Contoh surat pernyataan belum pernah menikah untuk melamar kerja

Untuk membuat surat pernyataan belum pernah menikah, diperlukan komputer dan sebuah program bernama Microsoft Word karena ini nantinya akan membentuk sebuah dokumen yang kemudian di-print menjadi sebuah surat menggunakan printer.

Sedangkan di handphone belum pernah dicoba karena beberapa aplikasi pembuat dokumen yang ada tidak dapat menghasilkan hal yang sama seperti oleh komputer. Dan bahkan fitur-fitur yang dibutuhkan pun tidak ada. Mereka hanya bertindak sebagai aplikasi pembaca dokumen atau pembuat dokumen yang ringan.

Tidak semua orang memiliki komputer sehingga untuk membuat surat resmi seperti ini agak sulit apalagi jika menggunakan handphone. Sedangkan untuk menggunakan jasa mungkin akan menambah banyak biaya.

Untuk itu, di sini aLez sediakan surat pernyataan belum pernah menikah bukan hanya sebagai contoh saja melainkan juga sebagai sebuah file yang sudah jadi. Itu artinya kamu hanya tinggal mendownloadnya, kemudian lihat apakah isinya sudah sesuai. Apabila sudah, maka kamu boleh langsung menge-print-nya di warnet atau di tempat yang menyediakan jasa printing.

Surat tersebut boleh kamu download di bagian bawah artikel ini. Tapi sebelumnya, mungkin kamu butuh informasi mengenai pembuatan surat ini yang boleh disimak berikut ini.

Beberapa hari yang lalu, aLez mendapat permintaan dari seseorang untuk membuat surat pernyataan belum pernah menikah untuk tujuan melamar pekerjaan.

Awalnya tak tahu sama sekali mengenai apa dan bagaimana isi surat tersebut karena berdasarkan pengalaman saat beberapa kali melamar kerja di pabrik, tak pernah sekalipun disuruh menyertakan surat seperti itu.

Berbekal informasi dari internet, akhirnya didapatlah banyak contoh. Akan tetapi, isi pernyataan dari semua surat kurang sesuai karena orang yang ingin dibuatkan surat tersebut akan melamar kerja di minimarket sedangkan contoh yang beredar di internet kebanyakan adalah contoh surat untuk melamar kerja di instansi militer atau pemerintahan dan dari semua yang ditemukan menampilkan surat yang sama. Sementara yang lainnya malah memberikan contoh surat yang tidak berhubungan dengan pekerjaan.

Akhirnya, dari semua contoh surat yang ditemui, digabungkanlah menjadi satu dengan mengubah isi dari data pribadi dan penyataan sehingga sesuai.

Beberapa hari kemudian, orang yang bersangkutan akhirnya diterima untuk bekerja di minimarket yang dimaksud. Itu menunjukkan bahwa surat yang telah dibuat tadi berarti sah dan berlaku.

Maka dari itu, aLez ingin membagikan surat tersebut untuk kalian yang membutuhkan karena seperti yang telah disebutkan bahwa surat ini berlaku dan diterima oleh perusahaan, setidaknya jika kamu akan melamar kerja ke minimarket.

Keterangan file surat pernyataan belum pernah menikah

  1. Surat ini dibuat menggunakan program Microsoft Word di komputer dan berbentuk dokumen berekstensi .doc yang hanya dapat dibuka oleh aplikasi/program penampil dokumen baik di handphone maupun di komputer.

    Bila handphone Android kamu tidak secara default dapat membuka dokumen ini maka silakan download aplikasi pembaca dokumen di Google Play Store. Beberapa contoh aplikasi pembaca atau pembuka dokumen adalah :

    1. Microsoft Office oleh Microsoft Corporation

    Dapat diinstal di perangkat dengan minimal OS Android 4.4 KitKat dan yang lebih baru.

    2. Pembaca dokumen oleh Solo Tech Apps

    Dapat diinstal di perangkat dengan minimal OS Android 4.2 Jelly Bean dan yang lebih baru.

    3. Docs To Go Free Office oleh DataViz

    Dapat diinstal di perangkat dengan minimal OS Android 4.2 Jelly Bean dan yang lebih baru.

    4. Google Drive oleh Google LLC

  2. Di dalam surat ini tidak disertakan nama kota, itu sengaja supaya tidak perlu diedit lagi sehingga kamu harus menulisnya secara manual setelah surat di-print. Letaknya berada di atas tulisan "Yang menyatakan". Di situ boleh ditulis nama kota tempat kamu berada dengan diikuti oleh tanggal pembuatan surat.

    Contohnya :

    Bandung, 28 Mei 2021

  3. Ketika dokumen dari surat pernyataan ini dibuka di aplikasi pembaca dokumen di handphone, mungkin di bagian bawah surat yang tepatnya di kolom untuk mengisi tanda tangan akan terdapat garis tabel mengelilinginya. Tapi, itu akan hilang dengan sendirinya ketika surat selesai di-print. Namun apabila tidak, maka mintalah orang yang menge-print untuk menghapusnya.

    Sebagai informasi bahwa garis tabel tersebut dibuat menggunakan format HTML dengan warna transparan di Microsoft Word, sedangkan tidak semua aplikasi atau mungkin handphonenya mendukung HTML garis tabel transparan sehingga itu akan diformat oleh aplikasi/handphone yang membacanya dan akan ditampilkan sebagaimana adanya.

    Dan ketika di-print atau bahkan dikirim ke komputer, maka printer/komputer akan membaca file dokumen yang telah diformat tersebut.

  4. File yang tersedia untuk didownload ada 2 yang mana keduanya memiliki versi yang berbeda tapi isinya sama. Pertama adalah surat yang hanya membutuhkan tanda tangan pelamar kerja dan orang tua, sedangkan surat yang kedua ditambah kolom untuk tanda tangan Ketua RT dan RW.

    Dalam praktiknya, surat yang diminta oleh seseorang yang disebut di atas adalah surat yang pertama karena dia yang meminta seperti itu.

    Jadi untuk kamu, silakan pilih saja sesuai kebutuhan. Atau download keduanya juga boleh karena keduanya terdapat dalam satu sumber file yaitu Google Drive.

    Namun sebelumnya, kamu harus melewati pemendek URL untuk dapat mencapai sumber file. Cara melewatinya boleh dibaca di artikel ini : Cara benar melewati URL shortener Safelinku

    Hal ini dilakukan untuk menambah penghasilan, anggap saja sebagai ganti dari hasil pekerjaan yang aLez lakukan untuk membuat surat ini.

    Silakan download filenya di sini :

    Surat pernyataan belum pernah menikah

Akhir kata, semoga artikel dan file yang dibagikan di blog ini bermanfaat. Dan untuk kamu yang sedang melamar kerja semoga cepat diterima dan apabila sudah, maka manfaatkanlah pekerjaan tersebut dengan baik karena saat ini sangat jarang perusahaan yang menyediakan lowongan pekerjaan.

© aLez

Tentang Penulis :

Hai, Saya adalah seorang blogger yang senang mempelajari berbagai macam hal, terutama seni, teknologi, dan ilmu pengetahuan umum. Saya membuat blog ini bertujuan untuk berbagi hal yang bermanfaat, termasuk hal yang telah saya pelajari.

Artikel Terkait

Post Terbaru Post Sebelumnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar