Standar spesifikasi handphone Android yang wajib dimiliki saat ini

Spesifikasi atau kriteria dari sebuah perangkat handphone Android merupakan hal yang cukup penting dalam menentukan handphone Android seperti apa yang wajib kita miliki saat ini.

Khusus bagi yang belum paham, di sini aLez akan mencoba menjelaskan mengenai betapa pentingnya spesifikasi sebuah perangkat Android di mana spesifikasi tersebut merujuk pada fitur yang ada pada handphone seperti kamera, versi OS Android, memori penyimpanan, kapasitas baterai dan lain sebagainya.

Image : Unsplash - Plann

Walaupun pada dasarnya memilih handphone itu harus sesuai dengan kebutuhan, namun kita juga harus melihat fitur lainnya karena fitur-fitur tersebut saling mendukung satu sama lainnya.

Sebagai contoh, terkadang orang lebih memilih handphone Android yang memiliki fitur kamera sangat bagus tanpa melihat hal-hal lainnya.

Padahal, kamera yang bagus juga harus ditunjang dengan kapasitas penyimpanan atau memori internal yang cukup besar, juga oleh memori aplikasi atau RAM yang besar pula serta prosesor yang menjalankannya harus tangguh.

Hal ini dikarenakan kamera yang bagus akan menghasilkan gambar foto yang bagus pula dengan asumsi bahwa semakin bagus hasil foto maka akan semakin besar file dari foto tersebut yang mana ini disebabkan oleh konsumsi cahaya dan warna. Bila tidak percaya, silakan bandingkan antara foto yang gelap dan foto yang terang. Manakah di antara keduanya yang memiliki ukuran atau size yang lebih besar? Jawabannya pasti foto yang terang.

Berangkat dari hal tersebut kita harus tahu bahwa apabila handphone memiliki kualitas kamera yang bagus maka memori penyimpanan harus besar atau setidaknya handphone mendukung memori eksternal sehingga hasil foto bisa disimpan di memori eksternal tersebut.

Tak hanya itu, kamera yang dijalankan oleh aplikasi kamera ini sudah pasti ditenagai oleh prosesor. Dan aplikasi kamera dengan hasil yang bagus, baik itu kamera bawaan maupun kamera pihak ketiga, pasti memiliki fitur khusus, baik itu fitur yang terintegrasi atau tertanam secara otomatis maupun fitur tambahan seperti filter.

Aplikasi kamera seperti ini tentu akan sangat banyak membebani kinerja prosesor, maka dari itu dibutuhkan jenis prosesor yang tangguh seperti Qualcomm Snapdragon dan tentu saja dengan versi terbaru.

Di samping itu, kapasitas memori aplikasi atau RAM juga harus besar terutama ruang kosong yang tersedia. Contohnya apabila kapasitas RAM adalah 3 GB maka sebaiknya sisakan ruang kosong sebanyak 1 GB.

Hal ini dikarenakan aplikasi kamera dengan fitur yang banyak akan memakan lebih banyak kapasitas RAM. Itu karena aplikasi kamera ketika digunakan akan menyimpan file histori dan file-file yang membentuk sampah lainnya yang disebut sebagai cache di mana ini dapat dibersihkan dengan melakukan penghapusan data dan cache dari aplikasi tersebut di pengaturan aplikasi.

Sehingga apabila fitur kamera bagus namun tidak ditunjang oleh fitur-fitur lainnya maka dapat dipastikan kinerja handphone tidak akan sebaik yang kita harapkan. Salah satu contohnya mungkin handphone akan sering mengalami lag atau nge-lag.

Memang, jika kita melihat review atau unboxing sebuah handphone di Youtube, kita akan melihat bahwa sebuah handphone dengan fitur kamera bagus namun hanya ditunjang oleh fitur sederhana dapat memiliki kinerja yang baik tanpa kendala.

Akan tetapi, kita juga harus berpikir realistis di mana handphone yang direview tersebut adalah handphone baru yang belum memiliki banyak aplikasi, kamera pun baru digunakan beberapa kali, yang mana itu artinya sistem Android yang menjalankannya belum mengumpulkan sampah-sampah dari aplikasi.

Jadi, dengan melihat uraian di atas maka kita perlu memahami bahwa spesifikasi dari sebuah perangkat handphone Android itu sangatlah penting.

Q : Lalu seperti apa standar spesifikasi dari handphone Android saat ini?

A : Untuk spesifikasi standar yang aLez rekomendasikan yaitu handphone Android harus memiliki minimal OS 5.1 Lollipop, RAM 2 GB, penyimpanan internal 16 GB, layar 4.5 inci, kamera belakang 8 MP, kamera depan 5 MP, support memori eksternal, jaringan 4G/LTE. Sedangkan untuk prosesor, boleh apapun sesuai kebutuhan. Dan untuk baterai, sebenarnya harus disesuaikan dengan kebutuhan. Apabila kita lebih sering mengakses konten video secara online maka dibutuhkan baterai dengan kapasitas yang cukup besar minimal 3000 mAh.

Sesuai perkembangan teknologi, spesifikasi yang direkomendasikan di atas sudah sesuai dengan teknologi saat ini. Hal ini mengacu pada perkembangan aplikasi baru yang bermunculan di Play Store di mana rata-rata dari aplikasi-aplikasi tersebut membutuhkan minimal Android 5.1 Lollipop untuk menjalankannya yang mana artinya aplikasi hanya bisa atau hanya dapat berjalan dengan baik jika diinstal di perangkat Android dengan OS 5.1 dan yang lebih baru.

Ini tidak berarti bahwa semua versi Android di bawah 5.1 sudah tidak berguna, melainkan ini hanya masalah fitur aplikasi terutama yang disebut sebagai user interface atau antarmuka di mana para pengembang lebih suka mengembangkan aplikasi yang memiliki fitur canggih yang mana hal tersebut tidak didukung oleh Android sebelumnya.

Walaupun demikian, setidaknya hingga saat ini, versi Android di bawah 5.1 seperti 4.4 KitKat dan 4.3, 4.2 serta 4.1 Jelly Bean masih cukup berguna jika hanya digunakan untuk menginstal aplikasi-aplikasi kebutuhan saja seperti WhatsApp dan Facebook yang hingga saat ini masih didukung.

Sedangkan untuk Android 4.0 Ice Cream Sandwich dan sebelumnya, entah cocok untuk dijadikan apa karena sudah banyak aplikasi yang tidak lagi mendukungnya.

Untuk RAM, kapasitas 2 GB sudah cukup untuk menjalankan aplikasi-aplikasi kebutuhan yang cukup penting dan hiburan modern mengingat semakin baru aplikasi maka semakin besar ukuran instalasinya.

Sebagai contoh, sebuah aplikasi toko online dapat diinstal di handphone Android dengan RAM 512 MB. Namun dia tidak akan dapat berjalan bahkan dibuka pun tidak bisa. Sebagai gantinya, aplikasi akan menutup sendiri atau istilahnya yaitu crash, dan bahkan handphone akan memunculkan pesan "sayangnya aplikasi telah berhenti".

Standar spesifikasi ini berlaku untuk saat ini di mana Android telah meluncurkan versi 11, dan mungkin saja dengan diluncurkannya versi terbaru lainnya akan membuat Android yang saat ini masih bermanfaat menjadi tidak. Bahkan standar spesifikasi seperti di atas sudah bisa digunakan untuk bermain game online modern. Akan tetapi, untuk hal ini diperlukan memilih jenis prosesor.

©aLez

Tentang Penulis :

Hai, Saya adalah seorang blogger yang senang mempelajari berbagai macam hal, terutama seni, teknologi, dan ilmu pengetahuan umum. Saya membuat blog ini bertujuan untuk berbagi hal yang bermanfaat, termasuk hal yang telah saya pelajari.

Artikel Terkait

Post Terbaru Post Sebelumnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar