Jembatan yang tidak menuju ke mana pun

Sungguh aneh sekali dengan jembatan ini, dia tidak menuju ke mana pun. Bahkan letaknya berada di tengah sungai. Lalu jika begitu, untuk apa jembatan ini dibangun jika tidak memiliki tujuan? Rupanya, jembatan ini hanya terendam air.

Sumber foto : visitscotland.com

Jembatan yang nama aslinya adalah Belhaven Bridge atau Jembatan Belhaven yang terletak di desa Biel di kota Dunbar, Skotlandia, merupakan jembatan biasa yang setiap harinya digunakan oleh penduduk untuk menyeberangi sungai Biel Water menuju ke Teluk Belhaven atau Belhaven Bay.

Jembatan ini menjadi keliru saat air sungai mulai pasang, air mengalir masuk dan memenuhi tanah di sekitarnya, yang kemudian mengisolasi jembatan. Sehingga pada saat tersebut, ketika dilihat dari kejauhan, jembatan yang berukuran agak kecil ini tampak tidak berguna sama sekali.

Itulah sebabnya Jembatan Belhaven akhirnya dikenal sebagai 'Jembatan yang tidak menuju ke mana pun' atau 'Bridge to Nowhere'.

Biel Water sebenarnya merupakan sungai kecil, mengalir sejauh 4,5 kilometer dari Luggate Burn melalui desa Biel yang terdapat jembatan kecil ini dan berakhir di Belhaven Bay.

Sumber foto : visitscotland.com

Tapi walaupun demikian, jembatan justru menjadi daya tarik wisatawan saat dia berubah menjadi 'Bridge To Nowhere' dan sekali lagi, fotografi berhasil membuatnya terkenal. Pada titik ini, sebagian besar jembatan tertutup air dan hampir tidak mungkin untuk dilintasi.

Meski begitu, bagi mereka yang menginginkan tempat yang tenang, romantis atau wisatawan yang ingin mengabadikan momen berkesan sangat menantikan air pasang.

Sehingga jembatan ini masih berguna walaupun terendam air, baik sebagai objek wisata maupun objek fotografi karena memotret jembatan saat air pasang menjadi aktivitas favorit di kalangan wisatawan dan pengunjung pantai. Bahkan gambar jembatan sepi yang dikelilingi air ini sangat menggugah dan menjadi sangat populer di kalangan fotografer.

Sumber foto : Flickr - David J Russel

Meskipun penduduk setempat dan turis sama-sama menunggu air surut untuk menghabiskan waktu di tepi pantai, namun baik saat air surut maupun pasang, keduanya menciptakan suasana yang sama spektakulernya.

Belhaven Bay sendiri adalah pantai yang indah, merupakan bagian dari John Muir Country Park, sebuah taman seluas 7,73 kilometer persegi yang didirikan pada tahun 1976.

Kawasan ini menampung lebih dari 400 spesies tanaman yang unik dan berbagai jenis kupu-kupu dan burung.

Selama musim dingin, Belhaven Bay tertutup kabut, sehingga mempertegas misteri yang menyelimuti jembatan.

Sementara itu, musim semi dan musim panas dipenuhi pemandangan dengan warna-warna cerah. Dikelilingi oleh bukit pasir yang rendah dan terlindung, rawa asin yang kaya dan padang rumput yang berwarna-warni.

Sumber : visitscotland.com, hiddenscotland.co

Tentang Penulis :

Hai, Saya adalah seorang blogger yang senang mempelajari berbagai macam hal, terutama seni, teknologi, dan ilmu pengetahuan umum. Saya membuat blog ini bertujuan untuk berbagi hal yang bermanfaat, termasuk hal yang telah saya pelajari.

Artikel Terkait

Post Terbaru Post Sebelumnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar