Tangga menakjubkan menuju kastil batu di laut

Jalan setapak berupa tangga ini merupakan jalan yang menghubungkan pulau Gaztelugatxe di pantai Basque, wilayah Basque, Spanyol, ke daratan di dekatnya.

Gaztelugatxe, yang artinya adalah 'kastil batu', merupakan objek wisata populer yang menarik banyak wisatawan, tidak hanya karena jalannya yang menakjubkan melainkan juga memiliki sejarah terutama mengenai biara yang terdapat di pulau tersebut, di mana para pengunjung dapat mencapainya melalui jalan yang menakjubkan ini.

Jalan setapak sempit berliku-liku, melintasi jembatan batu yang kokoh, dan hamparan tanah yang membentuk dua lengkungan, serta menaiki 231 anak tangga. Namun, sumber lain menyebut angka yang bervariasi, beberapa di antaranya mengatakan bahwa jalur tersebut memiliki anak tangga sebanyak 229, sementara yang lainnya menyebut 237 anak tangga.

Walaupun tidak mudah diakses, dan dibutuhkan sekitar 75 menit untuk sampai ke Gaztelugatxe dan kembali lagi, dengan pendakian sejauh 3 km, tetapi perjalanan tidak sia-sia, karena pengunjung dapat melihat beberapa pemandangan paling menakjubkan di pantai Basque yang indah.

Bahkan menurut legenda, setelah pendakian yang sedikit berat ke puncak tebing batu dan mencapai menara lonceng yang bergantung di atas, pengunjung harus membunyikan bel sebanyak tiga kali dan membuat permohonan.

Populer sebagai lokasi film Game of Thrones

Sudah cukup populer di kalangan turis, pulau semakin populer di antara para penggemar Game of Thrones setelah HBO memfilmkan adegan untuk season 7 dari serial fantasinya yaitu Game of Thrones yang menjadikan pulau Gaztelugatxe sebagai Dragonstone, dengan kastil yang dibuat secara digital.

Sedikit sejarah

Pantai Basque telah dibentuk bertahun-tahun. Laut tak henti-hentinya mengikis pantai berbatu yang menciptakan terowongan, lengkungan, dan gua. Pulau Gaztelugatxe berada di tengah bagian pantai ini.

Biara yang berdiri di atasnya saat ini bukanlah bentuk aslinya. Itu telah menjadi target pertempuran dan kebakaran berulang-ulang, gereja di dalamnya telah dibangun dan dibangun kembali selama berabad-abad.

Sejarawan percaya bahwa versi pertama dibangun pada abad ke-9 oleh Ksatria Templar. Pada abad ke-12, itu diubah menjadi biara. Rehabilitasi terakhir dilakukan pada tahun 1983, setelah kebakaran.

Mengingat lokasinya yang strategis di pantai, pulau juga pernah digunakan untuk pertahanan. Mungkin itu sebabnya dinamakan Gaztelugatxe yang berasal dari bahasa Basque, yaitu gaztelu yang berarti 'kastil' (benteng pertahanan) dan atx yang berarti 'batu', sehingga membentuk 'kastil batu'.

  1. Pada abad ke-14, itu adalah salah satu benteng pertahanan penguasa Basque melawan serangan Raja Alfonso XI dari Kastilia di tahun 1334.

  2. Pada tahun 1596, Gaztelugatxe diserang oleh Francis Drake dan sekutunya. Mereka menjarah daerah tersebut, mengambil semua yang mereka temukan.

  3. Pada abad ke-18, itu diserang oleh pasukan Inggris.

  4. Selama perang saudara Spanyol, pertempuran laut terkenal 'Cape Machichaco' terjadi di dekatnya.

Dalam upaya melindungi ekosistem laut dan darat di wilayah lokal, maka Gaztelugatxe ditetapkan sebagai 'Biotope' yang dilindungi pada tahun 1998 dan Area Konservasi Khusus (SAC) pada tahun 2013.

Pengunjung sangat disarankan untuk menghormati satwa liar dan memperhatikan limbah mereka sendiri.

Sumber : visitbiscay.eus, Wikipedia

Tentang Penulis :

Hai, Saya adalah seorang blogger yang senang mempelajari berbagai macam hal, terutama seni, teknologi, dan ilmu pengetahuan umum. Saya membuat blog ini bertujuan untuk berbagi hal yang bermanfaat, termasuk hal yang telah saya pelajari.

Artikel Terkait

Post Terbaru Post Sebelumnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar