Melewati halaman reCaptcha yang muncul karena alamat IP berubah

Halaman reCaptcha adalah halaman yang menampilkan teka-teki bernama reCaptcha yang harus kita selesaikan sebelum dapat melanjutkan aktifitas browsing.

Halaman reCaptcha juga sering digunakan oleh situs-situs shortlink atau pemendek URL dengan tujuan mengidentifikasi apakah pengunjung yang mengunjungi situs tersebut adalah robot ataukah manusia.

Namun di sini aLez akan menjelaskan khusus mengenai halaman reCaptcha yang dimunculkan secara tiba-tiba saat kita melakukan aktifitas browsing. Sedangkan untuk cara melewatinya sama, baik itu reCaptcha di situs shortlink maupun saat kita browsing.

Halaman reCaptcha ini akan muncul secara tiba-tiba tanpa kita inginkan saat kita melakukan aktifitas browsing atau menjelajahi internet melalui mesin penelusuran Google karena hal ini datang dari Google dan hanya terjadi pada mesin penelusuran Google namun tidak ketika kita menggunakan mesin penelusuran lain seperti Yandex dan Bing.

Hal ini dapat terjadi kapanpun dan pada perangkat apapun, baik komputer maupun handphone. Dan biasanya ini terjadi lebih sering pada browser selain Google Chrome.

Seperti pada contoh gambar di bawah, itu diambil saat aLez melakukan browsing di Google menggunakan browser Yandex di handphone Android.

Penyebab munculnya halaman reCaptcha

Penyebab umum dari munculnya halaman reCaptcha adalah disebabkan oleh alamat IP yang kita gunakan berubah dari biasanya.

Jadi penjelasan mudahnya begini, kita mengakses internet menggunakan jaringan dari operator seluler melalui kartu SIM. Setiap nomor dari kartu SIM yang kita gunakan diberikan alamat IP yang berbeda dengan kartu lainnya walaupun itu satu operator.

Ketika kartu SIM kita digunakan untuk menjelajah internet maka beberapa situs yang memiliki sistem keamanan seperti Google akan mencatat identitas perangkat yang kita gunakan dan juga alamat IP tersebut.

Dan apabila suatu ketika alamat IP kita berubah sedangkan perangkat yang digunakan tetap sama dari yang tercatat pada sistem maka secara otomatis mereka akan menampilkan halaman reCaptcha sebagai upaya pencegahan.

Pencegahan yang dimaksud adalah untuk melindungi sistem dari lalu lintas internet yang dilakukan oleh robot otomatis sehingga itulah sebabnya Google memunculkan halaman reCaptcha, di mana halaman reCaptcha ini berisi teka-teki yang hanya dapat diselesaikan oleh manusia.

Mungkin kita berpikir bahwa kita tidak pernah mengubah alamat IP dan bahkan kita pun tidak menggunakan aplikasi sejenis VPN yang dapat mengubah alamat IP, namun kenapa bisa berubah.

Jadi, alamat IP pada kartu SIM ini dapat sewaktu-waktu diubah oleh operator penyedia layanan seluler yang kita gunakan tanpa pemberitahuan sehingga kita tidak dapat menghindari hal ini.

Namun sejauh yang aLez ketahui, operator yang sering mengubah alamat IP adalah Tri. Di mana hal ini dulu sering aLez alami sendiri. Bahkan Tri terkadang menggunakan alamat IP yang sama untuk beberapa kartu sehingga apabila digunakan untuk bisnis online yang mengutamakan alamat IP maka akun kita akan diblokir atau bahkan dibanned karena dianggap memiliki akun double.

Begitupun dengan sistem keamanan Google yang melihat bahwa satu alamat IP yang sama digunakan pada beberapa perangkat adalah sama halnya dengan beberapa alamat IP digunakan dalam satu perangkat sehingga menyebabkan munculnya kecurigaan bahwa itu adalah robot.

Tapi bagaimanapun juga hal ini tidak terbatas pada satu operator seluler saja melainkan semuanya. Sebagai contoh, aLez saat ini menggunakan jaringan dari Telkomsel namun halaman reCaptcha tetap muncul.

Cara melewati halaman reCaptcha

Tidak ada yang memungkiri bahwa halaman reCaptcha ini memang menyebalkan. Masalahnya adalah halaman ini dimuat pada koneksi internet yang stabil bahkan untuk mengisi teka-teki pun harus pada koneksi internet yang bagus.

Itu artinya apabila koneksi internet kita buruk maka halaman tidak akan menampilkan reCaptcha dengan berbagai macam alasan seperti "Tidak dapat terhubung ke reCaptcha" dan lain sebagainya.

Dan itulah yang menjadi hal terpenting untuk kita dapat melewati halaman reCaptcha ini yaitu kita harus pastikan jika koneksi internet kita bagus. Sedangkan untuk langkah-langkahnya boleh disimak di bawah ini.

1. Ketika halaman mulai memasuki halaman reCaptcha, tunggu hingga kotak reCaptcha tampil sepenuhnya.

2. Klik pada kotak kecil yang di sampingnya terdapat tulisan "Saya bukan robot" hingga dia melakukan loading untuk kemudian menampilkan teka-teki.

Pada kasus lain, apabila kita beruntung maka kotak tersebut akan berubah menjadi tanda ceklis tanpa memunculkan teka-teki. Dan kita tidak perlu melakukan apapun karena halaman akan secara otomatis dialihkan ke tujuan.

Namun apabila sebaliknya maka kita harus terlebih dahulu menyelesaikan teka-teki.

3. Pada kotak teka-teki yang muncul, lihat perintah di bagian atas. Di situ biasanya kita diperintahkan untuk memilih gambar sesuai perintah. Misalkan "Pilih semua gambar dengan mobil" maka kita harus memilih gambar-gambar yang menampilkan mobil.

Pada bagian ini terdapat 2 jenis teka-teki yaitu yang mudah dan yang sulit.

• Pertama adalah yang mudah, di mana setelah kita memilih gambar maka gambar tersebut akan ditambahi tanda ceklis. Biasanya hanya terdapat 3 atau 4 mobil saja di antara sekitar 9 gambar yang ada dan tidak lebih.

• Kedua adalah yang sulit, di mana setelah kita memilih gambar maka gambar akan menghilang dan digantikan oleh gambar baru sehingga apabila gambar baru tersebut adalah mobil maka kita harus memilihnya hingga gambar baru yang muncul bukanlah mobil. Dan ini bisa lebih dari 4 mobil yang muncul.

4. Setelah yakin dengan jawaban maka kita klik tombol Verifikasi. Namun pada kasus lain, terkadang tombol bertuliskan Berikutnya yang artinya kita harus menyelesaikan teka-teki sejenis lainnya. Lakukan saja dan selesaikan hingga tombol bertuliskan Verifikasi.

5. Apabila jawaban benar maka kotak kecil akan secara otomatis berubah menjadi ceklis dan halaman pun akan secara otomatis dialihkan ke tujuan.

Selesai, namun hal ini mungkin akan kembali terjadi sehingga kita harus tahu bahwa untuk menyelesaikan teka-teki reCaptcha ini diperlukan koneksi internet yang bagus dan stabil.

Namun apabila kita tidak ingin menyelesaikannya maka kita bisa coba menggunakan browser lain untuk menjelajahi internet atau bahkan menggunakan mesin penelusuran lain selain Google.

© aLez

Tentang Penulis :

Hai, Saya adalah seorang blogger yang senang mempelajari berbagai macam hal, terutama seni, teknologi, dan ilmu pengetahuan umum. Saya membuat blog ini bertujuan untuk berbagi hal yang bermanfaat, termasuk hal yang telah saya pelajari.

Artikel Terkait

Post Terbaru Post Sebelumnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar