Cara melewati URL shortener za.gl

Bagi kalian yang gemar mendownload file di internet, mungkin pernah atau akan menemui situs dengan alamat za.gl yang disematkan sebagai link download.

Iya, itulah yang dinamakan situs URL shortener atau pemendek URL di mana cara kerjanya yaitu memendekkan alamat URL yang panjang dengan maksud supaya mudah diingat. Artinya, alamat sumber file yang akan kita download, terlebih dahulu dipendekkan menggunakan situs ini. Lalu untuk melewatinya, kita harus mengklik tombol setelah menunggu penghitung waktu mundur habis. Setelah itu, baru kita akan mendapatkan alamat asli sumber file.

Namun masalahnya, URL shortener yang satu ini terkadang agak sulit saat dilewati terutama jika dibuka di handphone Android karena terdapat iklan pop yang cukup banyak yang muncul di tab baru. Bahkan suatu ketika, berdasarkan pengalaman, setelah mengklik tombol Get Link, aLez malah dialihkan ke situs iklan dan bukan ke sumber file sehingga harus memulai kembali dari awal dengan memasukkan alamat za.gl.

Baik, aLez beritahukan bahwa untuk melewati situs URL shortener ini terdapat dua cara yaitu cara manual dan cara otomatis di mana keduanya dapat disimak pada tutorial di bawah ini.

Cara manual melewati URL shortener za.gl

Perlu diketahui bahwa situs ini juga memiliki nama domain lainnya yaitu zee.gl yang secara otomatis dialihkan ke za.gl.

1. Buka alamat situs tersebut di browser apapun, lalu tunggu waktu hitung mundur habis.
Pada beberapa kesempatan, biasanya proses pemuatan halaman memakan waktu cukup lama dikarenakan situs memuat banyak script iklan sehingga penghitung waktu tidak langsung berjalan.

2. Gulir halaman ke bawah hingga menemukan tombol bertuliskan Get Link atau Go To Link dan semacamnya karena tulisan tersebut mungkin berubah-ubah.

3. Pasti akan muncul iklan pop di tab baru sedangkan halaman utama masih tetap seperti itu dan tidak beranjak kemanapun.

4. Tutup saja iklan tersebut. Lalu klik lagi tombol Get Link.

5. Apabila beruntung, halaman utama akan menuju ke alamat sumber file. Namun bila tidak maka kita harus melakukan ini berkali-kali dengan menutup iklan dan mengklik tombol.

Cara otomatis melewati URL shortener za.gl

Adalah dengan menggunakan ekstensi browser yang saat ini hanya dapat bekerja dengan baik di browser Mozilla Firefox, baik itu di komputer maupun di handphone.

Ekstensi browser untuk melewati URL shortener

Ekstensi ini bernama Universal Bypass yang boleh didapatkan di addons.mozilla.org dengan mengunjunginya melalui browser Firefox, kemudian tambahkan Ekstensi tersebut ke browser Firefox.

Tenang saja, ekstensi ini aman dan gratis serta tidak mengganggu sama sekali. Bahkan cara menggunakannya pun sangat mudah.

Tak hanya itu, ekstensi inipun dapat digunakan untuk melewati URL shortener lainnya. Namun walaupun masih banyak yang belum didukung, ekstensi ini bekerja dengan baik untuk melewati URL shortener za.gl.

Melewati URL shortener za.gl di browser Firefox komputer dan Android

1. Buka browser Firefox, lalu pastikan ekstensinya telah aktif yang ditandai dengan ikon berwarna biru.

Untuk mengeceknya, pada komputer biasanya telah tersemat ikon panah di tool bar. Klik itu dan akan menuju ke ekstensi. Lalu centang semua kotak pilihan. Dua terakhir boleh dicentang ataupun tidak.

Sedangkan pada handphone Android, kita harus membuka menu dengan mengklik tiga titik, lalu pilih Pengaya. Selanjutnya pilih Aktifkan di bagian bawah.

2. Setelah itu, kunjungi link yang dimaksud.

Di sini, kita tidak perlu melakukan apapun, cukup diam dan perhatikan saja halaman situs yang sedang dibuka. Bahkan setelah waktu hitung mundur habis, mungkin akan muncul pesan dari ekstensi berisi informasi. Abaikan saja ini.

3. Secara otomatis, halaman akan menuju ke alamat sumber file tanpa memunculkan iklan pop di tab baru. Namun perlu diketahui bahwa apabila alamat sumber file tidak seperti yang kita inginkan, kemungkinan penyedia file telah menipu.

Catatan

Sebagai informasi bahwa za.gl merupakan salah satu URL shortener lainnya yang saat ini cukup banyak digunakan karena situs pemendek URL ini menawarkan CPM yang cukup besar untuk para publishernya. Sehingga dengan ini, maka secara otomatis banyak orang yang tertarik untuk mendaftar menjadi publisher dan memendekkan link sumber file menggunakan situs ini sekaligus untuk mendapatkan uang.

Tapi apalah artinya jika pengunjung mendapat kesulitan saat melewatinya. Terlebih lagi jika pengunjung malah dialihkan ke situs iklan dan bukan ke sumber file seperti hal yang pernah aLez alami sendiri.

© aLez

Tentang Penulis :

Hai, Saya adalah seorang blogger yang senang mempelajari berbagai macam hal, terutama seni, teknologi, dan ilmu pengetahuan umum. Saya membuat blog ini bertujuan untuk berbagi hal yang bermanfaat, termasuk hal yang telah saya pelajari.

Artikel Terkait

Post Terbaru Post Sebelumnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar