Telegram adalah aplikasi chat yang bisa lebih menghargai privasi pengguna

Di zaman super digital ini ternyata masih ada pemilik aplikasi yang peduli terhadap privasi para penggunanya, khususnya aplikasi chatting di mana saat ini semakin banyak aplikasi baru yang bermunculan.

Di antara aplikasi-aplikasi chatting yang besar, yang artinya banyak penggunanya, terdapat dua yang bersaing yaitu WhatsApp dan Telegram.

Itu karena keduanya memang bagus dan mudah digunakan walaupun WhatsApp mendominasi karena selain dimiliki oleh perusahaan besar Meta/Facebook, juga karena WhatsApp lebih umum digunakan oleh perusahaan-perusahaan bisnis dalam berkomunikasi dengan para pelanggannya.

Tapi, tahukah Anda bahwa WhatsApp tidak terlalu baik dalam menjaga privasi kita atau hal-hal kita yang bersifat pribadi.

Sebagai contoh, hanya dengan mengetahui nomor telepon kita maka orang dapat mengirim chat ke kita melalui WhatsApp, melakukan panggilan telepon dan video melalui WhatsApp atau bahkan mengirim link penipuan.

Hal ini sering aLez alami di mana tiba-tiba seseorang melakukan panggilan suara melalui WhatsApp dengan mengatasnamakan staff dari salah satu toko online dan mengatakan bahwa aLez mendapat hadiah karena nama akunnya keluar sebagai pemenang undian. Tentu saja aLez tidak pernah mempercayai hal semacam itu dan langsung menutup teleponnya.

Berbeda halnya dengan Telegram karena pada pengaturan aplikasi Telegram terdapat pilihan untuk tidak menerima panggilan. Kita bisa mengatur siapa saja yang dapat menghubungi kita melalui panggilan apakah semua orang, teman di daftar kontak, atau bahkan tak satupun yang boleh. Bahkan terdapat pilihan mengenai pengguna mana saja yang boleh ataupun tidak untuk melakukan panggilan ke kita.

Hal ini tentunya cukup penting mengingat orang seharusnya meminta izin terlebih dahulu untuk melakukan panggilan, baik melalui suara maupun video kecuali itu sangat mendesak.

Pada aplikasi WhatsApp tidak ada cara menonaktifkan panggilan kecuali dengan menginstal aplikasi WhatsApp yang dimodifikasi atau istilahnya WhatsApp mod.

Tak hanya itu, aplikasi Telegram juga bebas untuk mengganti nomor telepon tanpa kehilangan informasi akun. Itu dikarenakan Telegram ini berbasis username atau nama pengguna layaknya aplikasi sosial media di mana itu berarti bahwa jika kita mengganti nomor telepon maka orang lain tidak akan kehilangan kontak dengan kita dan masih dapat menghubungi.

WhatsApp tentu saja tidak memiliki pilihan ini karena nomor telepon adalah username sehingga ketika kita mengganti nomor telepon di WhatsApp maka informasi akun akan hilang. Atau dengan kata lain kita telah membuat akun baru dan orang-orang akan kehilangan kontak dengan kita.

Fitur berbagi info akun juga lebih mudah milik Telegram karena menggunakan username yang dapat kita buat sendiri di pengaturan profil.

Contoh berbagi info akun untuk keduanya adalah seperti ini :

WhatsApp : wa.me/6282212345678

Telegram : t.me/namaKita

Fitur-fitur ini hanya aLez ceritakan sebagian saja khususnya mengenai privasi karena artikel ini bukan bermaksud untuk mempromosikan Telegram, pun sebaliknya tidak bermaksud mengekspos kekurangan WhatsApp.

Keduanya memang layak untuk kita instal dan gunakan di perangkat handphone. Itu karena WhatsApp lebih mudah, baik dalam penggunaan, pengaturan yang sederhana maupun antarmuka yang walaupun lebih cocok untuk para pengguna dewasa atau bahkan awam.

Sedangkan untuk Telegram, walaupun fitur pengendalian privasi ada di tangan kita namun aLez juga mengakui bahwa antarmuka aplikasi lebih cenderung memihak pada pengguna yang lebih muda dan yang lebih paham teknologi.

Selain itu, WhatsApp juga diperlukan untuk berkomunikasi dengan perusahaan-perusahaan bisnis. Sebagai contoh, aLez mendapati bahwa untuk mengonfirmasi info masuk ke akun dari salah satu toko online dibutuhkan WhatsApp karena mereka mengirim kode konfirmasi hanya melalui WhatsApp.

Itulah sebabnya kita harus memiliki kedua aplikasi tersebut karena masing-masing dari mereka memiliki kelebihan yang berbeda.

Tips

Jika kita memang ingin menggunakan WhatsApp karena memang sudah terbiasa namun kita juga ingin menjaga privasi maka kita bisa menginstal aplikasi WhatsApp yang dimodifikasi.

Di Play Store banyak tersedia aplikasi semacam ini, dan itu legal atau diperbolehkan selama itu aman. Dan aLez beritahukan beberapa di antaranya yaitu WhatsApp plus dan GB WhatsApp. Silakan pilih yang memiliki fitur yang sesuai dengan yang kita inginkan.

Namun, aplikasi modifikasi ini harus selalu kita perbarui jika memang terdapat versi baru karena biasanya jika WhatsApp asli memperbarui versinya sedangkan WhatsApp mod tidak maka akan terjadi error pada WhatsApp mod tersebut.

© aLez

Tentang Penulis :

Hai, Saya adalah seorang blogger yang senang mempelajari berbagai macam hal, terutama seni, teknologi, dan ilmu pengetahuan umum. Saya membuat blog ini bertujuan untuk berbagi hal yang bermanfaat, termasuk hal yang telah saya pelajari.

Artikel Terkait

Post Terbaru Post Sebelumnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar