Tips upgrade akun Dana menjadi Premium supaya proses verifikasi tidak gagal

Akun Dana Premium memiliki kelebihan dan fitur-fitur yang menguntungkan dibandingkan akun Dana biasa. Itulah sebabnya kita disarankan untuk mengubahnya menjadi premium atau istilahnya yaitu melakukan upgrade.

Dengan status akun premium, pengguna dapat menghilangkan pembatasan pembayaran dan tentunya akan mendapatkan bonus lainnya.

Berdasarkan teori, untuk mengubah status akun Dana menjadi premium caranya sangat mudah dan gratis tentunya.

1. Kita hanya perlu mengklik tombol jadikan premium yang biasanya muncul di aplikasi Dana jika akun kita belum premium.

2. Kemudian kita pilih metode verifikasi menggunakan KTP untuk selanjutnya kita akan diperintahkan untuk melakukan scan pada KTP tersebut.

3. Apabila proses scan KTP berhasil maka selanjutnya aplikasi akan menyuruh kita melakukan foto selfie.

4. Selesai, jika berhasil maka akun langsung terverifikasi dan berubah menjadi premium.

Atau versi resminya boleh dilihat di sumbernya pada tautan ini : Cara mengubah akun Dana menjadi premium - dana.id

Walaupun semudah itu tapi pada kenyataannya tidak semua pengguna dapat melewati proses verifikasi dengan mudah bahkan ada juga yang tidak pernah berhasil.

Hal ini juga pernah aLez alami sendiri di mana sebelumnya proses verifikasi mengalami kegagalan dan tidak berhasil sama sekali dikarenakan pada saat melakukan scan KTP ternyata aplikasi tidak dapat mendeteksi foto hasil scan dengan jelas.

Sebagai gantinya muncul keterangan bahwa kualitas kamera yang digunakan kurang bagus. Bahkan setelah dicoba di luar ruangan dengan pencahayaan maksimal pun hasilnya tetap sama, aplikasi Dana tidak dapat mendeteksi foto KTP dengan jelas.

Sebagai informasi bahwa aLez menggunakan handphone Android Xiaomi Redmi 2 Prime dengan OS Android 5.1 Lollipop, RAM 2GB, kamera belakang 8MP, kamera depan 5MP, layar 4.7 inci.

Mendapati proses upgrade gagal, saat itu aLez mencoba menghubungi customer service Dana melalui email dan Twitter untuk meminta bantuan upgrade.

Permintaan dibalas beberapa hari kemudian dan customer service bersedia membantu. Namun sayangnya proses upgrade melalui customer service diperlukan dokumen-dokumen yang cukup banyak sehingga aLez pun membatalkannya.

Kemudian aLez mencoba melakukan upgrade akun dari handphone lain yaitu Vivo Y71 dengan OS Android 8.1 Oreo, RAM 2GB, kamera belakang 13MP, kamera depan 5MP, layar 6 inci. Dan proses upgrade pun berhasil tanpa kendala apapun.

Sehingga penyebab gagalnya proses verifikasi saat melakukan upgrade seperti kasus di atas boleh jadi dikarenakan kualitas dan resolusi kamera ataupun luas layar.

Luas atau lebar layar bisa jadi berpengaruh karena pada saat aplikasi menampilkan fitur scan KTP ternyata kotak scan ukurannya cukup kecil dan bahkan hanya ditampilkan pada mode potret saja.

Sehingga ketika diakses menggunakan handphone dengan layar ukuran 4.7 inci yang terbilang standar maka hasil scan tentu saja kecil dan tampak buram.

Sebaliknya, ketika menggunakan handphone dengan layar ukuran 6 inci maka hasil scan cukup besar dan cukup jelas.

Hal ini jelas sangat berbeda dibandingkan dengan proses upgrade akun premium ShopeePay di mana hanya dengan menggunakan handphone standar pun sudah berhasil tanpa kendala karena fitur scan KTP milik aplikasi Shopee dapat diubah ke mode lanskap sehingga kotak scan menjadi sangat besar.

Jadi, supaya proses upgrade akun Dana menjadi premium tidak mengalami kendala dan proses verifikasi tidak gagal maka kita perlu mempersiapkan hal-hal berikut ini.

1. Gunakan handphone yang memiliki OS minimal Android 5.1 Lollipop supaya fitur-fitur yang terdapat di dalam aplikasi dapat bekerja dengan baik.

2. Handphone harus memiliki RAM minimal sebesar 2GB supaya lancar ketika mengakses fitur dan supaya aplikasi tidak menutup sendiri atau crash.

3. Layar handphone harus memiliki ukuran minimal 5 inci supaya hasil scan KTP besar dan jelas. Namun akan lebih baik lagi jika layar berukuran 5.5 atau 6 inci.

4. Apabila kita menggunakan handphone buatan perusahaan China ataupun lokal maka handphone kita harus memiliki kamera belakang minimal 13MP.

Sebaliknya, apabila kita menggunakan handphone selain buatan perusahaan China dan lokal, contohnya Samsung dan lain-lain maka dengan kamera minimal 8MP juga sudah cukup bagus.

5. Kamera depan pada handphone harus minimal 5MP supaya nanti saat proses selfie, aplikasi dapat dengan cepat mendeteksi hasil foto.

6. Lakukan proses upgrade di luar ruangan atau di tempat yang memiliki pencahayaan maksimal.

Spesifikasi handphone yang disarankan di atas adalah hanya untuk melakukan upgrade sedangkan untuk mengakses aplikasi Dana, kita boleh menggunakan handphone dengan spesifikasi standar.

Penting untuk diketahui bahwa aplikasi Dana akan bekerja dengan baik dan cukup lancar di handphone Android yang memiliki OS minimal Android 5.1 Lollipop dengan RAM minimal 2GB.

© aLez

Tentang Penulis :

Hai, Saya adalah seorang blogger yang senang mempelajari berbagai macam hal, terutama seni, teknologi, dan ilmu pengetahuan umum. Saya membuat blog ini bertujuan untuk berbagi hal yang bermanfaat, termasuk hal yang telah saya pelajari.

Artikel Terkait

Post Terbaru Post Sebelumnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar