Pengalaman mengatasi Application Error 0xc0000005 di Windows 7

Error dengan kode 0xc0000005 saat kita membuka program pada Windows memang agak sulit diatasi karena error yang satu ini cukup membingungkan dan membuat stres para pengguna Windows.

Apalagi jika kita melihat pengertian dari kode error ini yang dapat ditemukan di forum Microsoft, justru akan memunculkan berbagai macam spekulasi dan menambah panjang daftar percobaan perbaikannya. Padahal cara perbaikan yang tepat adalah dengan melihat riwayat kejadian.

Bahkan para ahli di forum-forum pun tidak semuanya dapat memberikan solusi yang tepat karena mereka berasumsi berdasarkan teori bahwa error ini dapat disebabkan oleh banyak hal.

Penanganan kasus error ini sebenarnya agak sedikit berbeda antara Windows 7 dan Windows 8 serta Windows 10, sedangkan banyak yang menyamaratakan solusi untuk semua Windows bahkan tanpa memberikan catatan mengenai gejala lainnya.

Pada dasarnya, masing-masing di antara penyebab Application Error ini memiliki gejala yang berbeda sehingga sebelum kita mengambil cara mana yang akan diterapkan untuk mengatasi error ini sebaiknya kita lihat dulu gejalanya. Apalagi jika kita akan mengambil cara yang berisiko yang dapat menyebabkan kehilangan data-data penting.

Beberapa penyebab Application Error dan solusinya yang telah terbukti berhasil akan dijelaskan di bawah. Ini diambil dari pengalaman para pengguna Windows di forum. Sedangkan untuk pengalaman aLez sendiri dapat dilihat di bagian bawahnya lagi.

Penyebab Aplication Error 0xc0000005 dan solusinya

Semua penyebab beserta solusinya yang tercantum di bawah ini berlaku pada semua versi Windows, sedangkan yang khusus untuk Windows 10 sengaja tidak dicantumkan karena di forum Microsoft sudah dapat ditemukan.

1. Kerusakan hardware (khususnya CPU)

Ini merupakan kerusakan tingkat parah, gejala yang muncul pun bukan hanya Application Error melainkan terdapat error lainnya seperti komputer restart sendiri, hang dan bahkan kita tidak dapat mengelola apapun di komputer. Solusinya hanya satu yaitu dengan mengganti komputer jika tidak ingin membawanya ke teknisi.

2. Kegagalan RAM (hardware)

Seperti yang dijelaskan oleh para ahli bahwa ini merupakan salah satu penyebab Application Error 0xc0000005 yang mana solusinya adalah dengan melepas, membersihkan dan memasang ulang RAM atau bahkan menggantinya.

Sebagai solusi awal, mudah dan sederhana adalah dengan melepas RAM untuk kemudian membersihkannya dengan sedikit cairan yang bersifat cepat kering seperti minyak kayu putih, baby oil ataupun thinner grade A dengan cara menggosoknya perlahan menggunakan sikat halus seperti sikat gigi bekas maupun kuas.

Maksud dari kegagalan RAM itu sendiri tidak selalu berarti bahwa RAM rusak melainkan tidak berfungsi dengan baik, entah itu karena kotor yang disebabkan oleh debu maupun letaknya tidak tepat berada di posisinya sehingga jalurnya terhambat atau terganggu.

3. Kesalahan pada registry

Gejala yang ditimbulkan oleh kesalahan ini biasanya hanya terjadi pada satu program saja yang registry-nya diubah. Solusinya adalah dengan mengembalikan pengaturan registry dari program tersebut ke pengaturan default-nya. Atau jika sudah lupa maka cukup uninstall program yang bermasalah kemudian instal kembali.

4. File corrupt

Application Error yang disebabkan oleh file corrupt jarang ditemukan, khususnya di forum Microsoft. Namun apabila memang disebabkan oleh ini maka kemungkinan program yang akan mendapatkan error adalah program yang berhubungan dengan file tersebut.

Solusinya adalah dengan melakukan scan file menggunakan perintah sfc /scannow melalui CMD. Tunggu proses scan selesai, sistem akan melakukan perbaikan secara otomatis selama proses scan berlangsung.

Namun di sisi lain, adakalanya sistem tidak dapat memperbaikinya. Sebagai gantinya, akan muncul pemberitahuan bahwa terdapat file corrupt yang bisa dilihat di log hasil scan dan kita harus memperbaikinya sendiri secara manual dengan cara mengganti file yang corrupt tersebut dengan file baru yang bisa didapatkan dari komputer lain yang tentunya memiliki spesifikasi sistem yang sama.

Untuk solusi lebih lanjut mengenai hal ini, boleh lihat di forum atau langsung ke pusat bantuan di website Microsoft.

5. Windows update

Ini kebanyakan dialami oleh pengguna Windows 64bit. Setelah mereka menginstal pembaruan melalui Windows Update, kemudian mendapati beberapa program crash dan memunculkan Application Error 0xc0000005.

Solusinya adalah dengan meng-uninstall pembaruan yang baru diinstal melalui pengaturan uninstall update.

6. Virus Malware

Jika Application Error 0xc0000005 ini disebabkan oleh virus malware, sementara semua program antivirus termasuk Windows Defender tidak dapat dijalankan maka solusinya adalah dengan menginstal ulang Windows.

Sebagai catatan, apabila telah yakin bahwa hal ini disebabkan oleh malware maka tidak ada alasan bagi kita untuk melakukan backup terhadap disk yang terinfeksi oleh malware tersebut.

Hal itu dikarenakan malware sudah menginfeksi file sistem dan program yang terinstal sehingga apabila file cadangan dikembalikan maka program akan kembali memunculkan Application Error.

Maka dari itu, instal ulang pun harus menggunakan metode clean install yang artinya menginstal OS Windows secara bersih.

Pengalaman aLez memperbaiki Application Error di laptop Windows 7

Saat itu aLez mencoba mengatasi error ini dengan melakukan instal ulang Windows dan berhasil sehingga laptop pun kembali berfungsi secara normal.

Namun beberapa minggu kemudian ternyata laptop kembali memunculkan Application Error sehingga aLez pun kembali melakukan instal ulang hingga error pun kembali hilang. Akan tetapi, rupanya ini hanya mampu bertahan selama beberapa hari saja karena error tersebut kembali muncul.

Kemudian pada saat melakukan instal ulang kesekian kalinya justru malah terjadi masalah saat proses penginstalan di mana Windows memunculkan error baru dengan kode error 0x80070015 sehingga proses instalasi pun terhenti.

Berbekal informasi dari forum Microsoft yang menyebutkan bahwa ini disebabkan oleh bad storage atau penyimpanan yang buruk maka aLez mencoba melepas RAM kemudian mendapati ternyata RAM laptop kotor dan berdebu.

Setelah membersihkannya dengan cara digosok perlahan menggunakan sikat gigi yang dibasahi thinner grade A kemudian dipasang kembali, akhirnya proses instalasi berjalan lancar hingga selesai. Bahkan laptop pun kembali normal hingga sekarang dan tidak lagi memunculkan Application Error.

Jadi solusi pertama untuk mengatasi Application Error ini adalah dengan melepas dan membersihkan RAM terlebih dahulu, kemudian pasang lagi dengan posisi yang tepat dan benar.

© aLez

Tentang Penulis :

Hai, Saya adalah seorang blogger yang senang mempelajari berbagai macam hal, terutama seni, teknologi, dan ilmu pengetahuan umum. Saya membuat blog ini bertujuan untuk berbagi hal yang bermanfaat, termasuk hal yang telah saya pelajari.

Artikel Terkait

Post Terbaru Post Sebelumnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar