Tips memilih paket internet murah Smartfren

Saat ini harga paket internet Smartfren sangat murah namun dengan kuota yang cukup besar bahkan terdapat keuntungan lainnya di dalam setiap paket.

Hal ini telah aLez buktikan sendiri yang semenjak beberapa bulan ke belakang mulai menggunakannya sampai saat ini dan kemungkinan akan tetap menggunakan layanan dari Smartfren.

Smartfren dan produk terbaru

Tidak seperti sebelumnya di mana harga paket internet Smartfren ini sangat mahal bahkan untuk membeli kartu perdana pun sama mahalnya.

Namun seiring perkembangan teknologi dan persaingan antar provider jaringan seluler maka Smartfren pun mulai menawarkan harga yang murah untuk sebagian besar paket internet miliknya.

Bahkan Smartfren juga meluncurkan terobosan baru berupa kartu perdana yang bervariasi seperti Smartfren BosKu yang artinya adalah Bonus Kuota, Smartfren CockTail, Smartfren bundling Samsung, Xiaomi dan lain-lain, Smartfren 1ON+ dan kartu perdana lainnya.

Tak hanya itu, Smartfren juga meluncurkan paket internet baru dengan beberapa keuntungan bagi pengguna yang tentunya dengan harga yang murah namun memiliki syarat dan ketentuan.

Sama halnya dengan beberapa penyedia layanan seluler lainnya yang biasanya menawarkan paket internet dengan kuota besar nan murah namun kenyataannya hanya mengecoh pengguna seperti contohnya voucher internet Tri Aon 6GB seharga 35ribu yang isi kuotanya ternyata hanya 3GB untuk internet dan sisanya adalah kuota lokal dan kuota aplikasi.

Smartfren pun memiliki paket internet yang mengecoh yang mana salah satunya yaitu paket untuk memperpanjang masa aktif kartu Smartfren atau disebut juga dengan paket 1ON+ Plan atau ION Plus Plan yang mana ION ini artinya adalah Internet On.

Jadi 1ON+ ini hadir dalam 2 produk yaitu kartu perdana 1ON+ dan juga paket internet yang disebut sebagai 1ON+ Plan yang dapat diaktifkan melalui aplikasi di mana semua jenis kartu perdana Smartfren dapat mengaktifkannya.

Paket 1ON+, selain dapat memperpanjang masa aktif kartu Smartfren juga menawarkan kuota data internet hingga 30GB sepanjang masa aktif paket dan juga bonus kuota mingguan hingga 52GB.

Namun kita tak boleh terkecoh, simak baik-baik syarat dan ketentuannya di situs Smartfren pada tautan ini : Paket 1ON+ Plan oleh Smartfren.

Selain itu, ada juga paket Nonstop, Unlimited, Volume dan lainnya yang juga memiliki syarat dan ketentuan.

Untuk itu, di sini aLez akan memberikan saran mengenai paket internet Smartfren mana yang sebaiknya digunakan dan mungkin sebaiknya dihindari agar kita tidak merasa rugi.

Akan tetapi paket ini harus diakses melalui aplikasi MySmartfren di handphone dan jangan melalui nomor dial karena beberapa paket hanya dapat ditemukan di aplikasi.

Paket internet yang perlu dipertimbangkan

Pertama, paket internet yang sebaiknya dipertimbangkan sebelum membelinya adalah paket Unlimited.

Sesuai dengan ketentuan, paket Unlimited memiliki FUP atau batas pemakaian wajar di mana ketika batas sudah tercapai maka kecepatan internet akan dikurangi.

Masalahnya adalah pengurangan kecepatan ini jauh dari standar kecepatan paket internet biasa sehingga ketika kita menggunakan internet dengan kecepatan yang disesuaikan maka dipastikan kita akan kesal karena koneksi internet akan sangat lambat.

Para pengguna mengharapkan paket internet yang tidak dibatasi sehingga mereka memilih paket Unlimited. Namun paket ini ternyata mengecoh karena tidak sesuai dengan namanya yaitu Unlimited di mana Un artinya tidak atau tanpa sedangkan limit adalah batas, sementara ed yang membentuk kata limited artinya dibatasi atau terbatas.

Hal semacam ini tidak hanya berlaku di Smartfren melainkan di operator seluler lainnya juga sama, paket Unlimited-nya dibatasi oleh syarat dan ketentuan.

Sehingga apabila kita membeli paket Unlimited maka jangan berharap jika paket ini bisa digunakan dengan bebas seperti untuk mendownload, menonton Youtube maupun streaming video di aplikasi lain seharian.

Kecuali jika untuk mengakses aplikasi chatting seperti WhatsApp dan Facebook maka paket ini mungkin boleh diandalkan.

Paket internet Smartfren murah yang disarankan

Di bawah ini terdapat beberapa saran paket internet murah Smartfren yang memiliki syarat dan ketentuan yang tidak membuat pusing.

Paket Kuota Nonstop

UPDATE

Paket Kuota Nonstop sudah tidak tersedia, setidaknya di nomor yang aLez gunakan. Sebagai gantinya, hanya ada paket Unlimited Nonstop yang hampir sama dengan Kuota Nonstop

Paket internet Smartfren yang cukup baik untuk digunakan adalah paket Kuota Nonstop 14GB 28 hari seharga 45ribu.

Itu karena paket Kuota Nonstop ini memberikan kuota internet 10GB, kuota mingguan sebanyak 4GB dengan masing-masing 1GB per minggu, kuota malam sepuasnya dari pukul 01.00 hingga pukul 05.00, akses internet sepuasnya setelah kuota utama habis dan panggilan telepon sepuasnya sesama Smartfren.

Akan tetapi, kekurangannya yaitu kuota mingguan tidak akan bisa digunakan selama kuota utama 10GB masih tersisa. Sehingga bonus kuota 1GB perminggu akan terbuang percuma, setidaknya dalam 1 minggu pertama karena tidak mungkin kuota utama 10GB habis dalam 1 minggu.

Selain itu, kuota malam akan dikurangi kecepatannya jika telah mencapai batas pemakaian wajar yang telah ditentukan, sementara Smartfren tidak memberitahukan mengenai berapa banyak batas tersebut.

Kuota malam juga akan dikurangi kecepatannya apabila kuota utama dan kuota bonus habis.

Sementara itu aLez sendiri lebih menyukai paket Kuota Nonstop 6GB seharga 30 ribu karena lebih transparan dengan kuota utama yang didapat adalah 6GB.

Namun apabila ketika kita mengakses aplikasi MySmartfren dan mendapati paket Kuota Nonstop tidak ada maka kita boleh mencarinya melalui fitur pencarian dengan terlebih dahulu memilih menu Paket. Kemudian di halaman berikutnya akan muncul kolom pencarian. Di situ kita harus memasukkan kata Nonstop untuk kemudian klik tombol untuk mencari.

Berdasarkan pengalaman, saat itu aLez menggunakan kartu perdana Smartfren Cocktail dan menemukan paket Kuota Nonstop tersedia di aplikasi.

Namun beberapa hari kemudian, aLez menggantinya dengan kartu Smartfren nomor cantik yang ternyata adalah Smartfren bundling Xiaomi dan menemukan paket Kuota Nonstop tidak ada di aplikasi sehingga aLez berinisiatif untuk mencarinya melalui fitur pencarian hingga akhirnya dapat ditemukan di hasil pencarian.

Hal ini terjadi karena paket Kuota Nonstop merupakan paket baru sedangkan kartu perdana Smartfren bundling adalah kartu lama sebab kartu perdana CockTail juga merupakan produk terbaru.

Namun tidak usah khawatir karena apabila kita pernah satu kali membeli paket Kuota Nonstop maka selanjutnya itu akan muncul sebagai paket yang disarankan.

Untuk kuota malam, sejauh ini aLez belum menemukan adanya pembatasan karena berdasarkan pengalaman saat menggunakannya untuk menonton video dari situs video di laptop melalui tethering dari handphone, aktifitas streaming lancar tanpa kendala. Namun anehnya, koneksi akan menjadi sangat bagus ketika memasuki sekitar pukul 02.00 hingga pukul 05.00.

Keuntungan lainnya dari paket ini yaitu ketika mengakses internet di malam hari pada jam yang telah ditentukan tersebut tidak akan mengurangi kuota utama.

Selain itu, paket Kuota Nonstop juga memberikan kita kuota data internet gratis apabila kuota 14GB telah habis sebelum 28 hari namun dengan kecepatan yang disesuaikan tentunya.

Maka dari itulah paket ini disebut sebagai paket Kuota Nonstop di mana kita tidak akan berhenti mendapatkan kuota data internet selama 30 hari sehingga paket ini menurut aLez tidak mengecoh karena sesuai namanya yaitu tanpa berhenti/tanpa henti di mana Non artinya tidak, dan stop artinya berhenti.

Walaupun demikian, aLez menghimbau agar kita tidak terlalu mengharapkan kuota data internet gratis dari paket Kuota Nonstop ini karena kecepatannya telah disesuaikan.

Paket Volume khusus

Paket internet murah Smartfren lainnya yang disarankan yaitu paket volume 8GB 28 hari seharga Rp38.800 di mana paket ini hanya tersedia di aplikasi saja sedangkan di situs web smartfren tidak ada paket ini kecuali paket volume lainnya sehingga ini kemungkinan merupakan paket khusus atau bonus aplikasi MySmartfren.

Paket ini sangat cocok untuk pengguna yang melakukan aktifitas internet ringan yang menghabiskan beberapa ratus megabyte (MB) saja per harinya.

Kelebihan dari paket ini yaitu harganya yang murah namun kita mendapatkan kuota data internet yang besar yaitu 8GB full internet tanpa pembagian.

Sementara untuk paket volume lainnya, walaupun harganya sama-sama murah dengan kuota yang besar namun terdapat pembagian. Bahkan kuota internet yang didapatkan pun hanya sedikit.

Paket 1ON+

Terakhir yang aLez sarankan yaitu paket 1ON+ namun khusus untuk menambah masa aktif kartu Smartfren saja karena kuota data internet dari paket ini tidak bisa diharapkan mengingat kita harus memenuhi syarat dan ketentuan yang diberlakukan dan berbelit-belit.

Sehingga kita boleh memilih paket 1ON+ yang harganya 15ribu saja karena semuanya memberikan masa aktif yang sama hanya bonus kuota datanya saja yang beda.

Paket 1ON+ ini dapat memperpanjang masa aktif kartu selama 360 hari atau satu tahun.

Berdasarkan praktik, pada aplikasi MySmartfren yang diakses menggunakan nomor Smartfren bundling Xiaomi, di situ tertulis bahwa masa aktif yang akan didapatkan jika mengaktifkan paket 1ON+ adalah 180 hari.

Namun ketika aLez coba aktifkan ternyata masa aktif bertambah 360 hari dan ini tidak diakumulasikan dengan sisa masa aktif sebelumnya.

Catatan

Hal di atas hanya merupakan saran dari aLez untuk kalian yang mencari referensi mengenai paket internet murah Smartfren dengan kuota data internet yang cukup besar namun dengan aktifitas internet ringan hingga sedang.

Akan tetapi jika aktifitas internet kalian termasuk berat seperti bermain game dan menonton video Youtube seharian penuh maka silakan pilih paket lainnya yang menawarkan kuota lebih besar karena harga paket internet Smartfren saat ini sudah cukup murah dan terjangkau.

Paket internet di atas berlaku untuk semua jenis kartu perdana Smartfren seperti yang telah dijelaskan bahwa dalam praktiknya aLez menggunakan dua jenis kartu perdana yaitu Smartfren bundling Xiaomi dan Smartfren Cocktail.

Salah satu kekurangan lainnya dari kartu Smartfren ini yaitu hanya bisa digunakan di handphone yang mendukung jaringan 4G. Tak hanya itu, pada beberapa model handphone yang sudah mendukung 4G pun kartu Smartfren hanya dapat berfungsi di slot SIM 1 bahkan ada juga yang perlu mengatur APN secara manual.

© aLez

Tentang Penulis :

Hai, Saya adalah seorang blogger yang senang mempelajari berbagai macam hal, terutama seni, teknologi, dan ilmu pengetahuan umum. Saya membuat blog ini bertujuan untuk berbagi hal yang bermanfaat, termasuk hal yang telah saya pelajari.

Artikel Terkait

Post Terbaru Post Sebelumnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar