Restoran unik yang sebagian bangunannya tenggelam ke laut

Dari kejauhan, konstruksinya terlihat seperti balok beton raksasa yang sebagian tenggelam ke laut. Tapi sebenarnya ini merupakan sebuah restoran yang terletak di Lindesnes, Norwegia.

Kondisinya yang seperti itu memang disengaja untuk membuat restoran ini unik dari yang pernah ada.

Sumber foto : under.no

Restoran diberi nama 'Under' atau 'di bawah', karena ruang utama restoran berada 5,5 meter di bawah permukaan laut. Sedangkan pengunjung dapat memasukinya dari wilayah pantai kemudian turun ke ruangan bawah yang mulai tenggelam di bawah air.

Dengan ruang hingga 100 tamu di area seluas sekitar 500 meter persegi, restoran bawah air ini adalah yang terbesar di dunia dari jenisnya.

Arsitektur yang memukau, interior yang indah, dan makanan gourmet telah membuat sensasi internasional. Bahkan majalah bergengsi Forbes menyebutnya sebagai 'salah satu restoran paling luar biasa'.

Bangunan spektakuler ini merupakan salah satu dari sekian banyak yang dirancang oleh kantor arsitek Norwegia, yaitu Snøhetta.

Manajer proyek Rune Grasdal menjelaskan bahwa "Kami menghabiskan banyak waktu untuk membuatnya lebih sederhana. Fungsi bangunan ini adalah untuk membawa orang ke dasar laut dengan cara yang aman dan mudah. Ia harus mampu menahan kekuatan alam seperti tekanan air, ombak, dan cuaca buruk", katanya, dan melanjutkan : "Snøhetta juga telah melengkapi Under dengan furnitur, palet warna, tekstil, dan detail interior lainnya."

Sehingga tidak mengherankan jika restoran tersebut memenangkan Wallpaper Design Awards 2020 untuk Restoran baru terbaik.

Foto : Jonathan Nackstrand/AFP via thelocal.no

Sambil menikmati makanan lezat, pengunjung akan menyaksikan pemandangan laut Skagerrak yang menakjubkan, diterangi cahaya alami secara ajaib.

Melalui dinding kaca besar, pengunjung dapat melihat gerombolan ikan berkumpul di sekitar restoran, juga akan mendapatkan kesenangan yang tidak biasa saat menyaksikan hujan mencambuk permukaan laut dari bawah air.



"Ini adalah pengalaman istimewa terlepas dari musim dan cuacanya. Sungguh luar biasa berada di sini dalam cuaca badai, tetapi juga indah saat sinar matahari menciptakan pola warna yang fantastis di permukaan. Pengalaman akan berbeda-beda menurut waktu, hari dan tahun," kata Grasdal.

Tapi pemandangan bukanlah satu-satunya hal yang Under banggakan, bagaimanapun juga, ini adalah restoran, dan rasa tetap menjadi fokus utama.

Ahli dapur, koki Denmark bernama Nicolai Ellitsgaard, mendasarkan menu Under pada kekayaan alam di Lindesnes. Jelas, ini berarti bukan hanya akan terdapat banyak ikan dan makanan laut, tetapi juga burung lokal, domba liar, jamur, dan beri, bahkan makanan mewah pun siap disajikan.



"Saya dan tim bekerja sama erat dengan petani, nelayan, pemburu, dan pemanen lokal untuk menyediakan bahan-bahan segar. Dengan cara ini kami menciptakan hidangan beraroma dan inovatif yang mencerminkan lanskap." Begitulah ungkap kepala koki yang sebelumnya terkenal karena menjalankan restoran gourmet Maltid di Kristiansand.

Sumber : visitnorway.com, under.no

Tentang Penulis :

Hai, Saya adalah seorang blogger yang senang mempelajari berbagai macam hal, terutama seni, teknologi, dan ilmu pengetahuan umum. Saya membuat blog ini bertujuan untuk berbagi hal yang bermanfaat, termasuk hal yang telah saya pelajari.

Artikel Terkait

Post Terbaru Post Sebelumnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar