bersepeda tersebut. Dan sejumlah pejalan kaki bahkan tidak termasuk dalam jumlah itu. Jadi, jalur ini juga dapat digunakan untuk pengunjung yang ingin berjalan kaki.

Pembuatan jalur ini tidak hanya untuk meningkatkan popularitas industri pariwisata bersepeda di provinsi tersebut, tetapi juga memberikan dampak lingkungan yang positif pada cagar alam De Wijers yang selama ini belum bisa dieksplor seluruhnya.

Foto : visitlimburg.be

Jalur sepeda terbuat dari beton, dengan panjang 212 meter, lebar 3 meter, dan dalamnya adalah 1,60 meter. Proyek ini selesai dalam waktu yang sangat singkat berkat kerjasama positif di antara mitra proyek.

Pembangunan jalur sepeda dipadukan dengan proyek pelestarian alam di sekitar kolam. Hal ini berdampak pada peningkatan kualitas air dan habitat hewan-hewan amfibi secara signifikan.

Di bawah jalur sepeda tersedia penyeberangan bawah tanah sehingga amfibi memiliki kemampuan untuk bergerak tanpa gangguan di antara dua kolam.

Foto : visitlimburg.be

Limburg memang terkenal sebagai surga bersepeda di Flanders, Belgia. Sejauh ini telah mengembangkan jalur bersepeda sepanjang 2.000 km dan setiap tahunnya menerima rata-rata dua juta pengendara sepeda.

Bahkan Limburg saat ini sedang mengerjakan jalur sepeda lainnya yang lebih inovatif, dalam rangka menjadikan Limburg sebagai pemimpin pasar pariwisata bersepeda menurut Badan Pariwisata Limburg.

Sumber : visitlimburg.be, landezine-award.com

Tentang Penulis :

Hai, Saya adalah seorang blogger yang senang mempelajari berbagai macam hal, terutama seni, teknologi, dan ilmu pengetahuan umum. Saya membuat blog ini bertujuan untuk berbagi hal yang bermanfaat, termasuk hal yang telah saya pelajari.

Artikel Terkait

Post Terbaru Post Sebelumnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar